-->

Cara Menjaga Kesehatan Sumsum Tulang Belakang dan Punggung Dengan Benar

Tulang belakang merupakan tulang penyangga/penopang tubuh manusia yang pada bagian ini terdapat berbagai macam jaringan syaraf yang menghubungkan pada bagian otak dan organ-organ tubuh lainnya. Tulang belakang diikat oleh ligamen dan otot-otot pembentuk postur tubuh. Selain itu tulang belakang memiliki 33 (tiga puluh tiga) ruas tulang yang bentuknya memanjang dari tulang leher hingga tulang ekor. Tulang ini berfungsi untuk menjaga/melindungi sumsum tulang belakang.

Gangguan dan kelainan yang sering terjadi pada tulang belakang diakibatkan karena adanya kegiatan tubuh yang tidak benar serta gaya hidup yang kurang sehat. Tidak hanya itu, gangguan yang terjadi pada tulang belakang juga dapat membuat fungsi organ-organ tubuh yang lain dapat terganggu, hal ini disebabkan karena adanya jaringan syaraf di bagian tulang belakang yang mengalami gangguan.

Cara Menjaga Kesehatan Sumsum Tulang Belakang dan Punggung Dengan Benar

Sumsum tulang belakang merupakan syaraf yang bentuknya tipis dan berfungsi sebagai penghubung/perantara pemasukan rangsangan antara otak dan periferi serta mengatur gerakan refleks, seperti gerakan pada mata dan lain-lain. Terus Bagaimanakah cara/tips memelihara kesehatan sumsum tulang belakang? Berikut ulasannya.

Cara Memelihara Kesehatan Tulang Belakang

1. Menjaga Berat Badan Yang Seimbang

Tulang berfungsi untuk menopang berat tubuh, jadi apabila Anda memiliki berat badan yang tidak wajar atau terlalu gemuk maka hal ini dapat menjadi beban berat yang di terima oleh tulang dan sendi. Membawa beban berat yang di letakkan di bagian bahu juga akan membahayakan tulang belakang dan sendi serta dikawatirkan adanya syaraf terjepit. Beban berat yang di terima bahu akan berakibat badan akan condong miring ke kiri atau ke kanan, apabila ini diteruskan akan membuat postur tubuh Anda menjadi berubah.

Baca Juga : Kelainan dan Penyakit Tulang Pada Manusia

2. Mengkonsumsi Makanan Yang Sehat

Kebanyakan orang salah mengartikan bahwa makanan yang sehat adalah makanan yang bisa membuat perut kenyang. Sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak dan hindari makanan yang menyebabkan gula darah dalam tubuh menjadi naik. Salah satu makanan/minuman yang dapat membuat tulang sehat adalah minum susu sapi karena mengandung kalsium, mineral dan vitamin D. selain itu anda juga dapat mengkonsumsi vitamin untuk sumsum tulang belakang agar menjadi lebih sehat.

3. Membiasakan Duduk Dengan Posisi Yang Benar

Posisi duduk yang benar adalah posisi badan yang tidak membungkuk ke depan, belakang, ke kiri atau ke kanan. Tempelkan seluruh bagian punggung ke kursi atau dinding dengan lurus dan jangan biarkan posisi kaki menggantung/tidak bersentuhan dengan lantai. Manusia dengan posisi duduknya yang salah rentang sekali terkena gangguan tulang belakang seperti kifosis, lordosis dan skoliosis. Gangguan ini akan membuat syaraf-syaraf di bagian sumsum tulang belakang menjadi terganggu.

4. Membiasakan Tidur Dengan Posisi Yang Benar

Untuk menjaga posisi tulang belakang agar tidak berubah saat sedang tidur adalah apabila posisi tertidur dengan tubuh dalam keadaan terlentang gunakan bantal yang tidak terlalu tinggi pada bagian kepala dan letakkan bantal guling/bantal berukuran kecil pada bagian bawah lutut. Sedangkan untuk posisi tidur menyamping/miring gunakan bantal kecil dan letakkan pada bagian depan perut dan tungkai bagian atas serta lutut sedikit ditekuk.

5. Memeriksa Ke Dokter

Untuk mengetahui kesehatan mengenai sumsum tulang belakang, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan atau berkonsultasi dengan dokter spesialis. Karena pada umumnya semakin tinggi usia seseorang maka kesehatannya semakin menurun. Dengan berkonsultasi dengan dokter, Anda akan diberikan saran atau langkah yang tepat untuk menjaga kesehatan sumsum tulang belakang.

Baca Juga : Cara Menjaga Kesehatan Organ Pencernaan

6. Berolahraga

Orang yang sehat identik dengan aktifitasnya yang selalu mengeluarkan keringat. Olahraga termasuk cara yang paling umum dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, karena dengan berolahraga peredaran darah menjadi lancar, berkurangnya lemak dalam tubuh dan menyehatkan tulang. Orang yang sering berjemur di bawah sinar matahari pada waktu pagi hari juga dapat menyehatkan tulang.

Itulah cara atau tips yang digunakan untuk menjaga kesehatan tulang belakang dan sumsum tulang belakang. Semoga informasi yang singkat ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel