-->

10 Kebiasaan Yang Mudah Dilakukan Agar Membuat Tubuh Tetap Sehat dan Bugar

Kesehatan merupakan suatu hal yang selalu ingin didapatkan oleh semua orang. Oleh sebab itu, banyak orang yang mencari cara menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar. Banyak sekali kegiatan yang dapat Anda terapkan untuk membuat badan sehat yaitu dengan berolahraga dan melakukan pola hidup sehat. Ciri-ciri tubuh bugar adalah keadaan tubuh yang selalu merasakan kenyamanan, suhu tubuh selalu stabil, badan terasa lebih ringan dan lain sebagainya.

10 Kebiasaan Yang Mudah Dilakukan Agar Membuat Tubuh Tetap Sehat dan Bugar

Faktor utama untuk badan tetap sehat  yaitu dengan melihat apa yang dimakan, karena badan yang sehat tergantung dari jenis dan bahan makanan yang dikonsumsi. Agar tubuh selalu sehat dan bugar perbanyak konsumsi makanan yang bergizi, buah-buahan, dan sayuran hijau.  Adapun beberapa kebiasaan sederhana yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh serta mudah Anda lakukan di dalam maupun di luar rumah.

Kebiasaan Yang Dapat Membuat Tubuh Sehat

1. Berjalan Kaki

Berjalan kaki adalah cara mudah yang dapat Anda lakukan setiap harinya untuk menjaga kesehatan tubuh. Anda dapat menerapkan kebiasaan ini dengan berjalan kaki minimal sekitar 2 (dua) kilometer per hari. Di bagian telapak kaki terdapat berbagai syaraf organ tubuh. Oleh sebab itu, dengan berjalan kaki akan membuat organ tubuh Anda menjadi lebih sehat. Selain itu juga dapat memperkokoh kepadatan tulang dan menurunkan berat badan.

2. Berjemur Di Pagi Hari

Manfaatkan sinar matahari di pagi hari untuk menjaga kesehatan kulit dan tulang. waktu yang baik untuk berjemur yaitu dari jam 7-9 dan Anda dapat melakukannya selama 15 menit. Tubuh yang terkena sinar matahari akan menghasilkan vitamin D yang digunakan untuk menjaga kesehatan tulang. Jadi mulai sekarang jangan takut dengan sinar matahari pagi, ini semua demi kesehatan tubuh Anda.


3. Hindari Minuman Yang Membuat Hilangnya Kesadaran

Mungkin Anda sudah tau bukan, apa saja minuman yang dapat membuat orang kehilangan kesadaran? Kandungan bahan yang terdapat di minuman tersebut dapat membuat gangguan kesehatan tubuh. Lambung dan ginjal adalah organ tubuh yang sangat mudah sekali terjadi kerusakan akibat minuman yang mengandung soda.

4. Berolahraga

Tidak asing lagi jika olahraga memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh.  Pergerakan tubuh saat berolahraga dapat membantu metabolisme tubuh menjadi lebih baik dan memperlancar peredaran darah. Banyak sekali jenis-jenis olahraga yang dapat Anda lakukan seperti sepak bola, badminton, lari, bola voli, dan lain sebagainya. Untuk Anda yang selalu sibuk bekerja, maka dapat menggunakan waktu libur kerja untuk berolahraga. Jadi mulai sekarang jangan malas untuk berolahraga, karena kesehatan Anda berada di tangan Anda sendiri.

5. Konsumsi Makanan Bergizi

Badan yang selalu sehat didukung dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Makanan yang bergizi dapat Anda peroleh dari susu, sayuran hijau, daging, buah-buahan dan lain sebagainya. Hindari makanan yang memiliki kadar lemak yang terlalu banyak karena dapat menimbulkan kegemukan / obesitas yang justru dapat mengancam kesehatan tubuh Anda.


6. Memakai Masker Hidung

Untuk anda yang keluar rumah menggunakan kendaraan bermotor, sepeda, dan jalan kaki. Sebaiknya menggunakan tutup hidung/masker untuk mengantisipasi debu dan asap kendaraan masuk ke hidung dan mulut. Debu dan asap kendaraan mengandung virus dan bakteri yang dapat mengganggu sistem pernapasan Anda. Oleh sebab itu, selalu sediakan masker penutup hidung di rumah dan anda dapat membelinya di apotek atau minimarket terdekat. Ini semua demi kesehatan organ pernapasan Anda lho,..

7. Hindari Stres

Setiap manusia pasti pernah mengalami stres yang diakibatkan oleh tututan pekerjaan, tugas sekolah, tututan ekonomi keluarga dan permasalahan hidup lainnya. Orang yang terlalu sering mengalami stres akan mudah sekali terserang berbagai macam penyakit. Cara mengatasi stres ialah selalu mampu menghibur diri sendiri dengan bermain game, liburan, jalan-jalan di taman, mendengarkan musik, dan lain sebagainya.

8. Waktu Istirahat Yang Cukup

Pernahkah Anda merasakan tubuh kembali segar dan fres ketika bangun dari tidur? Hal ini dikarenakan tubuh kembali optimal setelah merasakan kelelahan akibat aktivitas yang menguras banyak tenaga. Gunakan waktu istirahat Anda dengan sebaik-baiknya, hindari kebiasaan bergadang karena itu dapat membuat menurunnya kesehatan dan supaya tidur Anda menjadi berkualitas maka jangan minum kopi beberapa jam sebelum tidur karena justru membuat sulit tidur.

9. Tertawa

Tertawa adalah cara yang paling efektif membuat tubuh menjadi lebih sehat, jika anda merasakan kebahagiaan maka ini akan menjadi nilai yang positif untuk tubuh. Tertawa juga dapat menghilangkan stres karena masalah yang sedang Anda hadapi. Menonton video atau membaca cerita lucu dapat membawa diri Anda menjadi terhibur dan ini sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh.


10. Kontrol Emosi

Orang yang temperamental tentu akan mudah sekali marah. Namun, apakah Anda sudah tau bahwa emosi yang berlebihan dapat mengganggu kesehatan? Emosi dapat meningkatkan tekanan darah tinggi maka akan mudah sekali terserang sakit kepala dan serangan jantung/stroke. Jika hal itu tidak ingin terjadi, sebaiknya biasakan diri untuk selalu menjaga emosi dengan tidak mudah terbawa suasana saat menghadapi masalah.

Itulah 10 kebiasaan sederhana yang dapat membuat hidup lebih sehat, Anda dapat menerapkan beberapa kebiasaan di atas yang  mudah Anda lakukan setiap harinya. Menjaga kesehatan tubuh sebenarnya itu mudah, namun kembali ke pada diri Anda sendiri mengenai bagaimana perilaku yang baik untuk hidup Anda agar selalu sehat. Semoga bermanfaat, salam sehat…

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel