-->

Cara Menjaga Kesehatan Tulang Manusia Dengan Mudah Agar Selalu Kuat

Bagaimana cara menjaga kesehatan tulang? Pertanyaan seperti ini sering kali kita pikirkan dalam kehidupan kita. Anda  dapat bergerak dengan mudah ke sana ke mari karena adanya tulang dan otot yang saling bekerja sama untuk melakukan gerakan tersebut. Tulang berfungsi sebagai tempat penopang tubuh dan tempat melekat otot serta daging. Oleh karena itu, menjaga kesehatan tulang merupakan suatu hal yang sangat penting.

Cara Menjaga Kesehatan Tulang Manusia Dengan Mudah Agar Selalu Kuat

Manusia yang tidak bisa menjaga kesehatan tulang dengan baik akan berakibat fatal untuk masa yang akan datang, usia manusia yang semakin tua akan menurun daya kekebalan tubuhnya sehingga orang yang sudah tua mudah sekali terserang berbagai macam penyakit termasuk gangguan pada tulang. Penyakit dan gangguan tulang yang sering dialami / menyerang manusia adalah Osteoporosis, patah tulang, keseleo, kangker tulang, pegal-pegal dan sebagainya.

Cara menjaga kesehatan tulang, otot dan sendi sangat berpengaruh pada gaya hidup yang sering Anda lakukan. Apabila Anda mampu membiasakan hidup sehat dengan banyak melakukan aktivitas, konsumsi makanan sehat dan olahraga dengan teratur, akan membuat tulang Anda menjadi selalu sehat dan kuat.

Sebenarnya banyak cara mudah memelihara dan menjaga kesehatan tulang yang bisa diterapkan atau dilakukan tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Yang harus anda lakukan hanyalah konsisten dan niat dalam hati dengan sungguh-sungguh untuk menjaga kesehatan tulang. Kali ini saya akan berbagi artikel cara menjaga kesehatan tulang yang dapat anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari, berikut penjelasannya.

12 Cara Menjaga Kesehatan Tulang Manusia

1. Pola Makan Yang Sehat

Makanan yang sehat merupakan makanan yang memiliki pengaruh besar dalam kesehatan manusia seperti kesehatan pada pencernaan, tulang dan tidak terlalu banyak lemak. Namun terkadang banyak orang yang kurang memperhatikan jenis bahan makanan yang digunakan dalam membuat sebuah makanan. Yang dimaksud jenis bahan makanan yaitu pemanis buatan dan pengawet buatan yang justru dapat membahayakan kesehatan. Jenis minuman yang menurunkan kesehatan tulang adalah minuman yang mengandung soda.

Baca Juga : Cara Menjaga Kesehatan Organ Pencernaan Pada Manusia

2. Kebutuhan Vitamin D Harus Dicukupi

Vitamin D memiliki manfaat yang sangat besar untuk pertumbuhan tulang dan menjaga kesehatan tulang. Dalam proses pertumbuhan pada anak, kebutuhan vitamin D harus tercukupi agar anak dapat tumbuh dengan sangat baik. Untuk mendapatkan vitamin D secara alami, anda dapat mengkonsumsi sayuran hijau dan dibarengi dengan minum susu. Dalam kandungan susu terdapat banyak manfaat yang bagus untuk kesehatan tulang, seperti protein, fosfor, kalium dan kalsium.

3. Menghilangkan Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh orang-orang adalah posisi duduk yang tidak benar dan perbuatan yang dapat menurunkan fungsi tulang. Cara duduk yang tidak benar dapat menyebabkan orang mudah terkena gangguan dan penyakit tulang, seperti lordosis, kifosis dan skoliosis. Posisi duduk yang salah adalah badan lebih sering condong ke kiri dan ke kanan serta membungkuk ke depan. Posisi duduk yang benar perlu diajarkan kepada anak-anak yang masih dalam pertumbuhan, supaya saat tumbuh dewasa tidak mengalami gangguan tulang.

4. Olahraga

Olahraga dapat Anda terapkan setiap hari atau satu minggu berapa kali, ini tergantung dari minat Anda untuk olahraga. Dengan olahraga dapat membuat peredaran darah dalam tubuh menjadi lancar, keluarnya keringat, otot menjadi kencang dan kuat, dan membuat tulang menjadi lebih sehat. Gerakan-gerakan yang dilakukan saat olahraga sangat bagus untuk memelihara kepadatan dan kekuatan tulang.

5. Penggunaan Pengaman Saat Olahraga

Setiap orang memiliki hobi olahraga yang berbeda-beda, untuk jenis olahraga yang menggunakan kekuatan besar dan rentang terjadinya cedera pada tulang, sebaiknya gunakan pengaman yang lengkap untuk mencegah terjadinya cedera tulang. sayang terhadap diri sendiri memang hal yang wajib anda penuhi karena cedera pada tulang sulit untuk di sembuhkan dan membutuhkan jangka waktu yang tidak sebentar untuk memperbaikinya kembali.

Baca Juga : Kelainan dan Penyakit Tulang Pada Manusia

6. Berjemur Di Bawah Sinar Matahari

Biasakan bangun pagi dan persiapkan diri Anda untuk berjemur di pagi hari, karena di waktu tersebut memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh. Dengan memanfaatkan sinar matahari di pagi hari dapat membuat tulang anda menjadi sehat, hal ini disebabkan terjadinya pengaktifan provitamin D berubah menjadi vitamin D yang terjadi di kulit.

7. Posisi Tidur Harus Selalu Diperhatikan

Keadaan tulang yang perlu anda perhatikan saat tidur yaitu tulang belakang. Alas tidur yang Anda gunakan juga mempengaruhi kesehatan dan posisi tulang belakang, gunakan kasur yang tidak terlalu empuk yang terpenting membuat nyaman di badan Anda. Kasur yang terlalu empuk dapat membuat dan menyebabkan lekukan tulang belakang menjadi berubah. Supaya tidur anda menjadi nyaman dan sehat, sebaiknya posisi badan terlentang atau miring ke kanan.

8. Perbanyak Kebiasaan Berjalan Kaki

Berjalan kaki banyak memiliki manfaat bagi kesehatan seperti jantung dan tulang. Berjalan dengan jarak minimal 1-2 kilometer setiap hari dapat membuat kepadatan tulang menjadi membaik dan kekuatan otot menjadi kuat. Anda juga dapat melakukan aktivitas lainnya untuk meningkatkan kesehatan tulang, otot dan sendi. Misalkan bersepeda, naik tangga dan angkat beban dengan berat sewajarnya.

9. Hindari Melompat Dari Ketinggian

Melompat dari ketinggian tanpa menggunakan alat bantu dan pengaman dapat membahayakan kesehatan Anda, terutama pada kesehatan tulang kaki dan lutut. Kejutan keras yang di terima oleh tulang saat Anda melompat bisa saja keseleo dan lebih parahnya lagi terjadi cedera patah tulang. jika ingin menjaga kesehatan tulang agar selalu sehat dan kuat sebaiknya Anda hilangkan kebiasaan melompat dari ketinggian.

10. Konsumsi Makanan Yang Mengandung Kalsium

Cara menjaga kesehatan Tulang agar selalu sehat dan kokoh yaitu dengan memenuhi kebutuhan yang diperlukan oleh tulang. Salah satunya kalsium, Anda dapat memenuhi kebutuhan kalsium dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan, seperti sayuran, keju, susu, buah-buahan dan susu kedelai.  Carilah jenis makanan yang mudah Anda dapatkan untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda.

11. Mengkonsumsi Suplemen Kesehatan Tulang

Selain melakukan gaya hidup sehat, Anda juga dapat menerapkan cara menjaga kesehatan tulang dengan bantuan mengkonsumsi suplemen kesehatan tulang. Di dalam suplemen tersebut mengandung kaslium yang dapat meningkatkan kesehatan tulang Anda. Cara ini bisa dikatakan cara yang instan dalam merawat kesehatan tulang Anda.

Baca Juga : Cara Menjaga Kesehatan Sumsum Tulang Belakang dan Punggung

12. Hindari Membawa Barang Dengan Beban Yang Terlalu Berat

Saat anda membawa barang dengan beban yang cukup berat dapat membahayakan kondisi tulang dan menurunkan kesehatan tulang. Begitu juga ketika Anda membawa barang dan meletakkannya di bahu, hal ini justru dapat merubah posisi tulang belakang sehingga postur tubuh Anda menjadi berubah. Sebaiknya yang perlu anda lakukan saat membawa barang dengan beban berat adalah gunakan alat bantuan, seperti gerobak, mobil atau metode lainnya.

Dari artikel cara menjaga kesehatan tulang di atas, semoga dapat membantu anda untuk menemukan informasi seputar kesehatan tulang. Anda dapat menerapkan dari beberapa cara di atas untuk menjaga kesehatan tulang Anda agar selalu kuat dan kokoh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel