-->

11 Fungsi Masjid Menurut Al Quran Dalam Pembinaan Ibadah Beserta Hadistnya

Masjid merupakan tempat ibadah umat islam yang memiliki banyak fungsi dan peran dalam pembinaan ibadah bagi manusia. Masjid mempunyai konstruksi bangunan yang lebih besar dan megah dibandingkan mushola, hanya saja perbedaannya terletak pada ukuran bangunannya, namun fungsinya tetap sama. Hampir semua wilayah yang ada di Indonesia dan Negara di dunia memanfaatkan masjid tidak hanya untuk beribadah saja, tetapi juga untuk bermusyawarah dan kegiatan positif lainnya.

11 Fungsi Masjid Menurut Al Quran Dalam Pembinaan Ibadah Beserta Hadistnya

Masjid adalah rumah Allah, jadi sudah sepantasnya untuk kita semua selalu merawat dan menjaga dengan baik, mulai dari kebersihan dan kesucian tempatnya. Seseorang yang senantiasa merawat masjid dengan rasa ikhlas akan mendatangkan suatu keberkahan dan kebaikan hidup.

Dalam firman Allah yang terdapat pada Al Quran surah Al-Jinn yang berbunyi:

WA ANNAL MASAAJIDA ILLAAHI FA LAA TAD’UU MA’ALLAHI AHADAA

“Dan sesungguhnya masjid itu adalah untuk Allah. Maka janganlah kamu menyembah apapun di dalamnya selain Allah”.

Dalam pembinaan ibadah, masjid memiliki peranan yang sangat penting bagi umat islam. Selain sebagai tempat sembayang atau sholat, masjid memiliki beberapa fungsi yang perlu Anda ketahui dan semua itu akan kita bahas secara detail di blog yang sederhana ini. Langsung saja, berikut beberapa fungsi masjid menurut Al Quran beserta dalilnya.

1. Masjid Sebagai Tempat Untuk Sholat

Fungsi yang paling utama dari masjid adalah sebagai tempat untuk sholat. Semua umat islam akan melaksanakan dan mengerjakan sholat wajib dan sunnah, baik sholat yang dikerjakan secara berjamaah maupun mufarid (sendirian). Bersujud dan berserah diri secara total karena masjid didirikan atas dasar takwa.

Seperti yang dijelaskan dalam firman Allah surah At-Taubah ayat 108 berikut ini:

“Masjid yang didirikan atas dasar takwa sejak hari pertama adalah lebih pantas engkau mengerjakan sholat di dalamnya. Di dalamnya ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Allah menyukai orang-orang yang bersih”.

Banyak hadist yang menerangkan bahwa sholat di masjid mempunyai pahala yang lebih besar dibandingkan dengan sholat di rumah. Walaupun hadist tersebut sudah dibenarkan, tapi masih saja ada sebagian orang yang lebih senang mengerjakan sholat di rumah terutama kaum laki-laki.

2. Masjid sebagai tempat meningkatkan kebersamaan dan persamaan

Di dalam masjid akan mengajarkan kebersamaan dan persaudaraan, sebab di dalam masjid tidak lagi mempersoalkan mengenai pakaian yang dikenakan, bangsawan, pangkat dan jabatan. Semua manusia akan dipandang sama di hadapan Allah. Demikian pula status sosial seseorang di masjid semua sama, ia akan menempati barisan paling depan apabila datang lebih awal. Dan sebaliknya, siapapun orangnya akan menempati barisan paling belakang bila ia datang paling terakhir.


Firman Allah SWT surat Al-Hujarat ayat 10 yang berbunyi:

“Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itu damailah antar kedua saudaramu (berselisih) dan bertakwa kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat”.

Pada zaman dulu, Rasulullah saw membangun masjid adalah untuk menyatukan dan mengakrabkan dua kelompok yaitu muhajir dan anshar, karena dua kelompok ini merupakan dua kekuatan rasaksa yang dapat menumbangkan kebatilan dan kekufuran.

3. Masjid Sebagai Tempat Bermusyawarah

Masjid sering kali dipilih oleh masyarakat sebagai tempat untuk bermusyawarah dalam menyelesaikan masalah. Suasanan masjid yang penuh dengan ketenangan akan menciptakan kondisi musyawarah yang lebih kondusif. Apa lagi setan dan bangsa jin sulit untuk menggoda manusia ketika berada di dalam masjid sehingga kedamaian hati dan pikiran mudah didapatkan ketika bermusyawarah.

4. Masjid Sebagai Tempat Untuk Pengajian

Masjid adalah tempat yang paling cocok untuk acara pengajian, karena pengajian itu sendiri lebih mengarah pada hal yang positif yaitu mempererat persaudaraan dan kebersamaan. Ada banyak hal yang bisa didapatkan bila mengikuti pengajian seperti mendengarkan kultum, bershalawat bersama dan masih banyak manfaat lainnya.

5. Masjid Sebagai Tempat Perayaan Hari Besar Islam

Masjid sering kali dipergunakan untuk memperingati hari besar islam seperti halal bihalal, memperingati maulid nabi, perayaan idhul fitri dan idhul adha. Fungsi masjid yang dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat terutama dalam perayaan hari besar islam bisa memancing keinginan manusia untuk terus datang ke masjid dan ini sangat baik untuk pembinaan ibadah bagi anak-anak dan orang dewasa.

6. Masjid Sebagai Tempat Pembinaan dan Pendidikan

Masjid adalah salah satu tempat yang paling efektif untuk mengajarkan kepada anak-anak dan orang dewasa mengenai keagamaan. Pembinaan kepada anak mengenai perilaku yang baik dan pengenalan tentang islam dapat dimulai dari pembelajaran mengenai sholat, mengaji, sholawatan, doa-doa, tata cara berbicara yang sopan, perilaku bersedekah dan tolong menolong antar sesama manusia.

Penyebaran ilmu di dalam masjid untuk orang dewasa bisa dilakukan dengan metode dakwah dan pengajian. Mendengarkan ceramah secara langsung dari para ulama akan mudah diterima dan dirasakan oleh para jamaahnya. Dengan demikian orang yang ikut mendengarkan cermaah akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat dalam meningkatkan keimanan kepada Allah.

Allah swt berfirman dalam Al Quran surah Al- Mujadilah ayat 11 berbunyi:

“Allah akan menaikan (derajat) orang-orang yang beriman diantaramu dan orang yang diberi ilmu beberapa derajat".

7. Masjid Sebagai Tempat Akad Dalam Pernikahan

Banyak pasangan pengantin yang memilih masjid sebagai tempat untuk mereka melangsungkan akad nikah. Seperti yang kita ketahui bahwa masjid adalah rumah Allah sehingga dijadikan mereka untuk mengucap janji suci dalam menjalankan ibadah sunah seperti yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Aisyah RA berkata, bahwa Rasulullah SAW bersabda “Beritakanlah pernikaan ini dan segerakan Ia di dalam masjid dan pukullah rebana”. (HR. Tirmidzi)

8. Masjid Sebagai Tempat Untuk Berlindung

Terkadang datangnya musibah dan bencana tidak mudah untuk diprediksi oleh manusia, karena semua yang terjadi di langit dan bumi hanya Allah Yang Maha Mengetahui. Masjid seringkali menjadi pilihan manusia untuk berlindung dari musibah, masjid di bangun dengan kontruksi yang kuat sehingga mempunyai keamanan yang lebih baik, apa lagi masjid merupakan rumah Allah sehingga akan dilindungi.

9. Masjid Sebagai Tempat Pengobatan

Sebagian manusia memanfaatkan masjid sebagai tempat untuk pengobatan, terutama dalam mengatasi manusia yang terkena gangguan bangsa jin. Masjid adalah tempat alternatif untuk meruqyah bagi orang yang kesurupan, jin akan merasa kepanasan dan memiliki ruang gerak yang dibatasi sehingga manusia mudah untuk sembuh dari pengaruh jin.


Pada masa peperangan khandaq di zaman Rasulullah, masjid dijadikan tempat untuk pengobatan bagi para sahabatnya yang mengalami luka saat perang melawan orang kafir Quraisy.

10. Masjid Sebagai Tempat Berdakwah

Dari zaman Rasulullah hingga saat ini, masjid masih menjadi tempat yang paling ideal untuk berdakwah dengan menyebarkan ilmu tentang agama islam. masjid memiliki suasana yang sejuk dan tenang sehingga orang yang mendengarkan mudah untuk mencerna dari setiap poin yang disampaikan oleh ulama atau ustadz.

11. Masjid Sebagai Tempat Untuk Memperkuat Agama

Orang yang senang mengunjungi masjid adalah orang yang telah membela dan memperkuat agama, karena pada dasarnya masjid berisi orang-orang yang selalu beribadah kepada Allah SWT. Berdirinya masjid di berbagai daerah sebagai bentuk untuk memperkokoh agama, apa lagi jika ada banyak jamaah yang terus datang ke majid, tentu ini akan menjadi keberkahan hidup bagi umat manusia di wilayah tersebut.

Demikian artikel tentang 11 fungsi masjid menurut Al Quran dalam pembinaan ibadah beserta hadistnya. Semoga dari artikel yang singkat ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Aamiin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel