-->

15 Kebiasaan/Aktivitas Manusia Yang Dapat Mengganggu Kesehatan Tubuh

Kesehatan adalah keadaan tubuh manusia yang selalu merasakan kesejahteraan badan sehingga dapat menjalankan segala aktivitas sehari-hari. Setiap manusia selalu menginginkan agar tubuh selalu sehat dan fit, banyak cara yang dilakukan agar badan selalu sehat dan bugar dengan olahraga dan bergaya hidup sehat. Namun banyak kebiasaan / perilaku hidup yang tanpa anda sadari dapat mengganggu kesehatan tubuh.

15 Kebiasaan Manusia Yang Dapat Mengganggu Kesehatan Tubuh

Kesehatan merupakan anugerah yang Tuhan berikan. Oleh sebab itu,  Anda wajib memelihara kesehatan tubuh dengan sebaik-baiknya. Gangguan kesehatan yang dialami oleh seseorang biasanya karena diakibatkan oleh beberapa faktor, yaitu: kurangnya olahraga, kebersihan makanan, adanya aktivitas yang terlalu banyak menguras tenaga sehingga kondisi badan mengalami kelelahan yang cukup parah, dan lain sebagainya.  Berikut kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan tubuh manusia sehingga menimbulkan penyakit baik dalam jangka waktu yang pendek maupun jangka waktu yang lama.

Kebiasaan Buruk Yang Mengganggu Kesehatan

1. Pola Makan Yang Kurang Sehat

Taukah Anda bahwa pola makan yang kurang sehat dapat mengganggu kesehatan? Seseorang bisa saja mengkonsumsi makanan dalam sehari lebih dari 3 kali porsi makan pada umumnya. Dengan demikian orang akan mudah terserang obesitas / kegemukan yang dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit seperti kolesterol dan diabetes. Hindari makanan yang berminyak dan terapkan pola makan empat sehat lima sempurna.

Makanan sangat erat hubungannya dengan sistem pencernaan, jadi usahakan apa yang Anda makan selalu memperhatikan kebersihan makanan dan gizi yang ada di dalam makanan tersebut. Cukupi kebutuhan makanan yang berserat, air, sayuran, dan buah-buahan untuk menjaga kesehatan organ-organ pencernaan.

2. Terlalu Sering Minum-Minuman Mengandung Soda

Kebiasaan manusia yang kurang teliti dalam mengkonsumsi makanan yaitu kurangnya pemahaman mengenai bahan / jenis yang digunakan untuk membuat sebuah makanan. Ada sejumlah bahan makanan yang justru dapat membahayakan bagi kesehatan manusia jika sering di konsumsi setiap harinya, seperti bahan pemanis buatan, pengawet buatan dan mengandung soda. Minuman yang di dalamnya terdapat kandungan soda dapat membuat sistem pencernaan mengalami kerusakan termasuk juga pada bagian organ ginjal.


Aturan dalam mengkonsumsi jenis makanan, memang boleh-boleh saja. Tapi jangan terlalu sering di konsumsi atau seolah-olah menjadi makanan pokok yang setiap hari harus dimakan. Hindari penyesalan yang diakibatkan karena kebiasaan buruk Anda, pikirkan kesehatan untuk masa yang akan mendatang.

3. Makan Tidak Tepat Waktu

Pernahkah Anda mendengar kabar / berita orang yang terkena penyakit maag? Salah satu penyebabnya yaitu makan tidak tepat waktu. Kesibukan pekerjaan dan aktivitas yang terlalu sibuk menjadi penyumbang diposisi pertama orang mudah terserang penyakit maag. kondisi lambung yang kosong akan membuat asam lambung meningkat sehingga akan terjadinya iritasi / peradangan pada dinding lambung. Tidak hanya itu, tanpa adanya makanan yang dapat dicerna oleh tubuh , maka kondisi tubuh akan mengalami penurunan karena  tidak ada energi dari makanan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Untuk mengatasi hal tersebut, anda dapat membawa bekal makanan dari rumah ketika akan pergi bekerja atau sekolah. Ini untuk antisipasi jika anda tidak ada waktu untuk mencari makanan karena pekerjaan yang sibuk.

4. Tidak Menggosok Gigi

Kebiasaan buruk yang satu ini tidak hanya menyerang pada anak-anak saja, namun juga orang dewasa. Gigi yang sudah lama tidak dibersihkan akan berdampak buruk pada kesehatan anda, makanan yang tersangkut di sela-sela gigi akan menjadi plak-plak yang berwarna kuning sehingga email gigi tertutup. Nah, jika itu terus dibiarkan lama-lama gigi akan menjadi keropos dan berlubang. Gigi yang berlubang akan memudahkan bakteri menyerang pembuluh darah.

Gigi yang berlubang memungkinkan orang dapat terserang penyakit jantung. Ini disebabkan bakteri di gigi masuk melalui pembuluh  darah dan sampai ke area jantung. Untuk mengatasinya, marilah membiasakan diri untuk menggosok gigi minimal 3 kali sehari.

5. Tidur Di Padi Hari

Pagi hari adalah waktu yang digunakan oleh orang untuk olahraga atau menjalankan aktivitas / kegiatan setiap harinya. Di waktu ini, tubuh telah beroperasi kembali setelah beristirahat di malam hari. Namun bagaimana jika waktu pagi digunakan untuk tidur? Ini merupakan kebiasaan buruk yang mengganggu kesehatan tubuh, karena waktu yang harusnya digunakan untuk beraktivitas malah disalahgunakan untuk tidur. Tubuh juga perlu untuk bergerak, supaya peredaran darah menjadi lancar dan organ-organ tubuh dapat bekerja dengan baik.

6. Memencet Jerawat

Kebiasaan ini sering terjadi pada masa-masa orang yang sudah mengalami pubertas / masa remaja. Jerawat muncul karena muka yang mengandung minyak yang berlebih,  terkena debu, dan pola makan yang tidak sehat. Dalam memencet jerawat tidak boleh sembarangan, karena di area wajah terdapat banyak pembuluh darah. Memencet jerawat dengan metode yang salah dapat merusak jaringan yang ada di wajah, apa lagi jika tangan yang digunakan terdapat bakteri yang terdapat di sela-sela kuku. Bakteri akan mudah masuk melalui lubang jerawat dan ini bisa memperburuk kondisi wajah Anda.

7. Kurang Olahraga

Kepadatan aktivitas dan kesibukan kerja membuat orang tidak memiliki waktu untuk berolahraga. Kurangnya olahraga membuat organ-organ dalam tubuh tidak bisa bekerja secara optimal. Padahal tubuh perlu untuk selalu bergerak dan mengeluarkan keringat, karena hal ini banyak orang yang mudah terserang penyakit.

8. Kurangnya Kebutuhan Air

Air memiliki peranan yang sangat penting dalam tubuh manusia. Orang yang mengalami kekurangan air disebut dehidrasi. Kurangnya asupan air dapat mengganggu kesehatan manusia yaitu masalah yang akan terjadi di sistem pencernaan karena fases bisa saja mengeras dan terjadi sembelit, masalah pada organ penyaringan / ginjal, dan kurangnya fokus dalam berpikir. Lebih baik Anda mencegah hal tersebut sebelum penyesalan akan datang di akhir cerita, cukupi kebutuhan air minimal 2 liter / 8 gelas per hari.

9. Bergadang

Bergadang merupakan kebiasaan yang sering dilakukan oleh orang yang masih remaja dan dewasa. Bergadang dapat membuat porsi tidur menjadi lebih sedikit, padahal tubuh sangat perlu untuk beristirahat supaya organ-organ dalam tubuh mampu meregenerasi ulang. Mencukupi kebutuhan tidur dengan baik  akan membuat badan merasakan lebih segar dan bugar setelah bangun dari tidur.

10. Penggunaan Handphone Yang Terlalu Lama

Penggunaan handphone yang berlebihan akan membuat kesehatan tubuh menjadi terganggu dan terbengkalainya segala aktivitas. Handphone memiliki gelombang radiasi berbahaya yang dapat membuat kesehatan Anda menurun. Pergunakan handphone sesuai dengan kebutuhan dan letakkan handhone jauh dari organ-organ yang penting. Lebih baik letakkan handphone di dalam tas.


11. Posisi Duduk Yang Tidak Benar

Gangguan dan kelainan pada tulang manusia diakibatkan karena cara duduk yang kurang tepat sehingga tulang bagian belakang berubah. Usahakan saat duduk posisi badan tegap, tidak miring ke kanan ataupun ke kiri, dan kaki harus bersentuhan dengan lantai. Perlu Anda tau, bahwa gangguan yang terjadi pada tulang akan mempengaruhi postur tubuh.


12. Mendengarkan Musik Dengan Suara Yang Keras

Apakah anda senang mendengarkan musik dengan nada yang keras? Frekuensi suara musik yang terlalu keras dapat menurunnya sistem pendengaran. Anda akan sulit mendengar suara yang frekuensinya lebih kecil, karena Anda sudah terbiasa mendengarkan suara yang keras. Jika kebiasaan ini sering dilakukan maka dapat mengakibatkan kerusakan sistem pendengaran.

13. Tidur Dengan Lampu Yang Bersinar Terang

Tidur dengan lampu yang menyala akan mempersulit Anda untuk tidur lebih nyaman dan sehat. Karena berdasarkan penelitian tidur dengan lampu yang menyala dapat membuat menurunnya kadar melatonin dan menurunnya suhu tubuh. Jika Anda sayang dengan kesehatan,  Ubahlah kebiasaan tersebut untuk memulai tidur yang baik demi kesehatan diri sendiri.

14 .Makan Yang Terlalu Terburu-Buru

Ini sebenarnya hal yang sepele dan tidak begitu dihiraukan oleh manusia. Padahal makanan dengan terburu-buru membuat makanan yang masuk ke lambung belum halus dan lembut, sehingga kinerja lambung menjadi lebih berat. Usahakan makan dengan pelan-pelan dan menikmati makanan Anda.

15. Membaca Dengan Jarak Yang Terlalu Dekat

Membaca dengan jarak yang dekat akan mempengaruhi kesehatan organ mata. Jarak yang direkomendasikan untuk menjaga organ mata supaya selalu sehat yaitu membaca dengan jarak 30 cm dari buku yang dibaca. Orang yang sudah mengalami gangguan pada organ mata, biasanya akan menggunakan alat bantu penglihatan seperti kacamata, yang sudah dirancang sesuai dengan gangguan yang terjadi pada organ matanya.


Aset yang paling berharga dan perlu Anda jaga adalah kesehatan, sayangi diri Anda dengan sebaik-baiknya. Ubah pola hidup yang tidak baik menjadi baik, supaya anda tidak menemukan / menemui masalah di masa yang akan datang. Hindari semua kebiasaan/perilaku yang dapat mengganggu kesehatan Anda, apabila kebiasaan buruk tersebut sulit  untuk dihindari maka Anda dapat memulainya dari perilaku yang kecil.

Itulah informasi mengenai kebiasaan / aktivitas manusia yang dapat mengganggu kesehatan tubuh, sebenarnya masih banyak kebiasaan-kebiasaan buruk manusia yang sering kali dilakukan, namun sebagian dari mereka belum mengetahui dampak buruk yang akan terjadi pada kesehatannya. Salam sehat… terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel