-->

12 Aplikasi Belajar Mengaji Offline Terbaik Untuk Anak dan Dewasa

Dalam menjalankan kehidupan yang bahagia dan damai. Umat islam memiliki Kitab Suci Al Quran sebagai pedoman umat manusia agar setiap langkah jalan hidupnya mendapatkan kebahagian dan pahala dari Allah SWT.  Setiap umat islam diwajibkan untuk bisa mengaji dan belajar mempelajari Al Quran, baik yang masih muda maupun yang sudah dewasa.

12 Aplikasi Belajar Mengaji Offline Terbaik Untuk Anak dan Dewasa

Namun masih ada sebagian orang yang sudah dewasa tapi belum bisa membaca Al Quran dengan fasih. Banyak penyebab yang membuat orang sulit membaca Al Quran karena tidak ada niatan untuk belajar, terlalu sibuk dalam beraktivitas, minimnya guru ngaji di daerah tersebut dan kurangnya perhatian dari orang tua.

Tidak perlu cemas! Bagi Anda yang berkeinginan untuk belajar mengaji, kini sudah banyak aplikasi android offline dan gratis  untuk belajar mengaji yang bisa Anda download di play store. Dengan adanya aplikasi tersebut Anda bisa mempelajari tentang tajwid, hukum bacaan dan dilengkapi dengan audio. Dengan demikian belajar mengaji menjadi lebih mudah, cepat dan menyenangkan.

Aplikasi Belajar Mengaji Untuk Anak dan Dewasa di Android

Kecanggihan teknologi yang terus diperbaharui membuat aktivitas manusia menjadi lebih mudah dan cepat. Dengan adanya smartphone, Anda bisa memanfaatkan aplikasi belajar mengaji yang tersedia di play store dengan mengunduh secara mudah dan gratis. Langsung saja, berikut aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk belajar membaca dan mempelajari Al Quran.

1. Learn Quran Tajwid : Belajar Mengaji

Learn Quran Tajwid adalah aplikasi untuk belajar mengaji yang lengkap dan cocok untuk semua tingkatan. Ini merupakan aplikasi panduan, latihan, referensi dan evaluasi bacaan Al Quran Anda, dengan memanfaatkan aplikasi ini belajar mengaji menjadi lebih mudah, efektif dan cepat. Jangan khawatir, pelajaran yang tersedia di aplikasi ini sudah lengkap, mulai dari yang paling dasar, pelajaran tajwid dan makhroj tingkat tinggi.

Ada banyak topik lainnya yang bisa Anda dapatkan di learn quran tajwid, seperti huruf hijaiyah, fathah, kasroh, dhommah, tulisan sambung, waqof, sukun, tanwin tasydid, idghom tingkat lanjutm ayat-ayat khusus dan masih banyak lagi. Di setiap pelajaran terdapat teori penjelasan dasar disertai contohnya, latihan dan fasilitas tes untuk menguji seberapa jauh kemampuan Anda dalam menguasai topik pelajaran.


Selain itu ada fitur yang bisa Anda coba untuk meningkatkan kelancaran membaca Al Quran, yaitu latihan dan contoh dilengkapi dengan suara, terdapat gambar dan video untuk menerangkan makhroj, transliterasi dan rekaman. Jika Anda ingin menginstalnya, klik disini untuk mengunduh aplikasi Learn Quran Tajwid.

2. Al Quran & Terjemahan Indonesia

Bagi Anda yang ingin belajar Al Quran namun memerlukan terjemahan maka aplikasi ini cocok untuk Anda gunakan. Al Quran dan Terjemahan merupakan sebuah aplikasi Al Quran digital yang penulisan ayat Al Quran menggunakan penulisan indopak asia dan resm usmani dengan dilengkapi 114 surah dan 30 juz.

Aplikasi ini memiliki 6 pilihan suara murattal Al Quran dari beberapa qori terkenal, sehingga bisa memilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Aplikasi ini ringan dan interface yang simple membuat belajar mengaji menjadi lebih mudah dan menyenangkan, Anda dapat mengakses aplikasi ini secara online dan offline tanpa pembatasan.

3. Al Quran Indonesia

Sebuah aplikasi Al Quran digital dan terjemahan bahasa Indonesia, latin, tafsir al jalalain, jadwal shalat, audio, murottal full, terdapat 114 surah dan 30 juz tanpa pembatasan. Aplikasi Al Quran Indonesia dapat dibaca secara offline serta mempunyai tampilan antar muka yang user friendly.

Untuk masalah fitur, aplikasi ini memiliki banyak keunggulan mulai dari daftar surah & juz, terdapat tajwid berwarna, dapat membackup-restore boomark dan penAnda bacaan, dilengkapi audio mp3 murottal dengan 8 qori ialah Syaikh Hani Ar Rifai, Syaikh Mishary Rashid, Syaikh Maher Al Muaiqly, Syaikh Saad Al Ghamdi, Syaikh Muhammad Jebril, Syaikh Abdul Rahman Al Saudis, Syaikh Fares Abbad Dan Syaikh Mahmud Khalil Al Husary.

Selain belajar mengaji ada fitur untuk jadwal shalat dan imsakiyah termasuk alarm adzan, kalender jadwal shalat, kalender hijriah dan fitur-fitur berikutnya masih dalam pengembangan. Aplikasi Al Quran Indonesia sudah ada di play store atau klik disini bila Anda ingin mencoba untuk menggunakannya.

4. Belajar Membaca Al Quran

Sebuah aplikasi yang mengajarkan membaca Al Quran yang disertai dengan pengucapan dan dilengkapi dasar-dasar ilmu tajwid. Anda akan diajarkan huruf-huruf hijaiyah, mukhrorijul huruf, shifatul huruf, pengenalan tAnda baca (harokat), merangkai dan menyambungkan huruf hijaiyah sehingga membentuk sebuah kata.

Untuk dapat membaca Al Quran dengan tepat maka harus mempelajari hukum bacaan dalam ilmu tajwid, seperti hukum nun sukun, mim sukun, idghom, ghunnah, qolqolah, waqof, ibtida dan bacaan ghorib dalam Al Quran. Dan hal menarik lainnya, terdapat fitur evaluasi untuk melatih kemampuan membaca Al Quran.

Aplikasi ini memiliki tampilan sederhana dan menarik sehingga Anda mudah untuk menggunakannya. Di play store aplikasi Belajar Membaca Al Quran sampai saat ini sudah mencapai 100 ribu kali di download. Penasaran untuk mencobanya, coba klik disini untuk menginstal aplikasinya.

5. Belajar Al Quran Metode Tartil

Aplikasi yang memberikan pembelajaran membaca Al Quran dengan metode tartil. Dengan desain tampilan layar yang sederhana dan menarik membuat pengguna lebih mudah untuk belajar tata cara membaca Al Quran dengan nyaman, cepat, baik dan benar. Untuk fitur dalam aplikasi ini sudah disesuaikan dengan kebutuhan pengguna dan aplikasi ini sudah dirilis pada tahun 2017 dengan jumlah download mencapai 50 ribu kali di play store. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, silahkan klik disini untuk menginstal di smartphone anda.

6. Al Quran Tajwid, Tafsir, Audio

Al Quran Tajwid ini berisi terjemahan Indonesia, audio, tajwid, tafsir dan asbabun nuzul. Kelengkapan fitur yang tersedia memudahkan anda dalam belajar memahami dan mempelajari Al Quran dengan sangat mudah dan cepat.


Aplikasi ini dilengkapi dengan tajwid berwarna lengkap 30 juz, dimana setiap hurufnya diberikan warna yang berbeda disesuikan dengan kaidah tajwid. Terdapat juga tafsir jalalain lengkap dalam bahasa Indonesia, audio murottal dengan 10 qori pilihan, tampilan pencarian untuk memudahkan pengguna mencari terjemahan dan fitur bookmark untuk menandai ayat-ayat tertentu. Anda dapat mendownloadnya disini jika ingin memasangnya di smartphone.

7. Belajar Mengaji Al Quran

Sebuah aplikasi ringan untuk memberikan kemudahan bagi semua kalangan baik anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua yang ingin mempelajari cara mengaji Al Quran. Aplikasi ini disusun secara sistematis mulai dari tingkatan paling dasar hingga tingkat level yang lebih tinggi. Kelengkapan fitur seperti menulis huruf arab dan audio membantu dalam pengucapan yang tepat dan benar. Desain tampilan di buat sederhana dan menarik supaya pengguna lebih mudah menggunakan  aplikasi ini.

Materi pelajaran yang diajarakan dalam aplikasi belajar mengaji cukup banyak, seperti huruf hijaiyah, iqro, tajwid, tanwin, sukun, madd murni, madd panjang, syaddah dan hafalan surat pendek dengan audio. Tingkatkan belajar mengaji Anda dengan mencoba aplikasi ini, klik disini jika Anda ingin menggunakannya.

8. Belajar Tajwid Lengkap & Audio

Ilmu tajwid memang sangat diperlukan untuk bisa membaca dengan baik dan benar. Aplikasi belajar tajwid & audio menyajikan materi ilmu tajwid secara lengkap dan contohnya dalam Al Quran. Dan supaya dapat lebih mudah memahami pelafalan dan pengucapan maka aplikasi ini juga memiliki fitur audio. Aplikasi ini bisa Anda download lewat play store atau juga bisa klik disini untuk menginstalnya.

9. Belajar Iqro Dengan Audio

Belajar Iqro dengan Audio merupakan aplikasi yang digunakan untuk memudahkan pengguna dalam belajar membaca Al Quran. Aplikasi ini khusus anak-anak yang baru mulai belajar mengaji, terdapat gambar serta warna yang menarik supaya anak-anak lebih semangat belajar mengaji. Suara audio dalam aplikasi ini menggunakan versi suara anak.

Dalam Iqro 1 belajar tentang huruf hijaiyah, Iqro 2 belajar tentang huruf sambung dan bacaan panjang, Iqro 3 belajar mengenai kasroh dan dhommah, Iqro 4 belajat tentang bacaan tanwin, kasrotain, sukun, nun mati dan qolqolah, Iqro 5 belajar bacaan waqof, tasydid, mad jaiz munfasil, mad wajib muttsail dan mad lazim kilmi, dan terakhir Iqro 6 belajar iqlab, ikhfa, dan tanda waqof. Klik disini untuk mengunduh aplikasinya.

10. Iqro Digital Lengkap

Iqro identik untuk anak-anak yang baru memulai belajar membaca Al Quran. Langkah pertama yang paling mendasar ialah pengenalan huruf-huruf hijaiyah. Aplikasi ini disajikan dengan lengkap untuk membantu anak-anak belajar membaca Al Quran mulai dari Iqro jilid 1 sampai jilid 6.


Aplikasi Iqro Digital ini dibuat simple dan menarik. Supaya pengguna aplikasi ini bisa meningkatkan minat dalam belajar mengaji dan membaca Al Quran. Sampai saat ini sudah banyak orang yang mengistal aplikasi ini dengan mencapai 500 ribu kali download. Bila Anda ingin mencobanya klik disini untuk memasang aplikasi Iqro Digital di smarphone anda.

11. Marbel Belajar Mengaji

Aplikasi yang dipergunakan untuk belajar mengaji hijaiyah, lengkap harokat fat’kha, kasroh, dumma dan tanwin. Aplikasi ini sangat membantu anak-anak yang ingin belajar membaca al quran. Setiap materi dilengkapi dengan penjelasan, sehingga anak-anak bisa belajar dengan mudah. Di dalam aplikasi ini juga terdapat permainan edukasi untuk menguji kemampuan pada anak.

Bagi Anda yang memiliki adik usia 3-8 tahun bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengajarkan mengenai huruf dalam bacaan Al Quran. Klik disini untuk mengunduh aplikasi Marbel Belajar Mengaji secara mudah dan simple.

12. Belajar Mengaji

Satu lagi aplikasi untuk anak-anak yang ingin cepat belajar membaca Al Quran. Belajar mengaji adalah aplikasi yang sangat tepat untuk mempelajari, mengenal, menghafal dan menulis huruf hijaiyah tingkat dasar. Dengan desain smart touch anak dapat mengenali, mendengarkan, mengucapkan huruf hijaiyah dan memperkenalkan kepada anak bagaimana mengeja dan membaca iqro dengan benar.

Disain tampilan sederhana dan kemudahan penggunaan aplikasi ini menjadikan anak lebih semangat untuk belajar membaca Al Quran.

Demikian 12 aplikasi belajar mengaji offline terbaik untuk anak dan orang dewasa yang dapat Anda gunakan. Walaupun aplikasi belajar mengaji di atas bisa membuat Anda membaca Al Quran, sebaiknya Anda tetap memerlukan seorang pembimbing yang sudah ahli dalam membaca Al Quran. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel