-->

Fase Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Manusia

Setiap makhluk hidup pasti akan mengalami tahapan pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada dirinya. Pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran makhluk hidup yang bersifat tidak dapat kembali ke bentuk awal dan pertumbuhan yang terjadi pada makhluk hidup dapat terlihat perubahannya. Sedangkan perkembangan adalah sebuah proses yang terjadi pada manusia menuju kedewasaan, dan tahapan perkembangan pada manusia di mulai dari bayi sampai manula.

Fase Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Manusia

Tahapan Perkembangan dan Pertumbuhan Pada Manusia

Saat manusia berada di dalam kandungan, ia sudah mengalami pertumbuhan sehingga saat lahir sudah memiliki ukuran dan bentuk. Pertumbuhan dan perkembangan pada manusia terjadi secara bertahap, di mulai dari balita, anak-anak, remaja, dewasa dan masa tua.

1. Masa prenatal

Pertumbuhan pada manusia berawal saat terjadinya pembuahan dan menjadi zigot yang terjadi di saluran telur, setelah terjadi pembuahan zigot akan bergerak menuju ke rahim dan terjadi pembelahan dua, empat, delapan dan seterusnya. Sehingga akan membentuk calon bayi.


2. Masa pascanatal

Di masa ini fase pertumbuhan dan perkembangan pada manusia akan terus terjadi dimulai dari masa bayi, anak-anak, remaja, dewasa dan masa tua. Semua pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada manusia dilihat berdasarkan usia, jadi saat usia tertentu manusia akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan secara bertahap.

Tahapan Perkembangan Manusia Berdasarkan Usia

a. Masa Bayi

Di awal masa pertumbuhan dan perkembangan, masa bayi dikelompokan pada anak yang baru lahir sampai umur satu tahun. Perkembangan yang terjadi di masa bayi yaitu ketika umur 3 bulan bayi mulai bisa menopang kepala, umur 6 bulan sudah bisa tengkurap dan menegakkan kepala dan umur 12 bulan sudah mampu merangkak, duduk dengan di topang dan belajar berjalan.

b. Masa Anak-Anak

Masa anak-anak terjadi pada manusia yang memiliki umur satu tahun sampai dengan enam tahun. Dan perkembangan pada masa anak-anak yang terjadi yaitu saat umur 18 bulan sudah mampu berdiri tegak, berjalan serta berlari, umur 2 tahun sudah mulai menaiki dan menuruni tangga namun masih berpegangan , umur 6 tahun terjadi pertumbuhan dan perkembangan otak yang terus meningkat.

c. Masa Remaja

Di masa remaja dikelompokan menjadi tiga tahapan yaitu praremaja (6-10 tahun), remaja dini atau masa pubertas (8-13 tahun untuk anak perempuan dan 10-15 untuk anak laki-laki) dan remaja lanjutan (13-18 tahun untuk anak perempuan dan 15-20 tahun untuk anak laki-laki). Di masa remaja atau masa pubertas akan terjadi banyak perubahan pada tubuh perempuan maupun laki-laki.

Perubahan yang terjadi pada perempuan yaitu terjadinya pada daerah pinggul, berfungsinya organ erkembangbiakan, muncul bulu halus pada bagian tertentu dan lain sebagainya. Sedangkan perubahan yang terjadi pada laki-laki yaitu dada terlihat bidang, tumbuh kumis, perubahan suara, tumbuh jakun, dan  tumbuh bulu halus dibagian tertentu.

d. Masa Dewasa

Di masa ini seseorang akan menikah dan berkeluarga namun pertumbuhan yang terjadi pada manusia mulai berhenti, karena pertumbuhan sudah mencapai puncaknya sehingga cepat atau lambat akan mengalami masa penuaan. Dan penuaan yang terjadi disebabkan menurunnya fungsi organ-organ tubuh. Masa dewasa terbagi menjadi tiga tahapan yaitu dewasa muda (20-40 tahun), dewasa tengah muda (40-65 tahun) dan dewasa tua (65 tahun sampai meninggal).


e. Masa Tua (manula)

Di mana masa ini seseorang akan membatasi aktivitas yang dilakukan setiap harinya, karena masa tua akan ditandai dengan fungsi organ yang sudah mulai menurun sehingga mudah sekali merasa lelah dan lemah. Sedangkan masa tua yang dialami oleh perempuan yaitu berhentinya fungsi organ perkembangbiakan atau dikenal dengan sebutan menopause.

Ciri-Ciri Pertumbuhan Dan Perkembangan Pada Manusia

Pertumbuhan

a. Bertambahnya ukuran tubuh
b. Bertambahnya jumlah sel dalam tubuh
c. Memiliki sifat terbatas
d. Meningkatnya kuantitatif
e. Adanya faktor internal dan eksternal

Perkembangan

a. Meningkatnya kualitatif
b. Mengarah pada kedewasaan
c. Tidak bisa dinyatakan dengan angka
d. Memiliki sifat sistematis

Itulah informasi seputar tahapan pertumbuhan dan perkembangan pada manusia, tahapan pertumbuhan dan perkembangan manusia berdasarkan usia dan ciri-ciri pertumbuhan dan perkembangan pada manusia. Informasi yang sudah di ringkas sehingga memudahkan Anda dengan cepat memahami isi dari artikel ini, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel