-->

Pengertian, Macam-Macam dan SusunanTulang Manusia

Mengapa manusia dapat bergerak dengan leluasa? Hal ini di karena adanya sistem gerak yang terdiri dari sendi, otot dan tulang yang saling bekerja sama. Dalam sistem gerak, rangka manusia disebut sebagai alat gerak pasif sedangkan otot sebagai alat gerak aktif. Rangka berfungsi sebagai tempat meletaknya otot, tempat pembentukan sumsum, melindungi organ dan memberikan bentuk tubuh. Dalam rangka manusia terdiri dari macam-macam tulang dan jenis-jenis tulang.  semua dibedakan berdasarkan pengelompokan bentuk tulang dan jenis tulang.

Pengertian, Macam-Macam dan SusunanTulang Manusia

Pengertian Tulang

Tulang merupakan jaringan yang aktif dalam melakukan metabolisme. Tulang termasuk salah satu bagian tubuh yang sangat penting sehingga wajib untuk selalu menjaga atau memelihara kesehatan tulang agar selalu kuat dan kokoh. Jaringan tulang terdiri dari sejumlah sel tulang yang dinamakan osteosit. Tulang memiliki sifat keras, lentur dan kuat. Sifat tersebut disebabkan karena sel tulang di kelilingi oleh bahan ekstraseluler dari bahan kalsium atau lebih dikenal dengan matriks.

Macam-Macam Tulang Manusia

Jumlah tulang-tulang penyusun rangka manusia berjumlah sekitar 206 buah. Yang terbagi dalam dua bagian yaitu kerangka apendikuler dan kerangka aksial. Berikut macam-macam tulang yang menyusun tubuh manusia.

1. Bentuk-Bentuk Tulang Manusia

Berdasarkan bentuknya, tulang dapat dibagi menjadi tiga macam bentuk, yaitu tulang pipa, tulang pipih dan tulang pendek. Dari ketiganya memiliki ciri-ciri yang berbeda-beda satu sama lain.

a) Tulang Pipa
Tulang pipa adalah tulang dengan bentuk panjang seperti pipa dengan bagian ujungnya berbonggol. Pada bagian ujung tulang yang berbentuk bonggol merupakan tulang spons karena berongga. Di bagian tulang spons berisi sumsum merah tulang sebagai tempat untuk memproduksi sel-sel darah merah. Sedangkan pada bagian tengah tulang pipa mengandung atau berisi jaringan lemak (sumsum kuning). Contoh tulang pipa pada manusia, yaitu tulang betis, tulang hasta dan tulang paha.

Baca Juga : Cara Menjaga Kesehatan Tulang Manusia

b) Tulang Pipih
Tulang pipih adalah tulang dengan bentuk pipih atau gepeng. Pada bagian dalam tulang pipih tidak berongga namun pejal. Sedangkan pada bagian bawah tulang kompak terdapat tulang spon yang berongga dan berisi sumsum merah tulang. Contoh tulang pipih dalam rangka manusia, yaitu tulang belikat, tulang dada dan tulang rusuk.

c) Tulang Pendek
Tulang pendek adalah tulang dengan bentuk pendek serta berisi sumsum merah. Pada umumnya tulang pendek membentuk ruas-ruas. Contoh yang termasuk tulang pendek, yaitu ruas-ruas tulang belakang, ruas-ruas jari kaki dan ruas-ruas tulang pada pergelangan tangan.

2. Pengelompokan Tulang

Pengelopokan tulang berdasarkan letaknya, tulang penyusun rangka tubuh manusia dibedakan menjadi 3 bagian, yaitu tulang tengkorak (os cepal), tulang pembentuk badan (os truncus), tulang anggota gerak (extremitas).

a) Tulang Tengkorak (Os Cepal)
Tengkorak tersusun dari tulang-tulang pipih yang saling bersambung sehingga membentuk tempurung tengkorak. Tulang tengkorak memiliki fungsi untuk melindungi organ-organ yang bersifat lunak dan sangat penting yaitu bola mata dan otak.  Rangka penyusun tengkorak dapat di bagi menjadi 2 macam yaitu bagian kepala  dan bagian wajah. Pada tengkorak bagian kepala terdiri dari tulang dahi, ubun-ubun, pelipis,tapis, baji dan tulang kepala belakang. Sedangkan pada bagian wajah terdiri dari tulang rahang atas, rahang bawah, pipi, hidung, pangkal lidah dan tulang langit-langit.

Baca Juga : Cara Menjaga Kesehatan Sumsum Tulang Belakang

b) Tulang Pembentuk Badan (Os Truncus)
Tulang badan berfungsi melindungi organ-organ penting, yaitu paru-paru, hati dan jantung. Tulang pembentuk badan terdiri atas : 1) tulang belakang (tulang leher, punggung, pinggang, kelangkangan dan ekor), 2) tulang dada (tulang hulu, badan dan tulang taju pedang), 3) tulang rusuk (rusuk sejati, rusuk melayang dan rusuk palsu), 4) tulang bahu (tulang belikat dan tulang selangka) dan 5) tulang panggul (tulang usus, tulang duduk dan tulang kemaluan).

c) Tulang Anggota Gerak (Extremitas)
Pada anggota gerak manusia terdiri dari 2 bagian, yaitu 1) tulang anggota gerak atas (tulang lengan atas, tulang hasta, tulang pengumpil, tulang pergelangan tangan, tulang telapak tangan dan tulang ruas-ruas jari tangan) dan 2) tulang gerak bawah (tulang paha, tulang tempurung lutut, tulang kering, tulang betis, tulang pergelangan kaki, tulang telapak kaki dan tulang ruas-ruas jari kaki).

3. Jenis-Jenis Tulang Manusia

Berdasarkan jenis sel, tulang dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu tulang rawan (kartilago) dan tulang sejati (osteon).

a) Tulang Rawan (Kartilago)
Tulang rawan adalah tulang yang banyak mengandung zat kapur dan perekat. Tulang rawan terdiri dari sel tulang rawan muda dan sel tulang rawan dewasa. Tulang rawan terbagi menjadi tiga macam, yaitu tulang rawan hialin, tulang rawan elastik dan tulang rawan fibrosa. Contohnya hidung, telinga dan persendian tulang belakang.

Baca Juga : Kelainan dan Penyakit Tulang Pada Manusia

b) Tulang Sejati (Osteon)
Tulang sejati bersifat keras dan kaku, sehingga semakin tinggi usia seseorang maka tulangnya semakin keras, kuat namun mudah patah. Pada tulang sejati terdapat sel tulang sejati muda (osteoblas), sel tulang sejati muda tumbuh menjadi sel tulang sejati dewasa (osteosit). Dari sel osteosit tumbuh serabut protein yang disebut dengan kolagen.

Susunan Tulang Manusia

Taukah anda bahwa tulang tersusun atas sel-sel tulang? jaringan sel-sel tulang berbentuk lapisan sehingga pada bagian tengah tulang berupa seperti lorong yang disebut Havers. Di dalam saluran tersebut terdapat pembuluh kapiler dan saraf. Dari pembuluh kapiler darah sel-sel tulang mendapatkan atau memperoleh oksigen dan zat makanan.

Nah, itu tadi pengertian dan macam-macam tulang manusia. Dari artikel ini Anda sudah tau bukan bahwa rangka manusia terdiri dari beberapa bentuk tulang yang berbeda-beda. Semoga dari informasi ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel