-->

Macam Macam Organisasi di Lingkungan Sekolah dan Masyarakat

Pengertian organisasi - Organisasi adalah sebuah kelompok kerja sama yang di bentuk oleh beberapa orang dan mempunyai tujuan bersama. Dalam UUD 1945 pasal 28 dan pasal 28E ayat 3 menyatakan setiap warga Negara memiliki kebebasan untuk mendirikan sebuah organisasi. Mengapa di perlukan organisasi dalam lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat? Karena banyak sekali manfaat berorganisasi seperti meningkatkan hubungan baik antar sesama anggota, memudahkan tercapainya tujuan bersama,  saling menghargai dan mendapatkan pengalaman. Berikut contoh organisasi yang ada di sekolah dan masyarakat.

Macam-Macam Organisasi di Lingkungan Sekolah dan Masyarakat


Contoh Organisasi Yang Ada Di Sekolah

Organisasi yang ada di sekolah di bentuk untuk mengembangkan pengalaman, bakat dan kerja sama antar siswa. Organisasi biasanya ada yang di laksanakan pada pagi hari atau sore hari setelah pulang sekolah, namun secara umum organisasi yang ada di sekolah di lakukan pada saat sore hari. Di setiap organisasi yang ada biasanya terdapat suatu kegiatan yang dikenal dengan ekstrakulikuler. Hal ini bisa menjadi salah satu kegiatan yang baik untuk siswa dan siswi lebih berkembang.

1. OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah)

Organisasi yang beranggota para siswa dan siswi yang bermanfaat melatih ketrampilan, menyalurkan pendapat, kreasi dan melatih tanggung jawab. Organisasi OSIS termasuk organisasi yang paling banyak di minati oleh siswa, selain itu organisasi ini menampung aspirasi dan pendapat warga sekolah. Berbagai macam program juga banyak sekali di bentuk oleh organisasi ini seperti program class meeting, studi banding dan program lainnya. Namun semua program yang di buat perlu ada persetujuan dari guru kepala sekolah, pembina osis, guru-guru dan warga sekolah.

2. PMR (Palang Merah Remaja)

Organisasi ini mengajarkan pada siswa mengenai penanganan keselamatan kepada siswa yang sedang mengalami sakit atau pingsan. Jika ada sebuah acara besar seperti upacara bendera pada hari kemerdekaan maka akan ada anggota PMR yang biasanya akan berdiri di belakang barisan untuk siap siaga menolong siswa yang pingsan untuk di bawa ke UKS dan memberikan penanganan yang baik. Organisasi ini juga sangat memperhatikan dan membantu orang-orang yang sedang mengalami bencana.

3. Pramuka

Pramuka adalah organisasi pemuda yang mengajarkan banyak hal kepada siswa dan siswi. Kepanjangan dari pramuka yaitu Praja Muda Karena yang mengajarkan kemandirian, kedisiplinan, ketrampilan dan lain-lain. Banyak hal yang menyenangkan di dalam organisasi ini, seperti akan mengikuti kemah di tempat yang sudah di tentukan dan banyak sekali lomba-lomba yang akan di ikuti dan anda akan bertemu dengan siswa lain yang berasal dari berbagai sekolah. pasti sangat seru sekali..!

4. Koperasi Sekolah

Koperasi didirikan oleh sekolah dengan meningkatkan kesejahteraan siswa sekolah.  koperasi sekolah adalah sebuah toko sekolah yang menjual peralatan kebutuhan siswa seperti topi, dasi, buku, fotocopy dan peralatan alat tulis. Koperasi sekolah di kelola oleh guru dan siswa.

5. Dokter Kecil

Dokter kecil biasanya terdapat di Sekolah Dasar, organisasi ini bergerak aktif dalam penyuluhan kesehatan yang memiliki tujuan untuk mengembangkan keterampilan siswa untuk berperan aktif dalam program kesehatan. Organisasi ini bekerja sama dengan UKS dan memiliki tujuan yang sama.


6. Komite Sekolah

Sebuah organisasi yang sangat membantu sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Orang yang di tunjuk untuk mengurus komite sekolah bisa berasal dari tokoh masyarakat, tokoh pendidikan dan orang-orang yang sangat peduli dengan pendidikan. Komite sekolah memiliki tugas dalam mengelola sekolah, seperti pembangunan ruangan kelas dan sebagainya.
Contoh Organisasi Yang Ada di Masyarakat

Organisasi yang ada di masyarakat sebenarnya memiliki tujuan yang hampir sama dengan organisasi yang ada di sekolah. Organisasi masyarakat memiliki tujuan agar setiap warga dapat saling bekerja sama dalam meningkatkan keamanan, perdamaian dan kerukunan yang ada di wilayah tersebut. Namun selain dari itu masih banyak  organisasi masyarakat yang memiliki tujuan yang berbeda-beda tergantung dari jenis dan bergerak dalam bidang apa organisasi tersebut.

1. Karang Taruna

Di tempat tinggal anda tentu memiliki organisasi yang satu ini, di mana organisasi karang taruna di bentuk oleh pemuda yang ada di wilayah tersebut. Banyak sekali tujuan dan kegiatan yang terdapat di dalam organisasi ini, seperti mengadakan  lomba pada hari kemerdekaan, gotong royong, membantu orang yang mengadakan hajatan dan sebagainya.

2. Organisasi Keagamaan

Dalam organisasi ini banyak sekali kegiatan yang bernuasa keagamaan, yang memiliki tujuan utama yaitu meningkatkan keimanan dan ketakwaan masyarakat yang ada di wilayah tersebut. Kegiatan yang di lakukan seperti mengadakan kajian rutinitas keagamaan, kegiatan yasinan, kegiatan latihan hadroh dan mengadakan peringatan hari-hari besar keagamaan.


3. LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat)

Sebuah organisasi yang dibentuk dan di kelola oleh masyarakat di wilayah tersebut. Setiap wilayah memiliki bentuk dan bidang kerja yang berbeda karena semua itu tergantung dari masyarakat yang ada di wilayah tersebut. Salah satu contoh yaitu Himpunan Kelompok Tani Indonesia.

4. PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga)

Pembinaan Kesejahteraan Keluarga menjadi salah satu ruang kegiatan yang beranggota ibu-ibu di suatu wilayah. Banyak sekali kegiatan yang dikerjakan dan dilakukan di dalam organisasi ini misalkan kegiatan bantuan atau santunan pada masyarakat yang terkena musibah, kegiatan arisan, tabungan dan pinjaman dan sebagainya.

Begitu banyak macam-macam organisasi yang ada di sekolah dan masyarakat, semua memiliki manfaat yang besar serta tujuan tersendiri. Semasa anda sekolah, organisasi apa yang anda suka serta ikuti dan organisasi apa yang anda suka di masyarakat. Anda dapat berbagi cerita dan pengalaman tentang organisasi yang anda ikuti melalui kolom komentar yang tersedia, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel