-->

12 Alasan Yang Membuat Sahabat / Teman Menjauhi Anda Secara Pelan-Pelan

Setiap manusia pasti selalu berusaha untuk menjadi pribadi yang baik, sopan, pengertian dan setia kawan. Memiliki sahabat merupakan anugerah yang Tuhan berikan kepada Anda sebagai alur warna warni kehidupan. Namun terkadang ada sahabat yang benar-benar tulus mau berteman dan ada juga yang malah membawa pada kehidupan yang buruk. Ada beberapa perilaku dan sikap dalam diri manusia yang membuat seorang sahabat malah menjauh dan enggan untuk menjalin pertemanan kembali.

12 Alasan Yang Membuat Sahabat / Teman Menjauhi Anda Secara Pelan-Pelan

Tindakan / perilaku yang buruk hanya akan membuat sahabat malah menjauh dan tidak lagi merasa nyaman untuk terus menjadi teman Anda. Sebaiknya ubalah kebiasaan buruk tersebut bila Anda tidak mau kehilangan sahabat terbaik dan kemungkinan besar Anda akan kesulitan mendapatkan teman baru. berikut 12 sikap yang membuat sahabat / teman menjauhi Anda.

1. Egois Dan Mau Menang Sendiri

Egois ialah sikap manusia yang hanya mau menang sendiri tanpa memikirkan perasaan dan kondisi orang yang ada di sekitarnya. Anda selalu beranggapan bahwa tidak ada yang bisa mencegah kemauan dan keinginan yang sudah menjadi hal yang harus dilakukan. Keegosian hanya akan membuat hidup manusia pada perilaku tercela.

Orang yang menjalin pertemanan hanya membutuhkan sikap saling menghargai, saling membantu dan bekerja sama. Hindari sikap yang mau menang sendiri. Lebih baik saling merangkul satu sama lain karena itu adalah jiwa pertemanan yang perlu dijaga.

2. Sering Mengeluh

Orang yang kebanyakan mengeluh adalah ciri-ciri manusia yang tidak bersyukur dengan nikmat yang sudah Tuhan berikan. Orang akan merasa risih melihat perilaku dan sikap Anda yang terus menerus mengeluh terhadap kondisi hidup yang tidak sepantasnya untuk dikeluhkan.


Seorang sahabat secara pelan-pelan akan menjauhi Anda karena mereka membutuhkan teman yang bisa membuat dirinya nyaman dan senang untuk diajak berteman. Setiap manusia memang memiliki permasalahan dalam kehidupannya, akan tetapi dengan permasalahan tersebut jangan jadikan keluhan yang terus menerus Anda ucapkan.

3. Suka Berbohong Dan Tidak Dapat Dipercaya

Memiliki sahabat yang suka berbohong tentu sangat mengecewakan. Apalagi berbohong yang dilakukan secara berulang-ulang dengan alasan yang kurang akurat dan tidak masuk akal. Dengan sikap yang seperti ini akan memuat sahabat menjauhi Anda bahkan malah tidak mau menjalin hubungan pertemanan lagi.

Jika Anda berbohong hanya akan membuat sahabat menjadi kurang percaya dengan apa yang telah diucapkannya, walaupun perkataan yang Anda ucapkan itu benar. Kepercayaan seseorang dilihat dari apa yang diucapkannya, jadi jangan sampai kepercayaan yang sudah diberikan kepada Anda kini hilang gara-gara kebohongan yang telah Anda lakukan. 

4. Suka Merendahkan Orang Lain

Merendahkan orang lain merupakan sikap yang tidak terpuji dan dilarang oleh agama. Sikap seperti ini hanya akan memancing rasa dendam bagi orang yang dihina dan ini tidak baik jika terus dilakukan. Jika Anda tidak bisa menghargai dan menghormati orang lain maka hanya akan membuat sahabat Anda berpikir bahwa diri Anda tidak baik untuk menjadi sahabat sejati.


Menjalin pertemanan yang baik berarti harus ada sikap saling menghargai dan menjaga perasaan orang lain supaya tidak timbul perselisihan antar keduanya.

5. Senang Membicarakan Keburukan Orang Lain

Sebaik-baiknya manusia adalah yang mampu menjaga lisannya dari perkataan yang menyesatkan. Membicarakan keburukan orang lain merupakan suatu hal yang tidak pantas untuk dilakukan oleh manusia karena dapat menimbulkan beberapa akibat yakni adanya unsur fitnah, timbulnya rasa dendam dan memutuskan tali persaudaraan.

Kebiasaan menceritakan keburukan orang lain memang harus dijauhi, hal ini bisa saja membuat sahabat dan saudara Anda merasa kurang nyaman dengan kebiasaan buruk tersebut. Padahal kita sudah tau bahwa setiap manusia memiliki kesalahan dan agama pun telah mengajarkan kepada kita semua untuk tidak membuka aib orang lain.

6. Sombong

Sombong adalah sifat yang dapat membuat manusia menjadi kurang bersyukur, suka meremehkan orang lain dan selalu menganggap dirinya lebih hebat dari orang lain. Sifat sombong yang sudah melekat di dalam diri seseorang cenderung gemar melakukan suatu hal yang justru membuat orang lain malah menjauhinya, hal itu disebabkan adanya suatu sikap yang tidak dapat diterima oleh seseorang yang melihatnya.

Sifat sombong kerap kali menghantui orang-orang yang memiliki kelebihan fisik, ekonomi dan sebagainya. Mereka menggunakan alasan tersebut untuk memberitahukan kepada orang lain bahwa dirinya merasa lebih baik dari orang lain. Cara menghilangkan sifat sombong yaitu dengan selalu memberi bimbingan pada anak dan berpikir bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini hanya miliki Tuhan.

7. Kurang Percaya Diri

Kurangnya percaya diri hanya akan membawa manusia pada posisi yang tidak mengenakan, menutup diri, sulit untuk berkembang dan selalu membatasi pergaulannya dengan orang lain. Sesungguhnya orang yang kurang percaya diri selalu beranggapan untuk menghindari timbulnya permasalahan dari apa yang sedang dikerjakannya sehingga lebih cenderung melakukan kegiatan yang tidak beresiko tinggi.

8.    Berperilaku Kasar

Selalu berperilaku kasar dan mudah tersinggung hanya akan membuat sahabat Anda menjadi takut dan memilih untuk menjauhi Anda. Mereka tidak mau mengambil resiko dari tindakan yang Anda lakukan karena mereka mencoba mengamankan dirinya agar tidak mendapatkan perilaku kasar.


Bila kita selalu bersikap baik dan sopan akan membuat teman maupun orang lain akan senang untuk menjalin hubungan pertemanan bahkan mereka merespons terhadap kita untuk menjadi teman baik. Jadi semakin baik perilaku kita kepada orang lain maka semakin banyak orang yang mau menjadikan kita sebagai temannya.

9. Merasa Dirinya Adalah Bos

Suka mengatur dan selalu menganggap dirinya bos adalah sikap yang bisa membuat sahabat anda lama kelamaan pergi menjauh dari hidup anda. Setiap manusia memiliki hak untuk melakukan segala sesuatu yang mereka inginkan, tapi jika anda selalu mengatur dan mengendalikan apa yang mereka lakukan maka kondisi seperti itu hanya akan membuat sahabat menjadi bosan dan enggan berteman dengan anda.

10. Berpikir Negatif Kepada Orang Lain

Selalu beranggapan negatif terhadap apa yang dilakukan oleh orang lain tanpa ada alasan yang jelas tentu akan terjadi kesalahpahaman antar keduanya. Sifat pesimis dan mudah berburuk sangka hanya akan menghancurkan hubungan pertemanan dan sulitnya mencari sahabat sejati.

Sebaiknya hilangkan pikiran negatif terhadap orang lain jika anda tidak mau kehilangan satu persatu sahabat yang sudah anda miliki.

11. Menilai Orang Dari Penampilannya Saja

Salah satu kesalahan terbesar yang sering kali kita lakukan adalah menilai orang lain dari sisi luarnya saja, padahal yang menjadikan patokan seseorang memiliki sifat yang baik bukanlah dari penampilannya melainkan dari hatinya. Penampilan hanya sebagai alat untuk menarik perhatian orang lain agar orang yang melihatnya mau menjadi sahabatnya.


Namun jika anda mau mencari sahabat sejati, sebaiknya lihat dari sifat dan cerminan hatinya orang yang ingin anda jadikan sahabat. Karena sekarang banyak sekali orang yang mendekati anda hanya ingin senangnya saja dan akan pergi bila anda dalam keadaan kesulitan.

12. Selalu Berpenampilan Jorok Dan Tidak Sopan

Jika kita selalu berpenampilan jorok dan bau tentu tidak ada satu orang pun yang mau mendekati anda, malahan mereka akan mengucilkan dan menghina anda. Rubahlah menampilan diri anda dengan memakai pakaian yang bersih, wangi dan rapi sehingga orang yang melihatnya akan tertarik untuk mendekati anda.

Dalam berpenampilan jadilah diri sendiri dan jangan menjadi orang lain untuk mencari teman dan sebaiknya gunakan pakaian yang sopan tanpa harus menggunakan pakaian yang serba mahal, karena kesederhanaan itu lebih baik.

Demikian 12 sikap yang membuat sahabat / teman menjauhi Anda, apabila salah satu sikap di atas masih ada dalam diri Anda, sebaiknya introspeksi dan segera membenah diri. Seorang sahabat hanya mau menjalin pertemanan dengan orang yang memiliki sikap yang baik. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel