-->

6 Cara Pintar Menghadapi Kurikulum 2013 Bagi Siswa

Penerapan kurikulum yang tepat akan membawa pada keberasilan proses belajar mengajar. Maka dari itu dalam membuat kurikulum selain bisa diterima oleh para murid, kurikulum juga mempertimbangkan sesuai dengan kebutuhan zaman yang terus berkembang sehingga para siswa mampu bersaing dan terus meningkatkan keterampilannya.

6 Cara Pintar Menghadapi Kurikulum 2013 Bagi Siswa

Kurikulum 2013 (K 13) menjadi acuan pembelajaran yang dimulai pada tahun ajaran 2014/2015. Dalam kurikulum 2013 para siswa dituntut untuk mengeksplorasi diri dan berpartisipasi aktif dalam proses belajar mengajar dengan melatih keterampilan diskusi dan melakukan presentasi di kelas.  Kurikulum 2013 memang memiliki perbedaan dibandingkan dengan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan).

KTSP memusatkan guru sebagai pusat pembelajaran dan kurikulum 2013 lebih memfokuskan pembelajarannya berpusat pada siswa. Dengan adanya kurikulum ini banyak siswa yang merasa bingung dengan model dan metode belajarnya yang tidak seperti sebelumnya, selain itu juga orang tua yang hendak mengajarkan anaknya pun merasa bingung, terutama bagi siswa sekolah dasar.

Cara Pintar Menghadapi Kurikulum 2013


Walaupun kurikulum 2013 sudah lama diberlakukan, namun masih banyak siswa yang belum mengerti dan paham dengan kurikulum tersebut. Seharusnya siswa tidak perlu cemas dan bingung mengenai hal tersebut, coba lakukan cara di bawah ini untuk membantu siswa dalam memahami pelajaran di kurikulum 2013, diantaranya adalah :

1. Motivasi Diri Untuk Belajar

Motivasi terbangun karena ada alasan yang mendorong untuk melakukan suatu hal yang ingin dicapainya. Dengan percaya terhadap kemampuan diri sendiri bahwa Anda mampu dan dapat mengikuti proses pembelajaran dengan sebaik-baiknya. Jangan beranggapan bahwa kurikulum 2013 adalah sesuatu yang sulit untuk dipahami. Bila asumsi Anda seperti itu, hal ini justru akan menurunkan semangat belajar sehingga akan berdampak pada nilai raport.

Memotivasi diri bisa di dapat dengan mendengarkan nasehat Bapak / Ibu guru, membaca buku dan masih banyak hal yang bisa dijadikan motivasi. Apabila Anda sudah memiliki semangat untuk belajar, maka proses pembelajaran mengenai kurikulum 2013 akan lebih mudah untuk dipahami.


Adanya sikap peduli adalah modal awal yang paling berharga untuk menciptakan sebuah kesadaran terhadap diri sendiri, karena kegagalan yang dialami seseorang mengikuti proses pembelajaran yang diawali dari sikap acuhannya.

2. Membuat Kelompok Belajar

Membentuk kelompok belajar adalah salah satu model pembelajaran yang mana siswa secara bersama-sama berupaya menyelesaikan sebuah permasalahan dengan menyatukan dari beberapa pendapat yang mereka sepakati. Apabila belajar kelompok dilakukan dengan benar maka akan sangat berguna dan memiliki manfaat yang besar bagi siswa.

Manfaat dari adanya kelompok belajar yaitu akan menciptakan motivasi belajar, mudah menyelesaikan permasalahan, memiliki kesempatan untuk bertanya, membangun komitmen bersama, menciptakan kemampuan dalam berkomunikasi dan kerja sama,

3. Memfotocopy Buku Paket

Untuk membuat kinerja belajar di kurikulum 2013 menjadi lebih optimal, Anda dapat meminta izin kepada Bapak / Ibu guru untuk memfotocopy buku paket yang menjadi acuan guru untuk memberikan materi pelajaran pada siswa. Dengan adanya buku paket, materi pelajaran akan lebih mudah dipahami dan ini justru akan sangat baik untuk meningkatkan ilmu pengetahuan yang siswa dapatkan.

Buku paket yang di fotocopy bisa menjadi buku latihan siswa di rumah dengan menyelesaikan soal-soal yang terdapat di buku tersebut. Dengan demikian kemajuan pengetahuan siswa terus membaik sehingga semangat belajar akan tumbuh dengan sendirinya.

4. Manfaatkan Internet

Internet adalah salah satu wadah yang memiliki banyak sumber informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat terutama bagi para pelajar. Untuk Anda yang sulit menemukan materi pelajaran dan minimnya ilmu yang di dapat maka bisa memanfaatkan internet untuk mencari apa yang Anda butuhkan terutama materi pelajaran mengenai kurikulum 2013.


Lewat internet, Anda akan lebih mudah mengembangkan ilmu pengetahuan secara lebih cepat karena selain menyediakan informasi berupa artikel, Anda juga dapat menerapkan metode belajar secara langsung melalui tayangan video misalnya lewat YouTube sehingga pembelajaran tidak terkesan sebatas konsep saja dan lewat tayangan video siswa menjadi lebih mudah dalam memahami pelajaran.

5. Jangan Malu Untuk Bertanya

Apabila terdapat beberapa materi pelajaran yang belum bisa dipahami, sebaiknya ajukan beberapa pertanyaan kepada Bapak / Ibu guru. Dengarkan dan simak benar-benar dari jawaban pertanyaan yang menurut Anda itu belum dapat dipahami. Cara ini dilakukan supaya Anda cepat mengerti mengenai materi pelajaran tersebut sehingga Anda tidak ketinggalan pelajaran.

Hilangkan rasa malu dan takut untuk bertanya. Banyak bertanya bukan berarti bodoh melainkan sebuah proses untuk meningkatkan pengetahuan. Orang yang sukses dan pintar itu awalnya mempunyai sikap rasa ingin tau dan keinginan untuk terus belajar. Maka jadilah siswa yang aktif bertanya.

6. Mencari Referensi Lain

Referensi adalah rujukan atau sumber acuan dari beberapa teori serta argumentasi yang bisa digunakan dalam menunjang dan memperkuat suatu gagasan. Sebagai siswa yang cerdas harus mempunyai banyak referensi untuk memperkuat pengetahuan yang didapatkannya. Apabila referensi yang sudah ada belum memberikan materi yang cukup maka Anda bisa mencarinya lewat internet, buku, jurnal, Koran dan majalah.


Karena penetapan kurikulum 2013 masih baru, terkadang sumber pelajaran yang di dapat belum mencukupi, jadi siswa harus kreatif dalam mencari referensi untuk menambah pengetahuannya. Selain itu manfaatkan fasilitas perpustakaan sekolah sebagai tempat yang menyenangkan bagi Anda untuk menggali lebih banyak lagi ilmu.

Nah, untuk orang tua harus terus memberikan semangat kepada anaknya untuk bisa memberikan arahan yang terbaik dalam belajarnya. Damping anak ketika belajar di rumah dan membantu dalam menyelesaikan persoalan pelajaran yang belum dipahaminya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel