-->

Contoh Teks Susunan Naskah MC Pada Acara Pengajian

Pengajian adalah salah satu kegiatan muslim yang sering kali dilaksanakan pada setiap seminggu sekali. Tidak hanya pengajian wanita saja, ada juga pengajian pria yang kerap kali diadakan pada malam hari. Supaya acara dapat berjalan dengan kondusif, tentu ada salah satu orang yang diberikan amanah untuk menjadi moderator atau pembawa acara.

Contoh Teks Susunan Naskah MC Pada Acara Pengajian

Sebagai pembawa acara pengajian harus bisa menyusun jalannya kegiatan yang akan dilaksanakan dengan tahapan yang berurutan. Nah, bagi Anda yang masih bingung mencari referensi contoh teks pembawa acara, mungkin naskah mc acara pengajian di bawah ini bisa Anda gunakan.

Bismillahirrahmanirrohim
Assalamu’alaikum worahmatullaahi wabarokatuh

Alhamdulillahi rabbil alamin, Nahmaduhu wa nasta'inuhu wanastaghfiruhu, wana'udzubillahi min syururi anfusina wa min sayyiati a'malina, man yahdillahu fala mudhillalah waman yudhlil falaa haadiya lahu, Allahumma shalli wa sallim a’la sayyidinaa muhammadin wa a’la alihi wa sahbihi ajma’in amma ba’du

Pertama kalinya marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT yang selama ini telah memberikan kepada kita semua nikmat hidup yang tak terhingga berupa kesehatan, hidayah dan kebahagiaan. Dan atas izin Allah Ta’ala kita dapat berkumpul kembali pada hari ini tanpa ada halangan apapun dan semoga niat ikhlas para hadirin yang hadir pada pengajian kali ini dibalas dengan keberkahan hidup dunia dan akhirat.

Tak lupa pula sholawat dan salam selalu kita junjungkan kepundak Nabi Besar Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabatnya, karena perjuangan beliau telah membawa umat manusia pada zaman yang penuh dengan ilmu pengetahuan dan mudah-mudahan semoga kita semua mendapatkan pertolongannya di hari pembalasan, amin yarobal alamin.

Para hadirin yang saya hormati, Perkenankanlah saya selaku pembawa acara akan membacakan susunan acara yang akan berlangsung pada ....... hari ini, diantaranya yaitu :

1. Pembukaan
2. Pembacaan Ayat Suci Al Quran
3. Penampilan
4. Sambutan
5. Acara Inti
6. Pembacaan Doa
7. Ramah-Tamah
8. Penutupan

Para hadirin yang kami hormati, untuk mengawali pembukaan acara pengajian hari ini. Marilah kita secara serentak membaca basmalah bersama- sama, Bismillahirrahmanirrohim.

Memasuki acara yang ke dua yaitu Pembacaan ayat suci Al Quran yang mana pada kesempatan kali ini akan dilantunkan oleh saudara ......... kepada beliau kami persilahkan.

Demikian telah kita dengarkan lantunan ayat suci Al Quran dan semoga apa yang telah tadi saudara ....... bacakan, memberikan manfaat serta pahala khususnya bagi pembaca dan yang mendegarkan.

Memasuki acara selanjutnya yaitu penampilan dari grup rebana, kepada anggota rebana dipersilahkan untuk memasuki tempat yang telah disediakan.

Terima kasih kami ucapkan kepada grup rebana yang telah membuat kami terhibur dengan menyanyikan beberapa lagu shalawatan dan semoga ini bisa mengingatkan kepada kita semua untuk terus bershalawat sebagai bentuk kecintaan kita kepada Nabi Muhammmad SAW.

Acara yang ketiga sambutan dari Bapak / Ibu ..... kepada beliau kami persilahkan. Demikian tadi sambutan dari Bapak / Ibu ....., yang intinya mengucapkan banyak terima kasih kepada para hadirin yang menyempatkan waktu untuk menghadiri pengajian rutin dan beliau juga menyampaikan mohon maaf bila penyediaan tempat dan hidangannya kurang berkenan di hati para hadirin.

Para hadirin yang di rahmati Allah, kini telah tiba acara inti dari pengajian kali ini yaitu mendengarkan ceramah dan tausyiah dari Bapak / Ibu ..... kami berharap para hadirin yang hadir dapat mengambil manfaat dan hikmah dari isi pokok ceramah tersebut (pada bagian ini, Anda bisa bertanya kepada orang yang membawakan materi ceramah).

Terima kasih kepada Bapak / Ibu ..... yang telah memberikan materi islam pada pengajian kali ini. Selanjutnya pembacaan doa dan dilanjutkan acara yang ke tujuh yaitu ramah-tamah, kepada Bapak .... dipersilahkan untuk memimpin doa.

Para hadirin yang dirahmati Allah,...
Kini tiba acara terakhir yaitu penutupan, saya selaku pembawa acara mengucapkan banyak terima kasih kepada para tamu yang telah hadirin pada hari ini dan saya juga meminta maaf apabila dari awal sampai akhir ada perkataan yang kurang mengenakan di hati para hadirin semuanya. Namun sebelum saya tutup, marilah kita mengucapkan hamdalah bersama-sama, Alhamdulillahirobbil ‘aalamin.

Saya akhiri...wabilahi taufiq wal hidayah
Wassalamu’alaikum warohmattullahi wabarokatuh...

Note :

Dari contoh teks pembawa acara di atas bisa menjadi salah satu referensi untuk membuat sebuah naskah mc yang bagus dan tepat. Anda juga dapat menambahkan atau mengganti beberapa hal yang memang sangat diperlukan. Untuk menjadi seorang mc ada banyak hal yang perlu dilakukan supaya acara dapat tersusun dan berjalan dengan baik.


1. Tenang

Sebelum acara dimulai, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda sudah dalam keadaan tenang. Jangan sampai ketika Anda membawakan acara menjadi gerogi sehingga saat berbicara menjadi terbata-bata. Berdoa akan membuat hati menjadi lebih tenang dan minta pertolongan kepada Tuhan Yang Maha Esa supaya diberikan kelancaran.

2. Tidak Kaku

Keadaan tubuh yang kaku karena rasa ketakutan dilihat banyak orang hanya akan membuat suasanya acara menjadi kurang menarik. Sebagai seorang mc harus bisa membawa keadaan menjadi lebih berwarna seperti bertanya kepada para hadirin, cara ini bisa membuat jamaah pengajian tidak merasa bosan.

3.  Percaya Diri

Anda akan merasa lebih santai menjadi seorang mc jika memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Anda harus bisa memotivasi diri sendiri bahwa Anda bisa melewati ini semua tanpa ada suatu hal yang perlu dikhawatirkan. Semua keadaan akan mudah Anda dapatkan, jika dalam hidup mempunyai kepercayaan diri. Sering belajar dan mencoba akan mendorong hati menjadi lebih percaya diri ketika berdiri di hadapan banyak orang.

Demikian contoh teks susunan naskah mc pada acara pengajian, semoga bermanfaat untuk semua sahabat yang sedang membutuhkan referensi teks pembawa acara pengajian, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel