-->

Adab Berpakaian Bagi Pria dan Wanita Muslim Sesuai Syariat Islam

Pakaian memiliki banyak manfaat untuk tubuh, selain untuk menghindari badan dari angin dan panas, pakaian juga sebagai alat untuk menutupi bagian tubuh yang tidak boleh untuk ditampakan. Dalam berpakaian manusia tidak diperkenankan untuk tampil secara berlebihan. Berpakaian yang baik itu sesuai dengan syariat islam yang telah dijelaskan dalam Kitab Suci Al Qur’an dan sesuai ajarkan Rasulullah SAW.

Adab Berpakaian Bagi Pria dan Wanita Muslim Sesuai Syariat Islam

Berpakaian menurut syariat islam adalah bagaimana kita mengenakan pakaian sesuai aturan islam yang telah ditetapkan dan ini termasuk hal yang sangat penting untuk diperhatikan, karena islam telah mengatur segala aturan dari perkara yang kecil sampai besar mengenai kehidupan manusia di dunia ini, termasuk adab berpakaian.

Apalagi di zaman yang terus berkembang banyak anak-anak remaja terutama wanita mengenakan jenis dan model pakaian yang justru memamerkan aurat dan mereka beranggapan bahwa itu suatu kebanggaan bagi dirinya. Kita boleh saja mengenakan model pakaian apa saja, asalkan harus memperhatikan tempat dan situasi. Jika demikian, adakah hadist dan dalil tentang adab berpakaian sesuai syariat islam. 

Hadist Tentang Adab Berpakaian

Di bawah ini ada beberapa firman Allah yang menjelaskan anjuran umat manusia untuk berpakaian dengan sopan, sederhana dan menutup aurat, yaitu sebagai berikut :

1. QS Al A’raf : 26

“Hai anak Adam, sesungguhnya kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menuntup aurat dan pakaian indah untuk perhiasan. dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebagaimana tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat.”

2. QS Al Ahzab : 59

“Hal Nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin “Hendaklah mereka mengulurkan jiblabnya keseluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

3. QS An Nur : 31

Hendaklah mereka menahan pandanganya dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakan perhiasan, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah menutupkan kain kudung ke dadanya”.

Adab Berpakaian Bagi Pria Muslim

Cara berpakaian bagi laki-laki cukup sederhana dan tidak menggunakan banyak sekali asesoris dalam berpenampilan, selain itu ada bagian-bagian tubuh yang wajib untuk menutupinya. Lantas seperti apa aturan berpakaian bagi pria yang syar’i.

1. Berpakaian Menutupi Aurat

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa laki-laki dan perempuan memiliki batasan aurat yang wajib untuk menutupinya dengan menggunakan pakaian. Bagi seorang pria batasan auratnya adalah dari bagian tubuh pusar hingga lutut. Walaupun demikian, seorang laki-laki diharuskan untuk menggunakan pakaian yang lebih sopan, apa lagi saat keluar rumah dan bertemu banyak orang.

2. Hindari Penggunaan Pakaian Yang Ketat (Syuhrah)

Terkadang tanpa kita sadari ada jenis pakaian yang tidak boleh dipakai namun sampai sekarang masih banyak pria yang menggunakannya, seperti terlalu ketat, compang-camping dan mewah. Mengenakan pakaian yang terlalu ketat hanya akan memperlihatkan bentuk tubuh sehingga akan mengundang fitnah dan dosa bagi pemakai dan yang melihatnya.


Larangan mengunakan pakaian syuhrah dijelaskan dalam sabda nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, ialah:

“Barang siapa memakai pakaian syuhrah maka Allah Ta’ala akan memakaikan pakaian yang serupa pada hari kiamat nanti. Kemudian pakaian tersebut akan dinyalakan api neraka.” (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah)

3. Tampil Dengan Pakaian Sederhana

Mengenakan pakaian yang terlalu mahal dan terkesan mewah adalah bentuk dari sifat pemborosan dan dapat menimbulkan asumsi dari masyarakat mengenai perilaku kita yang sombong dan pamer. Cara berpenampilan seperti itu tidak sesuai dengan syariat islam sehingga kebiasaan tersebut harus segera untuk dirubah.

4. Mengenakan Pakaian Putih

Setiap manusia berhak untuk berpakaian dengan jenis warna apa saja, karena dalam islam tidak memaksakan dan melarang manusia untuk mengenakan pakaian dengan jenis dan warna yang berbeda-beda. Namun warna putih dianggap lebih bagus dan tepat untuk dipakai untuk beribadah seperti saat berhaji, shalat dan lain sebagainya.

“Pakailah pakaian berwarna putih, karena pakaian berwarna putih lebih suci dan lebih baik.” (HR. Ahmad, An-Nasaa'i)

5. Tidak Menggunakan Perhiasan

Emas adalah salah satu jenis perhiasan yang sangat indah untuk digunakan dalam berpenampilan. Bagi kaum wanita mengenakan perhiasan memang dianjurkan, namun berbeda dengan kaum pria yang justru diharamkan menggunakan perhiasan. Sedangkan yang baik untuk kaum pria yaitu memakai parfum, karena perhiasan bagi laki-laki adalah yang bersifat non wujud.

Seperti yang dijelaskan dalam sabda Rasulullah SAW yaitu:

“Emas dihalalkan bagi kaum wanita dari umatku dan diharamkan bagi kaum laki-laki.” (HR. Ahmad dan Nasaa’i)

6.Berpakaian Tidak Seperti Perempuan

Ada satu hal yang perlu diperhatikan dalam berpakaian. Kaum pria dilarang untuk mengenakan jenis dan model pakaian yang diperuntukan untuk wanita. Penempatan pakaian yang tidak sesuai dengan syariat islam akan berdampak buruk bagi pelakunya, seperti pria yang mengenakan pakaian wanita akan mempengaruhi pada pola pikir dan gaya hidup, sehingga akan melenceng dari kodrat yang telah ditetapkan.

Seperti sabda Rasullullah SAW yang mempertegaskan haramnya bagi kaum pria mengenakan pakaian wanita, yaitu:

“Allah melaknat laki-laki yang mengenakan pakaian wanita dan wanita yang memakai pakaian laki-laki.” (HR. Abu Dawud dan Hakim)

Adab Berpakaian Bagi Wanita Muslimah

Wanita memiliki derajat yang sangat tinggi sehingga perlu untuk dilindungi. Walaupun demikian, wanita sering kali menjadi faktor timbulnya fitnah yang dapat merugikan banyak pihak karena keteledoran yang tidak menutup auratnya. Padahal sudah di jelaskan dalam Al Qur’an Surah An Nuur ayat 31 yang menegaskan bahwa dianjurkan untuk menjaga pandangan dan kemaluannya.

Islam mempunyai aturan cara berpakaian yang diperuntukan bagi wanita muslimah sesuai syariat islam dan di bawah ini adap berpakaian bagi wanita sholeha yang baik dan benar.

1. Mengenakan Pakaian Yang Menutup Aurat

Aurat yang wajib ditutup pada perempuan adalah seluruh bagian tubuh kecuali telapak tangan dan wajah. Model pakaian khusus wanita yang dianjurkan adalah baju dan celana dengan ukuran panjang serta mengenakan kerudung / jiblab yang dapat menutupi bagian dada.

Selain itu ada juga wanita muslim yang memakai cadar untuk menutupi bagian wajah dan hanya menampakan sedikit pada bagian matanya saja. Wajah memang dapat memicu timbulnya hal negatif bagi yang menglihatnya terutama kaum pria.

2. Mengenakan Pakaian Dengan Ukuran Yang Tidak Terlalu Sempit

Wanita muslimah sangat diwajibkan mengenakan model pakaian yang tidak terlalu ketat, cara ini untuk menyamarkan / menyembunyikan bentuk tubuh. Karena berpakaian dengan menampilkan lekukan bentuk tubuh hanya akan memancing nafsu para pria dan tindakan pelecehan.

Dalam pandangan dunia kesehatan memakai pakaian yang sempit dapat mempersulit gerak anggota tubuh dan sulitnya proses pernapasan pada kulit. Maka dari itu gunakan pakaian yang longgar dan sesuaikan dengan gaya berpenampilanmu.

3. Hindari Memakai Jenis Pakaian Yang Tembus Pandang

Pernahkan kamu mendengar hadist shohih yang berbunyi “para wanita berpakaian tapi telanjang.” Hadist tersebut dapat ditunjukan kepada para wanita yang menggunakan pakaian namun masih kelihatan auratnya dan lekuk tubuh.

Pakaian yang memiliki model kain tembus pandang dan terawang sangat diharamkan untuk dikenakan pada wanita muslimah. Beberapa model pakaian yang diharamkan untuk wanita adalah terlalu ketat, pakaian transparan dan hiasan pada pakaian yang terlalu berlebihan. Maka dari itu wanita muslim harus cerdas dan bijak dalam memilih pakaian yang pantas dan sopan untuk digunakan.

4. Hindari Menggunakan Parfum Dan Wangi-Wangian

Larangan memakai parfum sudah dijelaskan dalam sabda Rasulullah SAW yaitu

“Wanita mana saja yang menggunakan wewangian, kemudian melewati kaum pria adar mereka mendapatkan baunya, maka ia adalah wanita penzina.” (HR. An Nasa’i, Abu Daud, Tirmizi dan Ahmad)

Wanita yang menggunakan parfum dan wanginya sampai tercium orang lain dapat membangkitkan nafsu laki-laki dan bahkan bisa memicu tindakan yang lebih serius yaitu perilaku pelecehan. Sebagainya untuk menghindari dampak negatif tersebut, hentikan penggunaan parfum dan mulailah berpakaian dengan sederhana, sopan dan enak untuk dilihat.

5. Berpenampilan Tidak Menyerupai Seperti Laki-Laki

Di atas sudah ada hadist yang menerangkan bahwa larangan keras untuk wanita yang berpenampilan mirip seperti laki-laki. Sudah menjadi kewajiban untuk kaum wanita dalam mengenakan pakaian harus disesuaikan dengan gendernya.

Berpenampilan yang tidak sesuai dengan penempatannya dan mengarah menyerupai seperti laki-laki akan menyebabkan kesalahpahaman terhadap orang lain dalam menentukan jenis gender. Orang akan merasa kebingungan apakah kamu seorang pria atau perempuan, sedangkan hal yang pertama kali orang lihat terhadap dirimu adalah cara berpenampilannya.

6. Berpenampilan Sederhana

Bukankah Allah SWT senang melihat hambanya berpenampilan sederhana, jadi buat apa kamu berpenampilan mewah dan sebar mahal. Justru dengan tampil sederhana akan menjauhkan kamu dari orang yang mempunyai niat buruk.

Memakai pakaian sederhana akan membawa manfaat yang besar terhadap hidup kamu, terutama menjauhkan kebiasaan hidup boros, belajar arti bersyukur dan memelihara hati dari sifat takabur.

Dampak Negatif Berpakaian Tidak Sesuai Syariat Islam

Setiap yang kita lakukan dan kerjakan pasti akan menuai hasilnya, jadi belajar untuk tetap hati-hati dalam menjalankan setiap langkah kehidupan. seperti dalam berpakaian, islam sangat menegaskan kepada umatnya untuk memahami adap berpakaian yang sesuai dengan syariat islam. Bepenampilan yang benar akan melindungi kamu dari perbuatan fitnah, dosa dan niat buruk dari orang lain.


Berpakaian yang tidak sesuai dengan syariat islam akan menimbulkan dampak negatif bagi pelakunya maupun yang melihatnya, diantaranya yaitu:

  • Mendapat dosa
  • Menimbulkan fitnah
  • Menghilangkan amal ibadah
  • Menurunnya kadar keimanan
  • Berkurangnya sifat kesopanan
  • Memicu timbulnya perbuatan buruk
  • Hilangnya harga diri
  • Mamancing nafsu orang lain

Cara Menerapkan Berpakaian Yang Syar’i

Bagi yang baru memulai untuk berpakaian yang sesuai dengan syariat islam, tentu hal ini cukup sulit untuk dilalui. Perlu ada niat dan komitmen yang terus dijaga supaya hijrah yang kamu lakukan mendapatkan balasan yang terbaik dari Allah SWT. Lalu apa saja cara yang tepat supaya kamu terbiasa untuk terus berpakaian menurut syariat islam, diantaranya yaitu:

  • Mendekatkan diri kepada Allah dan Rasulullah
  • Mulai dari perkara yang kecil hingga besar
  • Terus ingat mengenai dampak negatif bila berpakaian tidak syar’i
  • Percaya diri untuk menjadi lebih baik
  • Hiraukan omongan orang lain yang menilai jelek tentang kamu

Itulah informasi yang dapat saya bagikan kepada sahabat semua mengenai adab berpakaian bagi pria dan wanita muslim sesuai syariat islam. semoga bermanfaat dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel