-->

Pengertian, Perbedaan, Unsur-Unsur Cuaca dan Iklim

Pernahkah Anda memperhatikan suatu keadaan wilayah atau daerah tempat tinggal Anda, yang terkadang terjadi kemarau, hujan, panas, dingin dan bahkan di Negara lain ada yang terjadi hujan salju. Dari kejadian-kejadian tersebut membuktikan bahwa itu merupakan salah satu bentuk cuaca. Secara umum cuaca merupakan bagian dari iklim, yang mana ada beberapa perbedaan cuaca dan iklim. Terjadinya cuaca dan iklim di suatu wilayah karena adanya unsur-unsur cuaca dan iklim yang terbentuk.

Pengertian, Perbedaan, Unsur-Unsur Cuaca dan Iklim

Pengertian Cuaca Dan Iklim

Cuaca adalah suatu keadaan udara pada suatu tempat dan waktunya tertentu serta keadaannya bisa berubah-ubah. Sedangkan iklim adalah keadaan cuaca rata-rata di daerah tertentu dan memiliki rentang waktu yang panjang. Contoh cuaca yaitu di Jakarta terjadi hujan yang lebat dan setelah satu jam hujannya berhenti, di Surabaya terjadi angin kencang. Sedangkan contoh iklim yaitu di Negara Indonesia terjadi musim kemarau dan di Negara jepang terjadi hujan salju.

Perbedaan Cuaca Dan Iklim

Perbedaan yang sangat signifikan dari cuaca dan iklim adalah berada pada kondisi tempat dan waktu. Cuaca memiliki keadaan tempat yang tidak luas serta rentang waktunya pendek, sedangkan iklim mempunyai keadaan tempat yang luas dan rentang waktunya panjang atau lama. Berikut beberapa perbedaan cuaca dan iklim, antara lain:

  • Berdasarkan wilayah, cuaca mencakup daerah yang tidak luas serta terbatas, sedangkan iklim mencakup wilayah yang luas.
  • Berdasarkan waktu, cuaca di suatu wilayah atau daerah dapat terjadi beberapa jam atau paling lama sehari, sedangkan iklim terjadi di suatu wilayah dapat terjadi selama beberapa bulan atau tahun.
  • cuaca memiliki ciri-ciri yaitu gampang sekali berubah-ubah, sedangkan iklim tidak mudah untuk berubah-ubah.
  • Cuaca dapat dengan mudah untuk di tebak atau di amati, sedangkan iklim tidak mudah untuk di tebak karena keadaan yang sulit berubah.

Unsur-Unsur Cuaca Dan Iklim

Adapun beberapa unsur-unsur cuaca dan iklim yaitu antara lain suhu udara, kelembaban udara, angin dan curah hujan. Berikut penjelasannya:

1. Suhu Udara

Salah satu contoh suhu udara yang ada Negara Indonesia, mengapa Indonesia di sebut Negara beriklim tropis? Karena Indonesia termasuk daerah yang terletak di sekitar garis khatulistiwa. Suatu daerah atau wilayah yang mendekati atau berada di garis khatulistiwa umumnya memiliki suhu udara yang tinggi. Berbeda dengan suatu daerah yang berada di pegunungan dan berdekatan dengan pesisir pantai, oleh sebab itu wilayah yang ada di Negara Indonesia berbeda-beda.

2. Kelembaban Udara

Kelembaban udara setiap daerah berbeda-beda, hal ini berkaitan dengan curah hujan yang terjadi di wilayah tersebut. Kelembaban udara yaitu jumlah uap air yang terdapat di udara, jadi wilayah yang memiliki curah hujan yang tinggi maka kelembaban serta suhu udaranya pun ikut tinggi. Sedangkan wilayah yang memiliki curah hujan yang rendah maka kelembaban dan suhu udara pun ikut rendah.

3. Angin

Udara yang bergerak di sebut dengan angin, udara akan bergerak dari daerah yang bertekanan besar menuju daerah yang bertekanan kecil. Negara Indonesia memiliki dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan, hal ini bisa terjadi karena adanya Angin Muson. Perbedaan musim yang terjadi di benua Asia dan Australia menimbulkan terjadinya Angin Muson. Angin di Indonesia memiliki beberapa macam angin lokal seperti angin gunung, angin laut, angin lembah dan angin darat. 


4. Curah Hujan

Siklus terjadinya hujan yaitu berawal dari angin yang bergerak melalui laut yang mengandung uap air kemudian angin bergerak ke atas dan membuat uap air menjadi awan. Berdasarkan curah hujan yang terjadi pada setiap bulannya, sehingga ada penggolongan bulan.

  • Bulan basah yaitu apabila curah hujan yang terjadi dalam satu bulan lebih dari 100 mm
  • Bulan lembab yaitu apabila curah hujan yang terjadi dalam satu bulan berkisar 60 sampai 100 mm
  • Bulan kering yaitu apabila curah hujan yang terjadi dalam satu bulan kurang dari 60 mm

Demikian penjelasan mengenai pengertian, perbedaan, unsur-unsur cuaca dan iklim. Dari informasi di atas semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel