-->

Inilah 5 Keputusan Menentukan Tujuan Setelah Lulus Sekolah

Setiap manusia memiliki tujuan hidup yang menjadi pedoman untuk terus memperjuangkan kehidupannya baik sekarang atau esok hari. Setiap manusia memiliki keputusan hidup yang dipilih sebagai langkah untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik untuk dirinya. Posisi seperti ini kerap kali menghantui siswa dan siswi yang akan lulus sekolah, mereka harus bisa mengambil planning sebelum lulus sekolah telah tiba, supaya mereka tidak merasa bingung setelah lulus sekolah.

Tak banyak dari mereka kesulitan dalam mengambil keputusan yang cocok untuk dilakukan setelah lulus sekolah, hal ini dikarenakan mereka tidak mengetahui pontensi apa dan kenyamanan seperti apa yang dirasakan pada dirinya. Pengambilan keputusan yang kurang tepat hanya akan membuat diri mereka kurang nyaman saat menjalaninya.

5 Keputusan Menentukan Tujuan Setelah Lulus Sekolah

Sebaiknya pikirkan dengan matang keputusan terbaik yang akan diambil karena ini menyangkut masa depan yang akan datang. Berikut ini ringkas dari beberapa hal yang dapat ada lakukan setelah lulus sekolah, antara lain sebagai berikut:

1. Kuliah
Inilah 5 Keputusan Menentukan Tujuan Setelah Lulus Sekolah

Kuliah adalah proses pembelajaran tingkat lanjut yang lebih detail dalam menentukan jurusan yang disesuaikan dengan minat dan bakat yang dimilikinya. Banyak sekali universitas yang menyediakan berbagai jurusan baik dalam bidang pendidikan, otomotif, kesehatan, teknik sipil, komputer dan masih banyak lagi.

Waktu yang digunakan untuk kuliah sampai menjadi seorang sarjana tidaklah sebentar, namun ada juga orang yang mampu menyelesaikan studi kuliahnya dalam waktu yang cepat, ini tergantung dari niat belajar dan tingkat kecerdasan yang dimiliki orang tersebut.
Mahasiswa yang sudah menjadi sarjana akan menghadapi pilihan antara idealis dan ketatnya pesaingan dalam dunia kerja, jadi cara lain untuk bisa mudah diterima kerja setelah lulus kuliah ialah dengan meningkatkan nilai ijasah kuliah dan keahlian diri.

2. Bekerja
Inilah 5 Keputusan Menentukan Tujuan Setelah Lulus Sekolah

Penyebab siswa yang baru lulus sekolah memilih untuk bekerja adalah keterbatasan ekonomi dan tidak ada minat lagi untuk belajar. Bagi yang memiliki ijasah lulusan SMA / SMK saja akan menghadapi pesaingan untuk mendapatkan pekerjaan. Apalagi mencari pekerjaan di ibu kota, peluang untuk diterima kerja semakin kecil.

Apabila memiliki keahlian khusus dalam bilang tertentu, seperti keahlian di bidang otomotif, memasak, dagang dan sebagainya. Ini akan menjadi modal kuat untuk mempermudah diterima kerja di perusahaan walaupun ijasah terakhir SMA / SMK.
Dalam dunia kerja sebuah perusahaan memiliki peraturan dan target yang harus dicapai. Oleh karena itu sebagai karyawan harus bisa beradaptasi dengan peraturan yang sudah ditetapkan oleh perusahaan. Karyawan yang mempunyai kinerja kerja yang baik akan dipertahankan untuk selalu bekerja di perusahaan tersebut, jadi usahakan untuk konsisten, bekerja keras, disiplin dan semangat dalam menjalankan tugas pekerjaan.

3. Kursus
Inilah 5 Keputusan Menentukan Tujuan Setelah Lulus Sekolah

Tujuan utama seseorang ikut kursus ialah untuk memperdalam keterampilan teknis sesuai minat dan bakat yang ingin ditingkatkan. Tempat penyedia kursus kini sudah tersebar di mana-mana, jadi tidak usah bingung dan biaya yang dikeluarkan untuk kursus bervariasi tergantung dari jenis kursus dan fasilitas yang ada. Namun ada juga loh, tempat pelatihan kerja yang tidak mengeluarkan biaya dan juga diberikan sertifikat pelatihan kerja.

Jenis kursus yang paling diminati oleh kebanyakan orang adalah otomotif, komputer dan menjahit. Waktu yang digunakan seseorang untuk menyelesaikan kursusnya tidaklah menentu karena harus disesuaikan dengan jenis kursus yang diambil, terkadang ada yang selesai dengan kurun waktu 6 bulan sampai 1 tahun.

Dengan adanya ilmu ketrampilan dan sertifikat kursus bisa menjadi modal untuk melamar pekerjaan dan kemungkinan besar diterima kerja. Jika ilmu keterampilan sudah dikuasai semua maka Anda bisa saja membuka tempat usaha sendiri.

4. Wiraswasta
Inilah 5 Keputusan Menentukan Tujuan Setelah Lulus Sekolah

Bagi Anda yang berkeinginan untuk mengembangkan bakat di dunia bisnis, sebaiknya cari dulu keunggulan di bidang apa yang terdapat di dalam diri Anda. Menjadi seorang pengusaha muda memang buka perkara yang mudah karena Anda harus tahu strategi seperti apa yang cocok digunakan untuk bisa bersaing dengan pengusaha yang lainnya.

Menjadi seorang business man mempunyai peluang keuntungan yang cukup menjanjikan karena kebebasan untuk berbisnis yang disesuaikan dengan keinginan sendiri sehingga dalam menjalankannya menjadi lebih fokus dalam mengatur waktu dan manajemen keuangan.
Sebagai langkah awal, Anda dapat membuka bisnis dengan dana yang tidak terlalu besar. Hal ini untuk mengukur seberapa besar peluang keuntungan dan keberhasilan dalam berbisnis. Jika bisnis Anda sudah terlihat kemajuannya, barulah penggunaan dana dengan jumlah yang besar perlu diterapkan.

5. Menikah
Inilah 5 Keputusan Menentukan Tujuan Setelah Lulus Sekolah

Semua orang mempunyai hak untuk menikah. Namun bagi Anda yang baru selesai lulus sekolah dan berkeinginan untuk menikah, sebaiknya pikirkan dengan betul dan minta pendapat orang tua mengenai keputusan apa yang sebaiknya untuk diambil. Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan ketika menikah dan itu perlu Anda persiapkan sejak awal.

Menikah setelah lulus sekolah bukanlah keputusan yang tepat, karena menikah menuntut seseorang pada rasa tanggungjawab, kematangan emosional, kedewasaan, psikologis dan sosial. Apalagi di umur yang masih muda, banyak orang yang baru lulus sekolah lebih senang untuk merantau dan mencari pengalaman.

Demikian 5 keputusan / planning untuk menentukan masa depan Anda setelah lulus sekolah, Anda mempunyai hak untuk memutuskan langkah seperti apa yang harus diambil untuk kehidupan Anda. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel