-->

12 Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis Yang Wajib Anda Lakukan

Mendapatkan beasiswa kuliah gratis memang menjadi incaran banyak orang untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Berbagai cara dan usaha terus dilakukan untuk mendapatkan beasiswa yang diinginkan. Apalagi mengingat banyaknya orang yang sama-sama berjuang mencari beasiswa, tentu ini akan menjadi salah satu minimnya peluang untuk memperoleh beasiswa.

12 Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis Yang Wajib Anda Lakukan

Alasan yang membuat orang mencari beasiswa? Mengingat biaya kuliah yang terus meningkat membuat orang tua dan Anda harus bisa mencari jalan keluar supaya pendidikan yang selama ini sudah dijalani tidak terputus di tengah jalan. Maka dari itu Anda harus bisa memperoleh beasiswa yang telah diberikan oleh pemerintah kepada siswa / mahasiswa yang kurang mampu dan memiliki prestasi.

Untuk mendapatkan beasiswa kuliah gratis tidak semudah membalikkan telapak tangan, ada persyaratan dan ketentuan yang wajib dipenuhi. Apabila semua persyaratan yang telah Anda penuhi masuk dalam kriteria yang dibutuhkan maka peluang untuk memperoleh beasiswa tersebut akan cukup besar. Oleh sebab itu penting bagi Anda untuk mengetahui 12 cara terbaik untuk mendapatkan beasiswa dengan mudah.

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis


Cara dan langkah yang benar akan menjadi faktor keberhasilan yang bisa Anda peroleh bila dilakukan dengan sungguh-sungguh. Sama halnya dengan perjuangan Anda untuk mendapatkan beasiswa kuliah, tentu ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk mewujudkan itu semua, diantaranya :

1. Jangan Lupa Berdoa

Sudah menjadi kewajiban kita untuk selalu meminta pertolongan kepada Allah. Manusia hanya bisa berusaha dan merencanakan segala sesuatu yang kita inginkan, sedangkan yang menentukannya adalah Allah. Dengan berdoa kepada Allah dengan meminta diberikan kemudahan untuk mendapatkan beasiswa akan menjadi poin terbesar tercapainya keinginan Anda untuk memperoleh beasiswa kuliah gratis.

2. Meminta Dukungan Dari Orang Tua

Selain berdoa, mintalah dukungan dan doa restu dari kedua orang tua. Anda harus percaya bahwa keberhasilan yang diterima oleh anak adalah sebagian dari usaha orang tua yang selalu mendoakan dan memberikan saran dalam setiap aktivitas yang dilakukan oleh anaknya. Maka dari itu mintalah doa ketika Anda ingin melakukan suatu hal yang penting, salah satunya perjuangan dalam mendapatkan beasiswa.

3. Mencari Informasi Tentang Beasiswa

Gunakan internet untuk mencari informasi beasiswa yang telah disediakan oleh pemerintah dengan mengunjungi situs website resmi atau juga bisa bertanya kepada pihak sekolah yang terkait. Mencari informasi dari jauh-jauh hari akan mempermudah Anda untuk mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk mendapatkan beasiswa.


Untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat, Anda bisa bertanya kepada teman dan saudara yang pernah mendapatkan bantuan beasiswa. Anda bisa bertanya mengenai bagaimana metode cara mendaftar dan persyaratan yang diperlukan, semakin banyak sumber informasi yang didapatkan maka semakin besar pula peluang memperoleh beasiswa kuliah gratis.

4. Memiliki Surat Rekomendasi Dari Sekolah

Surat rekomendasi sangat penting untuk mendapatkan  beasiswa, karena dengan adanya surat rekomendasi yang diberikan dari pihak sekolah maka pihak penyelenggara beasiswa akan memberikan perhatian lebih kepada Anda yang berstatus pelamar.

Biasanya di dalam surat rekomendasi berisi hal penting yang memuat beberapa kelebihan yang terdapat pada diri Anda baik dalam bidang akademik dan non akademik ataupun yang berstatus siswa kurang mampu.

5. Jangan Menunda Untuk Mendaftar Beasiswa

Pihak penyelenggara beasiswa selalu memberikan batasan waktu kepada pelamar untuk mendaftar dan menyelesaikan persyaratan yang wajib dipenuhi. bagi Anda yang sudah mengetahui informasi beasiswa lebih awal sebaiknya segerakan untuk mendaftarkan diri sebagai calon penerima beasiswa.

Batasan waktu yang disediakan harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin, karena untuk memenuhi persyaratan pendaftaran tidak semudah yang kita pikirkan. Namun, jika mendaftar di akhir waktu penutupan maka yang terjadi Anda akan dipusingkan dengan berkas-berkas yang harus segera dikumpulkan dan hasilnya menjadi kurang sempurna. Nah, hal yang seperti ini bisa membuat Anda gagal untuk mendapatkan beasiswa.

6. Lengkapi Semua Persyaratan Dan Berkas

Pihak penyelenggara beasiswa memberikan persyaratan dan ketentuan yang wajib dipenuhi oleh semua pelamar. Dari persyaratan ini pelamar harus mengirim dan mengumpulkan data diri dengan benar. Kelengkapan dokumen yang Anda penuhi menjadi peluang yang cukup besar untuk memperoleh beasiswa.


Usahakan berkas yang dikirimkan harus sesuai dengan apa yang diminta oleh pihak penyelenggara beasiswa. Pengisian data harus dipastikan benar dan hindari pengisian data yang tidak diperlukan. Kejujuran dalam mengisi persyaratan harus sesuai dengan kondisi yang dialami oleh pelamar, seperti

7. Memiliki Prestasi Yang Bisa Diunggulkan

Memiliki nilai akademik yang bagus bisa menjadi pertimbangan untuk bisa memperoleh beasiswa. Pihak penyelenggara beasiswa akan mengecek nilai raport dan dokumen lainnya untuk mengetahui seberapa layaknya pelamar bisa mendapatkan peluang kuliah gratis. Meskipun begitu  penilaian tidak sepenuhnya bergantung pada nilai akademik di sekolah. Prestasi sekolah dibidang olahraga dan sains bisa menjadi nilai tambah untuk memperkuat peluang kelayakan mendapat beasiswa.

8. Melatih Bahasa Inggris Dengan Baik

Melatih berbahasa inggris adalah sebuah kewajiban yang harus dipenuhi jika ingin mendapatkan beasiswa kuliah gratis ke luar negeri. Walaupun Anda mengambil beasiswa di luar negeri yang tidak menggunakan bahasa inggris, seperti jepang dan korea. Akan tetapi, bahasa inggris tetaplah menjadi salah satu bahasa internasional yang digunakan di seluruh dunia.

9. Memilih Jenis Beasiswa

Ada banyak jenis pilihan beasiswa yang bisa Anda dapatkan, seperti beasiswa akademik dan beasiswa non akademik. Untuk bisa memperoleh beasiswa akademik, seleksinya berdasarkan nilai raport dan prestasi lainnya (prestasi dalam mengikuti olimpiade kategori studi). Sedangkan beasiswa non akademik tidak mengacu pada nilai raport, melainkan melihat prestasi Anda di luar kelas (prestasi di bidang olahraga maupun seni).

10. Menentukan Universitas Yang Akan Dipilih

Saat mendaftar beasiswa, pelamar disarankan untuk menentukan universitas dan jurusan yang diminati. Pilihlah universitas yang memiliki daya tampung banyak dan memiliki fasilitas prasarana yang cukup lengkap. Usahakan saat pengisian pilihan universitas dan jurusan harus diperhatikan dengan teliti, sebab berkuliah tidak sesuai dengan jurusannya hanya akan membawa pada kondisi ketidaknyamanan.

11. Persiapkan Untuk Tes

Perlu Anda tau bahwa di luaran sana banyak orang yang sama-sama berjuang mengejar beasiswa,  sehingga menimbulkan persaingan diantara peserta. Setelah dinyatakan lulus seleksi, maka langkah selanjutnya ialah mempersiapkan diri untuk tes. Tes yang diberikan tergantung dari kebijakan penyelenggara beasiswa.


Kebanyakan tes yang diberikan adalah wawancara dan tes tertulis. Untuk menghadapi tes tertulis Anda harus mampu mengerjakan soal dengan benar, biasanya materi yang diberikan membahas tentang ilmu matematika dan bahasa inggris.

12. Persiapkan Essay

Untuk mengenal lebih jauh, maka pihak penyelenggara meminta pelamar untuk membuat essay yang membahas tentang personal statement. Berikan opini pribadi Anda mengenai ketertarikan terhadap universitas dan jurusan yang diinginkan dengan semenarik mungkin dengan penggunaan bahasa yang sesuai ejaan yang disempurnakan (EYD).

Demikian 12 cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis yang dapat Anda terapkan. Persiapkan diri dan pastikan Anda menerapkan cara di atas agar mendapatkan beasiswa. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel