-->

17 Cara Menjadi Pribadi Yang Lebih Baik Menurut Islam

Manusia mempunyai sisi kelebihan dan sisi kekurangan yang terdapat dalam dirinya sehingga manusia sering kali melakukan hal yang berujung pada perbuatan dosa dan kerusakan. Sudah seharusnya bila kita melakukan kesalahan hendaklah untuk berhijrah dan memperbaiki pribadi menjadi lebih baik agar kehidupan yang kita jalani menjadi lebih berkah dan selalu dalam ridhanya Allah Ta’ala.

17 Cara Menjadi Pribadi Yang Lebih Baik Menurut Islam

Mungkin kita semua pernah mendengar istilah “Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan hari esok harus jauh lebih baik dari hari ini”. Dari istilah tersebut manusia harus selalu istiqomah untuk menjadi pribadi yang baik dan menarik setiap harinya. Dalam Al Qur’an menjelaskan bahwa “Sesungguhnya allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri” (QS Ar Ra’d 11).

Oleh sebab itu kesempatan hidup yang Tuhan berikan pergunakan dengan bijak dengan melakukan kegiatan yang bersifat positif. Kerjakan aktivitas yang sederhana sebagai awalan melatih diri untuk menjadi lebih baik. Lantas apa saja cara yang dapat dilakukan untuk merubah diri menjadi lebih baik, berikut penjelasannya.

Cara Menjadi Pribadi Yang Lebih Baik

Jika sudah memiliki niat yang baik tentu akan mempermudah langkah Anda menuju pribadi yang baik. Tetap konsisten dalam berikhtiar serta selalu berdoa kepada Allah Ta’ala untuk memperlancar jalan hijrah Anda karena segala sesuatu yang terjadi di alam ini atas izin-Nya.

1. Meningkatkan Kadar Keimanan

Ini merupakan cara pertama dan penting untuk selalu anda lakukan, karena untuk menjadi manusia yang lebih baik harus dibarengi dengan pendekatan diri kepada Allah SWT. Kepentingan akhirat dan duniawi harus seimbang supaya Allah Ta’ala memberikan kebahagiaan dan keberkahan yang selalu mewarnai kehidupan anda.

Dengan beribadah anda akan dituntun mengubah sifat dan perilaku menjadi lebih baik, terutama belajar menjadi manusia yang selalu banyak bersyukur, penyabar, displin dan lain sebagainya. Kondisi yang seperti itu memang perlu untuk kita perjuangkan sebagaimana  yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

2. Selalu Istiqomah

Saat seseorang berhijrah menjadi manusia yang lebih baik, biasanya banyak sekali godaan yang menguji seberapa besar kemantapan hati untuk terus berkomitmen pada keputusan yang diambil. Banyak sekali macam-macam godaan yang akan anda hadapi baik yang berasal dari lingkungan dan orang-orang terdekat.

Dalam menjaga hati supaya selalu istiqomah memang tidak semudah membalikan telapak tangan, oleh karena itu minta pertolongan kepada Allah Ta’ala, sebab Dialah Maha Dzat yang dapat mebolak-balikan hati makhluknya.

3. Bersyukur

Penyebab manusia sulit untuk merubah pribadinya menjadi lebih baik yaitu karena masih suka mengeluh tentang kondisi kehidupannya yang tidak seberuntung orang lain. Berhentilah untuk selalu membandingkan diri anda baik dalam bentuk fisik atau kondisi ekonomi.

Percayalah bahwa Allah Ta’ala selalu memberikan yang terbaik kepada hambanya. Hanya saja anda harus selalu bersabar dan bersyukur. Suatu saat nanti akan tiba di mana keistimewaan dan kebahagiaan hidup akan datang menghampiri anda.

4. Bertaubat

Manusia tidak luput dari kesalahan dan dosa maka dari itu cepat-cepatlah melakukan taubatan nasuha sebagai langkah untuk memperbaiki diri dari perbuatan yang melanggar agama. Tobat sebenar-benarnya dan berjanji untuk tidak mengulangi lagi kesalahan yang sama.


Memohon ampun kepada Allah SWT dan tingkatkan ibadah dzikir anda untuk mengingat dan merenungkan kesalahan yang sudah diperbuat. Dengan bertaubat Allah Ta’ala akan menghapus dan menggugurkan dosa serta menunjukan kembali jalan yang benar / lurus.

5. Jaga Hati Agar Selalu Sabar

Menjaga hati dan perasaan agar selalu bersabar menghadapi situasi dan ujian tidaklah mudah, karena pada dasarnya batasan kesabaran pada seseorang tidak dapat ditentukan. Tingkat kesabaran pada manusia dapat dilihat dari keimanan dan cara mengatur diri agar tidak mudah terpancing emosi. Saat anda sedang menghadapi masalah yang menguji kesabaran, sebaiknya banyak-banyak mengucapkan Astagfirullaahal’azhiim supaya hati menjadi lebih tenang.

6. Bersikap Baik, Sopan Dan Santun

Saat anda mempunyai tekad untuk mengubah pribadi menjadi baik maka anda juga harus mengubah semua sikap buruk yang selama ini dilakukan menjadi baik. Selalu baik, sopan dan santun terhadap orang lain adalah salah satu bentuk perubahan diri menjadi lebih baik.

Selalu mengontrol perkataan dan tingkah laku dengan memperhatikan adap dan aturan saat berbicara dengan orang lain. Hal ini agar apa yang kita lakukan tidak menyinggung perasaan lawan bicara anda.

7. Belajar Untuk Memaafkan

Ketika anda memiliki permasalahan dengan orang lain biasanya akan timbul rasa emosi dan jengkel saat bertemu dengannya. Emosi merupakan salah satu karunia yang diberikan oleh Allah kepada manusia sebagai bentuk wujud makhluk yang sempurna dibandingkan makhluk lainnya.


Namun rasa emosi yang ada dalam diri anda hanya akan membuat hidup menjadi kurang nyaman dan selalu tidak tenang. Sebaiknya maafkan saja kesalahan orang lain yang sudah menyakiti anda, karena itu lebih baik untuk dilakukan. Allah saja maha pemaaf terhadap hambanya yang mau bertaubat dan memohon ampun.

8. Menghormati Dan Menghargai Orang Lain

Sudah sewajarnya kalau kita semua harus selalu menghargai dan menghormati orang lain supaya kehidupan yang kita jalani menjadi lebih sejahtera dan dapat menjalin hubungan baik dengan manusia lainnya. Untuk merubah pribadi menjadi lebih baik, anda juga perlu menerapkan cara yang satu ini. Sehingga sikap toleransi terhadap manusia yang berbeda usia, agama, ras, bahasa dapat hidup rukun, walaupun tempat tinggal mereka saling berdekatan satu sama lain.

9. Bertanggung Jawab Dalam Menghadapi Masalah

Kehidupan manusia selalu diwarnai dengan ujian dan permasalahan. Dari sebagian ujian hidup memberikan kita pelajaran dan hikmah supaya kita selalu memperbaiki diri dan terus berhati-hati dalam mengambil langkah. Bertanggung jawab ketika menghadapi masalah adalah sebuah bentuk usaha mengenai bagaimana cara anda menghadapi masalah dan untuk melatih diri supaya tidak lari dari tanggung jawab. 

10. Manfaatkan Waktu Dengan Sebaik-Baiknya

Ketika anda sudah mantap berhijrah menjadi lebih baik maka manfaatkan waktu yang ada untuk melakukan kegiatan / aktivitas yang menuntun diri ke arah yang baik, seperti membaca Al Qur’an, bersedekah, membersihkan masjid, mencari nafkah dan mendengarkan ceramah.

Tinggalkan aktivitas yang hanya membuang banyak waktu tanpa ada manfaatnya dan justru membuat anda menjadi lebih buruk. Hidup ini hanyalah sementara jadi pergunakan hidup anda untuk hal yang positif dan mencari bekal untuk kehidupan di akhirat.

11. Membiasakan Untuk Menolong Orang Lain

Menolong orang yang sedang mengalami kesulitan dan kesusahan adalah sifat yang terpuji dan sangat dicintai oleh Allah SWT. Manusia tidak bisa hidup sendiri dan mereka saling membutuhkan bantuan satu sama lain. Jika anda memiliki niatan untuk menolong orang lain tapi tidak memiliki barang yang dapat diberikan maka anda dapat menolong mereka dengan jasa atau tenaga.

Begitu juga sebaliknya, jika anda tidak mampu memberikan pertolongan berupa tenaga / jasa maka dapat memberikan bantuan berupa barang dan uang. Hal ini juga untuk melatih anda pada hati untuk selalu bersedekah.

12. Jangan Mudah Putus Asa

Saat memutuskan untuk berhijrah menjadi pribadi yang lebih baik, banyak sekali rintangan dan cobaan yang akan anda hadapi. Anda tidak perlu sedih, khawatir ataupun putus asa, percayalah bahwa Allah selalu berada di dekat hambanya yang sedang berjuang untuk menjadi manusia yang baik. Hanya saja anda tidak dapat melihatnya tapi anda dapat merasakannya. Allah maha pengasih dan maha penyayang, jadi Dialah yang akan membantu dan menguatkan hati anda.

13. Bergaul Dengan Orang-Orang Baik

Anda memerlukan banyak ilmu untuk menuntun pada jalur hidup yang lebih baik, maka perbanyak berkumpul dengan orang-orang baik. Semakin sering anda bertemu orang baik dan mencari tambahan ilmu dengannya maka anda juga akan tahu seperti apa yang dilakukan oleh orang yang baik.


Misalkan anda mempunyai sahabat yang suka pergi ke masjid, maka dengan sendirinya mereka juga akan mengajak anda untuk melakukan shalat di masjid. Dan itu sangat baik sekali untuk anda yang sedang berhijrah.

14. Optimis Dan Percaya Diri

Optimis dan percaya diri berarti selalu berprasangka baik kepada Allah dan diri sendiri. Anda harus percaya bahwa apa yang sedang dilakukan tidaklah suatu hal yang sia-sia, walaupun terkadang menemukan kesulitan saat mewujudkannya. Memang tidak mudah untuk mewujudkan keinginan dengan begitu cepat karena di sisi lain ada proses dan usaha yang perlu dilakukan.

Namun jika anda selalu optimis dan percaya pada kemampuan yang terdapat pada diri anda maka segala sesuatu yang dilakukan akan menjadi lebih mudah.

15. Mencari Motivasi

Ketika anda sedang istiqomah untuk mengubah hidup menjadi lebih baik, terkadang ada kegiatan yang anda lakukan menimbulkan rasa bosan dan malas untuk melakukannya lagi. Jika itu yang terjadi berarti anda perlu motivasi, sehingga anda dapat kembali semangat untuk melakukan kegiatan tersebut.

Untuk mendapatkan motivasi, anda dapat menemukanya dengan membaca Al Qur’an, mendengarkan ceramah agama dan membaca buku yang berisi motivasi hidup. Anda juga dapat bertanya kepada orang yang lebih mengetahui permasalahan yang sedang anda hadapi, untuk menemukan solusi terbaik yang bisa dilakukan.

16. Hilangkan Sifat Sombong Dalam Diri Anda

Kesombongan hanya akan menghancurkan hidup anda secara pelan-pelan, sifat sombong dapat membuat orang lain menjadi tidak suka kepada anda, karena sifat sombong cenderung mengarah pada perilaku yang tidak bisa bersyukur, merasa dirinya paling benar, suka merendahkan orang lain dan gemar memamerkan harta yang dimiliki.


Menjadi manusia yang lebih baik berarti harus menghindari perilaku yang dapat merusak akhlak, termasuk sifat sombong. Allah Ta’ala juga sangat membenci terhadap makhluknya yang suka menyombongkan diri.

17. Hargai Dan Pujilah Diri Anda

Dengan menghargai dan memberikan pujian untuk diri sendiri akan menciptakan sebuah kekuatan hidup dan anda akan merasakan bahwa semua manusia berhak untuk bahagia. Pujilah diri anda ketika mendapatkan sebuah kemajuan hidup yang terus membaik. Selain itu lakukan hal-hal positif yang dapat membuat anda merasa bahagia sehingga akan muncul dorongan dalam diri untuk semangat saat menjalani kehidupan.

Demikian beberapa cara menjadi pribadi yang lebih baik menurut islam yang dapat Anda coba. Untuk menjadi orang yang lebih baik memang mudah untuk diungkapkan daripada tindakan. Setelah membaca beberapa tips di atas, Apakah Anda termotivasi? Marilah kita perbaiki diri dari sekarang sebelum tiba waktu terlambat. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel