-->

Pesawat Sederhana Beserta Pengertian, Jenis, Rumus dan Manfaatnya

Teman-teman apakah sudah siap untuk memulai belajar hari ini. Pada kesempatan yang penuh dengan rasa semangat, kami akan memberikan materi pembahasan tentang pesawat sederhana yang sudah dirangkum secara lengkap mulai dari pengertian, jenis dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Nah, untuk lebih jelasnya silahkan simak uraiannya di bawah ini.

Pengertian Pesawat Sederhana

Pesawat sederhana adalah sebuah alat mekanik yang digunakan oleh manusia untuk mempermudah suatu pekerjaan dengan melipat gandakan kemampuan kita dalam mengubah arah benda dan mempercepat kecepatan. Akan tetapi, pesawat sederhana tidak digunakan untuk menciptakan, memperbesar dan menyimpan gaya.

Dengan adanya alat pesawat sederhana kita dapat dengan mudah membawa, mengangkat dan memecahkan benda tanpa harus mengeluarkan gaya yang cukup besar. Pesawat sederhana dikelompokkan menjadi 4 macam, yaitu tuas (pengungkit), bidang miring, katrol dan roda bergandar.

Jenis-Jenis Pesawat Sederhana

Dari keempat jenis pesawat sederhana memiliki fungsi yang berbeda-beda. Manusia akan menggunakan alat pesawat sederhana yang disesuaikan dengan kegiatan yang sedang dilakukan. Pesawat sederhana itu sendiri akan membuat pekerjaan menjadi lebih ringan tanpa mengurangi total usaha yang dikeluarkan untuk mengangkat beban.

1. Pesawat Sederhana Pada Tuas (Pengungkit)

Pernahkah anda merasa kesulitan membuka tutup botol? Untuk bisa membuka tutup botol tersebut dibutuhkan alat pembuka botol. Alat yang sering digunakan untuk membuka botol menggunakan prinsip kerja pesawat sederhana jenis tuas (pengungkit). Pengungkit terdiri dari titik tumpu, titik beban dan titik kuasa.

Pesawat Sederhana Beserta Pengertian, Jenis, Rumus dan Manfaatnya

Untuk titik beban adalah titik tempat benda akan dikenai pekerjaan, sedangkan titik kuasa adalah titik tempat yang akan diberikan gaya atau usaha dan titik tumpu adalah titik di mana alat tersebut bertumpu untuk mendapatkan kekuatan dalam pekerjaannya. Pada jenis pengungkit dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu:

a) Pengungkit Jenis Pertama
Pesawat Sederhana Beserta Pengertian, Jenis, Rumus dan Manfaatnya
Pada jenis tuas yang pertama, titik tumpu berada di antara titik beban dan titik kuasa. Contoh bendanya yaitu gunting, tang, palu, pembuka boto, jungkat jungkit dan lain sebagainya.

b) Pengungkit Jenis Kedua
Pesawat Sederhana Beserta Pengertian, Jenis, Rumus dan Manfaatnya
Pengungkit jenis kedua, titik beban berada diantara titik tumpu dan titik kuasa. Benda ang termasuk kategori tuas jenis ini adalah pengangkut pasir (songkro), pembuka kaleng, pemecah kenari dan lain sebagainya.

c) Pengungkit Jenis Ketiga
Pesawat Sederhana Beserta Pengertian, Jenis, Rumus dan Manfaatnya
Pada pengungkit jenis ketiga, titik kuasanya berada di antara titik tumpu dan titik beban. Contoh benda jenis tuas ini adalah alat pengambil pasir (sekop), pinset, stapler dan lain sebagainya.

2. Pesawat Sederhana Pada Bidang Miring

Bidang miring merupakan jenis pesawat sederhana yang berbentuk bidang datar yang salah satu ujungnya lebih tinggi dari ujung yang lain dan membentuk sebuah sudut tertentu. Manfaat bidang miring ialah untuk memudahkan seseorang untuk memindahkan benda dari tempat yang rendah ke tempat yang lebih tinggi maupun sebaliknya.
Pesawat Sederhana Beserta Pengertian, Jenis, Rumus dan Manfaatnya
Jarak tempuh yang digunakan untuk memindahkan benda relatif lebih besar, namun usaha yang diberikan menjadi lebih kecil. Contohnya : saat memindahkan drum minyak ke mobil harus menggunakan bidang miring untuk menggerakan dan memuatkan benda menjadi lebih mudah.


Adapun penerapan bidang miring dalam kehidup sehari-hari, seperti jalan dibuat berkelok, benda-benda pada pahat, sekrup, ujung paku dibuat lancip dan dongkrak. Keuntungan dan kerugian menggunakan benda dengan prinsip bidang miring, yaitu:

a) Usaha yang dilakukan semakin kecil
b) Menghasilkan kerja yang baik
c) Mempermudah pekerjaan
d) Jarak tempuh makin panjang
e) Memerlukan waktu perjalanan yang sedikit lama

3.    Pesawat Sederhana Pada Katrol

Katrol adalah suatu roda yang sisi tepinya beralur dan dapat berputar pada porosnya. Pada dasarnya katrol memiliki prinsip yang sama dengan pengungkit dengan mempunyai titik kuasa, titik tumpu dan titik beban. Katrol terbagi menjadi beberapa golongan yaitu katrol tetap, katrol bebas, katrol ganda dan blok katrol.

1) Katrol Tetap

Pesawat Sederhana Beserta Pengertian, Jenis, Rumus dan Manfaatnya

Katrol tetap adalah katrol yang posisinya tetap dan tidak berpindah-pindah saat dioperasikan. Katrol tetap hanya dapat mengubah arah benda dan tidak dapat melipat gandakan gaya, dikarenakan lengan kuasa dan lengan beban sama-sama panjang maka keuntungan mekanik pada katrol tetap = 1 (satu). Katrol tetap banyak digunakan untuk sumur timba, kerekan tiang bendera dan kerekan pada tiang burung.

2) Katrol Bebas

Pesawat Sederhana Beserta Pengertian, Jenis, Rumus dan Manfaatnya

Katrol bebas merupakan katrol yang keberadaannya selalu berpindah-pindah dan bisa bergerak bebas secara vertikal maupun horizontal. Katrol bebas dimanfaatkan untuk melipatkan gaya, jadi gaya pada kuasa yang dikeluarkan untuk mengangkat benda menjadi setengah dari gaya beban. Penerapan katrol bebas dalam kehidupan sehari-hari ialah memindahkan benda dari seberang sungai dan pada pelabuhan untuk mengangkat kotak peti kemas.

3) Katrol Ganda

Pesawat Sederhana Beserta Pengertian, Jenis, Rumus dan Manfaatnya

Katrol ganda atau katrol majemuk adalah susunan katrol yang digabungkan antara katrol tetap dan katrol bebas yang digunakan secara bersama-sama. Katrol ganda paling banyak digunakan dalam bidang industri yang umumnya mengangkat beban benda yang sangat berat. Keuntungan mekanik pada katrol ganda sama dengan jumlah tali yang menarik atau mengangkat benda. Penggunaan katrol bebas yang lebih banyak akan meningkatkan kemampuan mengangkat beban yang lebih tinggi.


4) Blok Katrol

Blok karol terdiri dari dua katrol yang disusun secara berdampingan pada satu poros. Pemanfaatan blok katrol sangat memudahkan untuk mengangkat dan menarik benda yang sangat berat. Pesawat sederhanan jenis katrol ini di aplikasikan pada mobil derek, katrol di daerah pelabuhan dan lain-lain.

4.Peswat Sederhana Pada Roda Bergandar (Roda Berporos)

Roda berporos adalah salah satu pesawat sederhana yang terdiri dari dua bagian yaitu roda dan poros. Roda terbuat dari silinder yang masing-masing memiliki diameter yang berbeda. Dengan adanya roda berporos dapat mempercepat gaya, pemanfaatan roda berporos diaplikasikan pada roda kendaraan, kursi roda, setir mobil, mesin dinamo dan lain sebagainya.

Manfaat Pesawat Sederhana Dalam Kehidupan

Terciptanya peralatan pesawat sederhana untuk memberikan manfaat bagi manusia dalam mengerjakan sesuatu. Peralatan tersebut dibuat sesuai dengan kapasitas dari pekerjaan tersebut untuk memberikan kemudahan di berbagai hal. Beberapa manfaatnya yaitu :

  • Untuk mempermudah pekerjaan
  • Untuk meringankan pekerjaan dengan memperkecil tenaga yang diberikan
  • Untuk mempercepat pekerjaan manusia dengan merubah bentuk energi, merubah arah dan memperbesar kecepatan dalam pekerjaan.
  • Menghemat waktu
  • Pekerjaan menjadi lebih efisien

Itulah informasi mengenai materi pesawat sederhana beserta pengertian, jenis, rumus dan manfaatnya. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan wawasan, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel