-->

Pentingnya Suatu Sistem Pemerintahan Dalam Sebuah Negara

nuroehi.com - Pengertian pemerintah adalah suatu organisasi yang mempunyai kekuasaan untuk membuat peraturan atau hukum di wilayah tersebut. Keberadaan sistem pemerintahan dalam suatu Negara memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan rakyatnya, karena adanya pemerintah akan membuat masyarakat di wilayah tersebut memiliki tujuan yang akan membawa pada perdamaian dan kesejahteraan untuk rakyatnya. Oleh karena itu pemerintahan dalam suatu Negara sangat penting.
 
Pentingnya Suatu Sistem Pemerintahan Dalam Sebuah Negara

Pemerintahan memiliki makna yang sangat penting dalam suatu Negara, karena pemerintahan mempunyai kedaulatan serta kekuasaan tertinggi. Kedaulatan dan kekuasaan yang dimiliki pemerintah memiliki tujuan yang mengedepankan rakyatnya seperti dalam meningkatkan kesejahteraan dan kerukunan.

Makna kedaulatan suatu Negara yaitu antara lain :

  1. Kekuasaan yang sah dari suatu Negara / wilayah Negara
  2. Kekuasaan suatu Negara harus dihormati oleh setiap Negara
  3. Upaya dalam mewujudkan suatu kehidupan yang lebih baik bagi setiap rakyatnya

Mengapa Harus Ada Pemerintahan Dalam Suatu Negara?

Pemerintah memiliki kedaulatan ke luar dan  dalam. Untuk kedaulatan ke dalam yaitu suatu kekuasaan tertinggi dalam mengatur kehidupan Negara dan harus dihormati oleh warga negaranya sedangkan kedaulatan ke luar yaitu kekuasaan untuk di hormati oleh Negara lain, menjaga keutuhan wilayah dan mempertahankan kemerdekaan dari serangan Negara lain. Oleh karena itu hal ini menjadi salah satu tujuan mengapa harus ada pemerintah dalam suatu Negara.

Pentingnya Pemerintah Suatu Negara Dalam Berbagai Bidang

Suatu Negara yang beraneka ragam seperti Negara Indonesia dengan  jumlah penduduk yang banyak, suku, budaya, adat istiadat, agama yang menjadi ciri khas Negara Indonesia. Pentingnya pemerintah dalam kehidupan rakyatnya dapat dilihat dari berbagai bidang kehidupan, antara lain :

Baca Juga : 8 Perbedaan Orang Yang Berpendidikan Dengan Yang Tidak Berpendidikan

  1. Bidang keagamaan, suatu Negara yang rakyatnya menganut agama yang berbeda-beda (islam, Kristen, hindu, budha, dan lain-lain) tentu memiliki pendapat dan kebiasaan yang di lakukan oleh warga yang berbeda agama. Oleh karena itu pemerintah berguna untuk membina kerukunan hidup antar umat beragama agar menjadi suatu Negara yang damai.
  2. Bidang ekonomi, keberadaan pemerintah dalam suatu Negara akan selalu mengupayakan kesejahteraan rakyatnya. Contohnya memenuhi ketersediaan bahan kebutuhan pokok, peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat, selalu berupaya mengurangi angka kemiskinan dan sebagainya.
  3. Bidang politik, rakyat memiliki hak yang tinggi dalam memilih orang-orang yang di amanatkan untuk membangun suatu Negara menjadi lebih baik. Oleh karena itu pemerintah membina kehidupan politik rakyat dengan mengadakan pemilihan umum.
  4. Bidang pertahanan dan keamanan, pemerintah memiliki peran yang sangat penting dalam melindungi setiap warganya dan mempertahankan keutuhan wilayah dari serangan serta gangguan dari dalam maupun luar Negara. Untuk menjaga keamanan Negara supaya lebih kuat maka suatu Negara salah satunya Indonesia bergabung dalam anggota PBB (sebuah organisasi perdamaian dunia).
  5. Bidang hukum, dalam menjaga keamanan dan perdamaian suatu Negara maka pemerintah akan menindak dengan tegas bagi warga yang melanggar hukum melalui aparat penegak hukum yang ada di Negara tersebut (seperti polisi, jaksa dan hakim). Dan melindungi warganya jika terdapat pelanggaran HAM (hak asasi manusia).
  6. Bidang sosial, pemerintah selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan masyarakat seperti mendirikan sekolah, mendirikan puskesmas dan memberikan bantuan kepada setiap masyarakat yang mengalami bencana alam.
  7. Bidang kebangsaan dan kebudayaan, pemerintah selalu mendorong dan membina masyarakat agar bisa menciptakan kerukunan antar suku bangsa dan membina masing-masing kebudayaan yang ada di daerah supaya terus dilestarikan dan dikenal oleh masyarakat luar.


Hal Yang Harus Dilakukan Sebagai Warga Negara Terhadap Pemerintah

Melihat begitu banyak peran dan tugas yang dilakukan oleh pemerintah dalam mengupayakan peningkatan kerukunan, kesejahteraan dan perdamaian untuk kehidupan rakyatnya, maka sebagai warga Negara yang baik hendaknya selalu memiliki sikap setiap kepada pemerintah, mengutamakan kepentingan bangsa serta Negara di atas kepentingan pribadi maupun golongan, dan tidak merongrong kewibawaan pemerintah.


Itulah ulasan informasi mengenai pentingnya suatu sistem pemerintah dalam suatu Negara, semoga dari artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel