-->

4 Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Kesehatan Otot

Tahukah Anda mengapa manusia dapat bergerak? Otot merupakan bagian tubuh yang ikut berperan dalam sistem gerak. Tulang adalah Tempat melekatnya otot-otot, dengan adanya kerja sama antara otot dan tulang membuat manusia dapat bergerak dan beraktivitas. Dengan memiliki otot yang kuat dan sehat, maka metabolisme tubuh dapat berjalan dengan baik. Otot dapat mengalami kerusakan akibat kebiasaan yang sering Anda lakukan.

4 Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Kesehatan Otot

Gejala orang yang mengalami gangguan otot yaitu timbul rasa nyeri dan pegal. Otot yang telah rusak harus segera diperbaiki dengan tidur yang cukup dan konsumsi makanan yang berkhasiat dapat memperbaiki jaringan otot. Agar otot Anda tetap sehat dan kuat, sebaiknya hindari kebiasaan berikut ini.

Kebiasaan Yang Dapat Mengganggu Kesehatan Otot

1. Terlalu Lama Berlatih

Ketika Anda berlatih dengan waktu yang cukup lama dan terlalu sering dilakukan maka ini termasuk penyebab terjadinya kerusakan pada otot. Energi yang dikeluarkan oleh tubuh akan cepat habis, begitu pula energi yang tersimpan pada otot-otot. Kerusakan pada otot tentu akan mengganggu kesehatan sehingga dibutuhkan langkah perbaikan agar serat otot dapat kembali pulih.

Baca Juga : Pengertian, Fungsi, Ciri-Ciri, Macam-Macam dan Mekanisme Kerja Otot

Konsumsi makanan yang dapat memperbaiki jaringan otot dengan cepat dan beristirahat secukupnya. Waktu perbaikan otot agar kembali pulih sulit untuk diperkirakan, karena hal itu tergantung dari seberapa besar kerusakan jaringan otot itu sendiri.

2. Tidak Pernah Berolahraga

Orang yang jarang berolahraga mudah sekali mengalami gangguan kesehatan. Jadwal pekerjaan dan kegiatan yang memakan banyak waktu membuat sebagian orang enggan untuk berolahraga . Aktivitas yang tidak banyak dilakukan oleh tubuh membuat keringat tidak keluar dan metabolisme tubuh menjadi terhambat. Luangkan waktu libur Anda untuk berolahraga paling lama 30 menit, Anda dapat melakukan berbagai jenis olahraga yang Anda sukai, seperti sepak bola, badminton, futsal, lari dan lain sebagainya.

3. Pola Makan Yang Kurang Sehat

Menurut pakar kesehatan, pola makan yang kurang sehat dapat mengganggu kesehatan tubuh. Dalam tubuh manusia terdapat berbagai macam organ tubuh yang mempunyai tugasnya masing-masing.  Makanan merupakan faktor utama yang mempengaruhi kesehatan tubuh dan otot, jadi mulai sekarang terapkan kebiasaan pola makan yang sehat dan penuhi kebutuhan lemak harian dengan secukupnya. Perlu Anda tahu bahwa obesitas atau kegemukan dapat memicu terjadinya nyeri otot.

4. Posisi Badan Yang Tidak Benar Saat Mengangkat Barang

Ketika Anda mengangkat barang dengan posisi tubuh yang kurang tepat membuat badan mendapat tekanan yang cukup besar. Tulang punggung dan pinggul adalah daerah yang sering mengalami cedera, sebaiknya hentikan mengangkat/mengambil barang dengan posisi badan membungkuk. Gunakan bantuan otot kaki untuk meringankan proses pengangkatan barang dan hal ini guna mencegah terjadinya cedera pada otot.

Baca Juga : Cara Menjaga Kesehatan Otot Agar Terhindar Dari Nyeri dan Pegal

Ada banyak kebiasaan hidup sehari-hari yang dapat mengganggu kesehatan, mengubah kebiasaan yang buruk memang tidaklah mudah. Akan tetapi, jika Anda selalu berusaha dan berniat untuk mengubah kebiasaan tersebut menjadi lebih baik, tentu Anda akan mudah untuk melakukannya. Semoga bermanfaat dan salam sehat . . .

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel