-->

Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia

Manusia makan dalam sehari bisa sampai 3 kali bahkan lebih, makanan yang dikonsumsi akan dicerna di dalam tubuh melalui beberapa proses saluran pencernaan yang dimulai dari mulut sampai anus. Makanan yang dikonsumsi tidak bisa langsung dicerna karena tubuh membutuhkan waktu untuk memisahkan zat-zat yang diperlukan oleh tubuh dan membuang zat-zat sisa dari makanan yang sudah tidak diperlukan.

Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia

Organ-organ pencernaan pada manusia meliputi mulut, kerongkongan (esofagus), lambung (ventrikulus), usus halus, usus besar, retrum dan anus.

Proses Pencernaan Makanan Pada Manusia

Proses pencernaan makanan yang terjadi di dalam tubuh manusia dibagi menjadi dua bagian, yaitu pencernaan mekanik dan pencernaan kimia. Pencernaan mekanik berawal dari mulut, sedangkan pencernaan kimia terjadi di dalam tubuh menggunakan bantuan enzim yang dihasilkan dari organ-organ tertentu.

a. Pencernaan Mekanik

Pencernaan ini dilakukan melalui gerakan-gerakan menghancurkan, mengunyah, memompa dan meremas makanan yang terjadi di dalam mulut. Pencernaan mekanik berfungsi untuk mengubah makanan menjadi bentuk yang halus agar mudah dicerna oleh tubuh. Sedangkan gerakan memompa dan mendorong makanan dilakukan supaya memindahkan makanan ke saluran pencernaan berikutnya. Gerakan tersebut dikenal dengan peristaltik.


b. Pencernaan Kimia

Pencernaan makanan secara kimiawi  yaitu menggunakan bahan kimia yang diproduksi oleh saluran cerna yang dikenal dengan enzim. Kemudian enzim yang dihasilkan berfungsi mempercepat terjadinya reaksi kimia dan mempermudah mengubah zat makanan menjadi bahan lain yang lebih sederhana sehingga tubuh mudah untuk menyerap dan mengedarkan oleh darah ke seluruh bagian tubuh. Misalkan karbohidrat di ubah menjadi glukosa dan protein di ubah menjadi asam amino.

Saluran Pencernaan Pada Manusia

1. Mulut

Proses pertama pencernaan pada manusia terjadi di rongga mulut, di dalam mulut terdapat gigi, lidah dan air liur. Gigi berfungsi untuk memotong dan merobek makanan menjadi ukuran yang lebih kecil, lidah berfungsi untuk memindahkan dan mengatur letak makanan selama di dalam mulut dan air liur berfungsi membasahi makanan agar mudah untuk di hancurkan. Setelah makanan sudah di hancurkan maka akan dipindah ke saluran pencernaan berikutnya yaitu kerongkongan.


2. Kerongkongan (esofagus)

Kerongkongan adalah saluran penghubung antara rongga mulut dengan lambung dan saat makanan berada di dalam saluran ini akan didorong menuju lambung dengan gerakan peristaltik. Antara rongga mulut dengan kerongkongan terdapat saluran yang menuju ke tenggorokan (pernapasan) dan kerongkongan, sehingga saat makan tidak di anjurkan untuk tergesa-gesa karena makanan dapat masuk ke dalam tenggorokan dan menimbulkan tersedak. Di ujung saluran kerongkongan terdapat cicin yang akan membuka saat makanan masuk ke lambung dan akan tertutup untuk mencegah makanan agar tidak kembali ke saluran kerongkongan.

3. Lambung (ventrikulus)

Lambung berada dalam rongga perut bagian kiri. Selama makanan berada di dalam lambung akan terjadi pencernaan kimiawi. Pada bagian dinding lambung akan menghasilkan getah bening seperti asam klorida, renin dan pepsin. Dari enzim yang dihasilkan oleh lambung akan mengubah makanan menjadi bentuk yang paling sederhana untuk mempermudah tubuh menyerap sari makanan. Lambung memiliki tiga bagian yaitu bagian kardia (atas), fundos (tengah) dan pilorus (bawah).

4. Usus Halus

Pada saluran usus halus terdiri dari tiga bagian yaitu :

  • Usus dua belas jari (duodenum), di dalam saluran ini terjadi pencampuran makanan dengan cairan empedu serta enzim lainnya.
  • Usus kosong (jejunum)
  • Usus penyerapan (ileum), di dalam usus halus terjadi penyerapan nutrisi dan zat makanan lainnya.

Di dalam usus dua belas jari terdapat tempat bersama dari kantung empedu dan pankreas. Saluran empedu bermanfaat mengemulsikan lemak dan saluran pankreas menghasilkan tiga enzim yaitu Amilase (mengubah zat  tepung menjadi gula ), Tripsin (mengubah protein menjadi asam amino) dan Lipase (mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol).

5. Usus Besar

Setelah makanan diproses di usus halus maka selanjutnya masuk ke saluran usus besar. usus besar berfungsi mengatur jumlah kadar air sisa makanan, apabila kandungan air dalam sisa makanan terlalu berlebihan maka akan diserap oleh usus besar sedangkan jika sisa makanan kekurangan air maka akan ditambah pada usus besar.

Makanan yang tidak diperlukan oleh tubuh akan dibusukan menjadi kotoran oleh bakteri Escherichia coli yang terdapat di usus besar agar lunak dan mudah untuk di keluarkan. Batas antara usus halus dan usus besar adalah Sekum (Usus Buntu) dan pada usus buntu terdapat usus tambahan yaitu Apendiks (umbai cacing). Usus buntu memiliki fungsi untuk mengatur kadar air dan sisa makanan serta tempat pelepasan garam-garam yang berlebihan  oleh darah.

6. Rektrum

Rektrum merupakan bagian akhir pada saluran usus besar dan  panjang rektrum mencapai 15 cm. rektrum bermuara di anus.

7. Anus

Anus adalah lubang pembuangan zat sisa makanan. Anus memiliki dua macam otot, yaitu otot sadar dan otot tak sadar.

Kelenjar Pencernaan Pada Manusia Dan Fungsinya

a. Hati

Hati adalah kelenjar terpenting dan terbesar dalam tubuh. Hati berada di rongga perut bagian kanan dan terdiri atas dua bagian yang besar. Berikut beberapa fungsi hati, yaitu sebagai berikut :

  • Mengatur suhu tubuh
  • Mengatur distribusi makanan
  • Menyimpan darah
  • Menyimpan zat makanan
  • Menghasilkan empedu
  • Membantu metabolisme obat dan menyaring zat-zat racun

b. Pankreas

Pankreas berbentuk memanjang dan menghasilkan getah-getah pankreas. Dalam tubuh manusia pankreas berada di bagian belakang rongga perut dan fungsi utamanya yaitu untuk mengatur kadar gula dalam darah. Dalam pankreas terdapat kelenjar insulin yang menghasilkan hormon insulin, fungsi hormon ini untuk mengubah gula darah (glukosa) menjadi glikogen. Saat mengubah glukosa menjadi glikogen akan menimbulkan kadar gula darah menjadi stabil.

Baca Juga : Cara Menjaga Kesehatan Organ Pencernaan Pada Manusia

Itulah informasi tentang sistem pencernaan makanan pada manusia, organ-organ yang terdapat pada pencernaan dan kelenjar pencernaan.  Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel