-->

Jenis dan Ciri-Ciri Penyimpangan Sosial

Penyimpangan sosial adalah tindakan yang melanggar norma-norma yang ada dalam sistem sosial. penyimpangan sosial yang terjadi biasanya berasal dari cara pergaulan yang salah, bergaul dengan seseorang atau sekelompok orang yang sudah menyimpang tentu akan membawa seseorang untuk ikut melakukan perbuatan atau tindakan yang melanggar norma-norma. Cara mencegah penyimpangan sosial yaitu selalu selektif dalam menganalisa hal-hal yang terjadi di dalam lingkungan masyarakat.

Jenis dan Ciri-Ciri Penyimpangan Sosial

Setiap perilaku penyimpangan sosial yang terjadi, tentu ada faktor-faktor penyebabnya baik faktor yang bersifat internal maupun eksternal. Berikut ini jenis-jenis dan ciri-ciri penyimpangan sosial yaitu sebagai berikut.

Jenis-Jenis Penyimpangan Sosial

1. Pelanggaran

Pelanggaran adalah salah satu jenis penyimpangan sosial yang dilakukan oleh seseorang terhadap orang lain dan melanggar hukum (undang-undang). Berdasarkan tingkat kejahatan, jenis penyimpangan ini dibagi menjadi 2 (dua) bagian, yaitu sebagai berikut :

  1. Pelanggaran Ringan, merupakan suatu tindakan manusia yang merugikan orang lain dengan jumlah yang relatif sedikit. Contohnya mengambil barang milik orang lain tanpa permisi, menyakiti orang lain dan lain sebagainya.
  2. Pelanggaran Berat, merupakan suatu tindakan pelanggaran yang dilakukan seseorang sehingga merugikan orang lain dalam jumlah yang besar bahkan sampai mengancam nyawa. Contohnya yaitu tindakan menghilangkan nyawa orang lain dan korupsi dengan jumlah yang sangat besar.

2. Kenakalan Remaja

Banyak sekali tindakan menyimpang yang dilakukan oleh anak-anak remaja agar mendapatkan pengakuan dan menunjukkan keberadaan mereka dengan melakukan perbuatan-perbuatan yang bersifat negatif. Contohnya kebut-kebutan di jalan raya, ricuh dengan sekolah lain dan mencoret-coret dinding sekolah.


3. Penyalagunaan Obat Terlarang Dan Minuman Penghilang Kesadaran

Selain orang dewasa, pengguna obat-obat terlarang sebagian besar penggunanya adalah anak-anak yang masih remaja. Faktor yang menyebabkan biasanya karena ikut-ikutan, coba-coba dan pergaulan yang salah. Dalam dunia medis obat terlarang digunakan untuk pengobatan, melalui resep dokter dan adanya pengawasan dokter. Penyalagunaan obat-obat terlarang dapat membahayakan kesehatan karena adanya bahan-bahan adiktif yang dapat merusak syaraf pada tubuh manusia.

d. HIV / AIDS

AIDS adalah salah satu jenis penyakit berbahaya yang terjadi karena adanya penurunan daya tahan tubuh yang disebabkan terkena virus HIV. Penyebab orang terinfeksi virus HIV yaitu adanya tindakan menyimpang dan ditularkan melalui hubungan badan, jarum suntik yang terinfeksi virus HIV, darah dan sering berganti-ganti pasangan.


4. Mendapatkan Uang Dengan Cara Yang Salah

Mendapatkan uang dengan cara yang salah merupakan tindakan menyimpang, melanggar undang-undang dan norma-norma agama. Orang yang seperti ini selalu berfikir bagaimana mendapatkan uang dengan cepat tanpa bekerja keras dan ini merupakan perbuatan yang dilakukan oleh orang yang malas.

Ciri-Ciri Penyimpangan Sosial

  • Penyimpangan relative dan mutlak
  • Penyimpangan sosial bersifat adaptif
  • Penyimpangan harus bisa didefinsikan
  • Penyimpangan bisa saja diterima maupun ditolak
  • Adanya norma-norma penghindaran dalam penyimpangan
  • Penyimpangan terhadap budaya nyata

Itulah informasi singkat mengenai jenis-jenis dan ciri-ciri penyimpangan sosial. Sebagai manusia yang cerdas, kita harus bisa lebih selektif dan menganalisa ketika bergaul dengan masyarakat. Hal ini dilakukan agar kita dijauhkan dari perbuatan menyimpang, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel