-->

10 Cara Jitu Membaca Al Quran Yang Baik dan Benar Untuk Pemula

Al Quran adalah kitab suci umat islam yang berisi firman Allah dan sebagai pedoman petunjuk hidup umat manusia terutama yang beragama islam. Sebagian orang beranggapan bahwa mempelajari cara membaca Al Quran dengan waktu yang singkat adalah suatu hal yang sulit, karena di dalam kitab tersebut menggunakan bahasa arab. Tapi sekarang sudah banyak kitab Al Quran yang menggunakan bahasa latin dan terjemahannya untuk memudahkan Anda belajar dan memahami isi dari Al Quran dengan mudah.

10 Cara Jitu Membaca Al Quran Yang Baik dan Benar Untuk Pemula

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan untuk bisa membaca Al Quran dengan baik dan benar, seperti penggunaan hukum bacaan, panjang-pendek pelafalan huruf dan intonasi suara harus jelas. Bagi Anda yang baru mulai belajar Al Quran tidak perlu bersedih, setiap pemula akan diajarkan dari materi dasar atau pengenalan huruf.

Mengapa seorang muslim wajib bisa membaca Al Quran? Karena di dalam Al Quran berisi semua hal yang bisa menjadi pedoman hidup manusia menuju ke arah kebahagiaan dunia dan akhirat. Ada banyak keutamaan dan kemulian bagi seorang muslim yang rajin membaca Al Quran setiap harinya. Lantas cara yang seperti apa untuk bisa membaca Al Quran dengan baik dan benar. Berikut cara yang bisa Anda terapkan, diantaranya :

Cara Jitu Membaca Al Quran Yang Baik dan Benar

Semangat dan selalu komitmen adalah hal utama yang harus Anda tegaskan dalam hati untuk selalu mau belajar membaca Al Quran. Jika selalu dilakukan secara rutin maka akan dengan mudahnya Anda dapat membaca Al Quran dengan lancar.

1. Belajar Memahami Huruf Hijaiyah

Cara pertama yang harus dilakukan adalah mempelajari ilmu dasar Al Quran, yaitu belajar mengenal dasar huruf hijaiyah. Ada 29 macam huruf hijaiyah yang digunakan dalam penulisan Al Quran, huruf tersebut dimulai dari Alif sampai Ya. Untuk bisa membaca Al Quran dengan baik dan benar, Anda diharuskan bisa menghafal semua huruf hijaiyah, supaya ketika membaca Al Quran tidak merasa bingung dengan huruf hijaiyah yang disambung maupun yang tidak disambung.

Anda bisa mempelajari huruf hijaiyah dengan membaca buku iqro. Untuk yang belum tau tentang iqro, bisa diartikan bahwa iqro merupakan buku dasar dan pengenalan huruf Al Quran untuk pemula. Di dalam buku ini memiliki 6 halaman di setiap halaman memiliki tingkatan ilmu tentang pengenalan huruf yang bervariasi.

2. Belajar Memahami Tanda Baca (Harakat)

Membaca Kitab Suci Al Quran tidak bisa sembarangan, karena harus dapat memperhatikan hukum tanda bacaan. Belajar tanda baca bermanfaat untuk menghasilkan lantunan suara yang benar dan merdu. Ada 9 tanda baca yang digunakan Al Quran yaitu fathah, alif khanjariah, kasrah, dhomah, sukun, tasydid, tanwin, wasal dan waqaf. Dari sembilan tanda tersebut memiliki makna yang berbeda-beda.

Pada dasarnya tanda baca digunakan untuk mempermudah orang untuk mengucapkan lafal dan huruf Al Quran, terutama bagi orang yang baru mempelajari Al Quran. Namun, ada juga Al Quran yang tidak menggunakan tanda baca, atau lebih dikenal dengan arab gundul. Untuk tingkatan yang lebih lanjut Anda bisa mempelajari arab gundul di pesantrean atau dengan orang yang lebih ahli dalam hal tersebut.

3. Mempelajari Ilmu Tajwid

Hal utama setelah belajar huruf hijaiyah dan tanda baca adalah mempelajari ilmu tajwid. Jadi secara umum ilmu tajwid adalah suatu ilmu yang membahasa tentang cara pengucapan dan membunyikan huruf yang terdapat di dalam Al Quran dengan baik dan benar.

Dalam belajar ilmu tajwid Anda akan mempelajari lima macam hukum bacaan yang terdapat alam Al Quran seperti idzhar (jelas atau terang), idgham (dengung), iqlab (menukar) dan ikhfa (menyamarkan). Dari masing-masing lima macam hukum bacaan tersebut memiliki huruf hijaiyah yang berbeda-beda. Jadi Anda harus bisa hafal huruf hijaiyah yang ada pada idzhar maupun yang lainnya.

4. Mengenal Isyarat Tanda Baca

Memang banyak sekali yang harus kita pelajari untuk bisa membaca Al Quran dengan benar. Isyarat tanda baca termasuk salah satu hal yang harus diperhatikan ketika menentukan panjang pendeknya harokat yang dibacakan. Ada banyak macam isyarat tanda baca, seperti mad wajib muttashil dan mad arid lissukun.


Mad wajib muttashil adalah isyarat tanda baca yang menentukan panjang dan berhentinya bacaan. Di dalam Al Quran tanda baca ini ditulis tebal dan melengkung. Jika ada huruf mad yang bertemu dengan hamzah pada satu kata maka saat membacanya harus panjang 5 harokat. Sedangkan mad arid lissukun adalah cara membaca untuk memanjangkan suatu bacaan ketika waqof (berhenti).

5. Biasakan Diri Untuk Terus Belajar

Segala sesuatu yang kita kerjakan harus di dasari dengan niat yang sungguh-sungguh dan ikhlas, supaya apa yang dilakukannya mendapatkan keberhasilan dan amal ibadah. Belajar membaca Kitab Suci Al Quran tidak hanya belajar saja, melainkan harus bisa memahami makna dari setiap bacaan. Ketekunan dalam mempelajari Al Quran harus terus dijaga, agar semakin cepat pula bisa membaca Kitab Suci Al Quran.

6. Pilih Waktu Yang Tepat Untuk Belajar Al Quran

Atur waktu sesuai dengan keinginan kapan dan di mana Anda bisa belajar dengan semaksimal mungkin. Meluangkan waktu sehari atau beberapa kali dalam seminggu, bisa menjadi cara yang efektif bagi yang ingin cepat bisa membaca Al Quran. Bagi Anda yang sudah bekerja, tentu jadwal untuk mengatur waktunya menjadi tidak menentu. Sehingga Anda harus bisa mendisplikan diri untuk membuat jadwal yang memang tidak bisa dirubah, misalnya mengatur jadwal untuk belajar mengaji.

Namun ada waktu yang sering kali digunakan orang-orang untuk belajar mengaji, yakni habis sholat asar atau isya. Tapi semua itu tergantung dari keinginan Anda sendiri, kapan waktu yang ideal untuk belajar Kitab Suci Al Quran

7. Mencari Guru Pembimbing

Melihat banyaknya ilmu yang harus diperhatikan ketika membaca Al Quran dengan baik dan benar maka diperlukannya seorang guru pembimbing. Dengan adanya guru pembimbing belajar mengaji dapat meminimalisir kesahalahan pelafalan, penyebutan huruf dan lain sebagainya. Ketika belajar mengaji jangan malu untuk bertanya, ungkapkan semua rasa ingin tau kepada guru pembimbing mengenai cara belajar mengaji yang benar atau pertanyaan yang lainnya.

8. Manfaatkan Aplikasi Belajar Membaca Al Quran

Sudah tidak heran lagi kalau di play store kini banyak menyediakan aplikasi belajar membaca Al Quran yang bisa Anda manfaatkan untuk mempermudah belajar mengaji menjadi lebih cepat dan simple. Dari setiap aplikasi biasanya dilengkapi dengan berbagai macam fitur, seperti materi pembahasan, terjemahan dan audio.

Dengan menginstal aplikasi di smartphone, Anda bisa belajar mengaji di mana saja baik itu di rumah, kantor, taman dan tempat lainnya. Tidak hanya aplikasi belajar mengaji khusus anak-anak, tapi ada juga aplikasi yang digunakan untuk orang dewasa juga.

9. Manfaatkan Video Di YouTube Untuk Belajar Mengaji

Belajar dengan bantuan video akan membuat Anda semakin mudah belajar membaca Kitab Suci Al Quran. Video secara langsung akan memaparkan dengan jelas bagaimana metode membaca Al Quran dengan benar, perpanduan berupa materi dan video akan membuat belajar mengaji Anda menjadi lebih komplit.

Di youtube ada banyak channel yang menyediakan video belajar mengaji dan Anda bisa memilih video dengan metode belajar yang mudah untuk dipahami. Untuk menghemat kuota internet, Anda dapat mendownload video dengan kualitas yang tinggi maka dengan demikian Anda bisa menonton  berulang kali dengan mode offline.

10. Tes Diri Untuk Mempraktikkan Membaca Al Quran

Setelah mempelajari pengenalan huruf hijaiyah, tanda baca dan ilmu tajwid. Kini tiba saatnya Anda mengetes diri untuk mempraktikkan membaca Al Quran. Cari seorang guru pembimbing untuk mengevaluasi seberapa benar Anda membaca Al Quran, di cara yang kesepuluh ini Anda bisa mengetahui apa saja yang harus diperbaiki dalam membaca Al Quran.

Itulah 10 cara jitu membaca Al Quran yang baik dan benar untuk pemula, terapkan cara di atas untuk membatu Anda belajar membaca dan mempelajari mengenai Al Quran. Walaupun belajarnya sulit dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar, tapi bila Anda melakukan dengan rajin dan ikhlas maka semua akan menjadi lebih mudah dan cepat. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel