-->

Cara Menjaga Kesehatan Organ Pencernaan Pada Manusia Agar Selalu Sehat

Mengapa kita harus memelihara kesehatan organ pencernaan? Karena apa bila salah satu organ / alat pencernaan terjadi gangguan maka efek sampingnya akan membuat proses pencernaan akan berjalan kurang baik dan akan berakibat tubuh kekurangan energi. Beberapa penyakit yang sering menyerang sistem pencernaan yaitu diare, maag, ambeien, usus buntu dan sembelit.

Cara Menjaga Kesehatan Organ Pencernaan Pada Manusia Agar Selalu Sehat

Pola makan yang kurang sehat juga dapat membuat sistem pencernaan dapat terganggu, oleh karena itu sebaiknya perlu ada tindakan/langkah yang tepat untuk menjaga kesehatan pencernaan agar selalu fit dan sehat.

Cara Memelihara Kesehatan Alat Pencernaan

Dalam sistem pencernaan yang ada di dalam tubuh manusia ada organ/alat pencernaan yang memiliki tugas / fungsi yang berbeda-beda. Dalam mencerna makanan menjadi fases atau kotoran, tubuh membutuhkan waktu yang sedikit lama untuk mengurangi atau mengubah makanan menjadi fases. Jadi lama atau tidaknya makanan dapat dicerna oleh tubuh itu tergantung jenis makanan yang kita konsumsi/makan.

Makanan yang susah dicerna dapat membuat kinerja organ pencernaan menjadi lambat, maka akan menyebabkan tubuh memerlukan waktu untuk menyerap sari-sari makanan. Jadi cara yang mudah untuk menjaga kesehatan pencernaan yaitu dengan menjaga kebersihan dan memperhatikan jenis makanan yang akan dimakan. Berikut tips / langkah yang baik dalam memelihara kesehatan organ pencernaan agar selalu baik dan tidak mudah terkena penyakit.

1. Makanan Harus Bersih Atau Higienis

Makanan bisa dikatakan bersih / higienis apabila kondisi makanannya tidak kotor dan tidak terdapat virus yang membahayakan untuk pencernaan. Sebaiknya untuk sayuran yang akan di konsumsi harus di cuci bersih dan di masak dengan matang, begitu juga dengan buah-buahan harus dicuci bersih atau di kupas apabila diperlukan. Kemudian saat kita makan jajan di pinggir jalan sebaiknya kita juga perlu memperhatikan kondisi tempat dan kebersihannya.

2. Memperhatikan Jenis Makanan Yang Dikonsumsi

Orang yang hobi / gemar makan biasanya tidak terlalu memperhatikan jumlah porsi makanannya dan jenis makanan yang dikonsumsi. Sehingga dapat mendatangkan berbagai macam penyakit seperti kolestrol dan diabetes. Kemudian bahan-bahan yang ada di dalam makanan juga memiliki faktor yang dapat membuat terjadinya gangguan pada pencernaan, seperti minuman yang mengandung soda, makanan yang terlalu pedas dan bahan-bahan yang tidak alami.

3. Makanan Yang Mengandung Serat

Makanan berserat sangat baik untuk pencernaan manusia, dengan memakan sayur-sayuran hijau dan buah-buahan dapat mempermudah tubuh mencerna makanan sehingga kita tidak mudah mengalami yang namanya sembelit. Terjadinya sembelit yaitu adanya penyerapan air di dalam usus besar sehingga fases / sisa makanan menjadi keras dan sulit untuk dikeluarkan. Mengkonsumsi makanan yang berserat adalah cara yang tepat untuk memelihara kesehatan pencernaan.

Baca Juga : Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia

4. Makan Dengan Pelan Dan Teratur

Usahakan saat makan kita jangan sambil berbicara, mengapa demikian? Karena bisa saja kita akan tersedak pada saat makanan berada di kerongkongan. Dalam mengunyah makanan juga perlu di perhatikan, makanan harus benar-benar sudah halus dan lembut kemudian barulah ditelan. Hal ini untuk meringankan kinerja organ lambung dan organ pencernaan lainnya. Pada umumnya dalam sehari manusia makan tiga kali yaitu pagi, siang dan malam. Makan dengan teratur sesuai dengan jadwal dan dengan porsi makan yang tidak berlebihan dapat membuat organ lambung selalu sehat dan baik.

5. Kebutuhan Air Harus Cukup

Air termasuk kebutuhan tubuh yang paling penting, hal ini dikarenakan sebagian besar tubuh manusia itu mengandung air. Rekomendasi yang dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan air setiap harinya 8 gelas, namun kebutuhan air yang diperlukan juga bisa lebih tergantung dari aktivitas yang dilakukan dan kondisi cuaca. Air juga memiliki peran yang sangat penting dalam memelihara tingkat pH tubuh dan menghindari terjadinya pengerasan fases atau sisa makanan. Dengan demikian kita tidak mudah terserang sembelit.

6. Hindari Stres

Mungkin anda tidak tau bahwa sebenarnya stres dan sistem pencernaan saling berkaitan/berhubungan. Orang yang mengalami stres akan melakukan tindakan yang sulit untuk ditebak dan adanya pola makan yang kurang baik. Stres membuat orang akan lupa waktunya makan sehingga pencernaan akan terganggu dan kemungkinan besar gejala-gejala penyakit pencernaan akan timbul. Tidak hanya itu, stres dapat membuat orang bisa keluar masuk toilet karena adanya perasaan gerogi atau kurang percaya diri. cara mudah menghilangkan stres dengan melakukan yoga, pergi ke taman atau tidur.

7. Olahraga Dengan Teratur

Cara menjaga tubuh agar selalu sehat yaitu dengan olahraga rutin dan menjaga pola makan yang benar. Olahraga dapat membawa sisi baik untuk sistem pencernaan menjadi lebih sehat, pergerakan yang terjadi pada organ / alat pencernaan akan menjadi lancar dan sempurna. Banyak sekali perilaku manusia yang salah dan sering dilakukan seperti makan di jam-jam malam, ini termasuk pola hidup yang tidak benar dan harus dihindari.

Baca Juga : Gangguan dan Penyakit Pada Sistem Pencernaan Manusia

Demikian 7 cara menjaga kesehatan organ pencernaan pada manusia agar selalu sehat, cobalah terapkan beberapa tips di atas dan rasakan perbedaan kesehatan yang terjadi pada sistem pencernaan  anda. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel