-->

Penjelasan dan Manfaat Tentang Hemat Disertai Hadistnya

Hemat adalah salah satu hal yang mengarah pada tindakan tidak boros dan tidak kikir dengan memperincikan, mengatur pengeluaran uang dengan tepat. Dalam istilah lain hemat tidak mengacu pada pengeluaran uang saja, tetapi ada beberapa macam bagian seperti hemat dalam hal waktu dan hemat dalam hal pekerjaan / tenaga. Namun dalam hal ini saya akan menerangkan hemat dalam hal keuangan. Orang yang bijak biasanya memiliki pemikiran yang baik dalam mengatur  atau mengelola keuangan. Ia akan memperincikan dengan benar uang yang akan dikeluarkan.

Penjelasan Tentang Hemat dan Manfaatnya

Orang yang hemat selalu membeli kebutuhan hidup yang benar-benar sangat dibutuhkan untuk ke depannya, hemat juga tidak sepenuhnya dipandang kikir. Karena pengertian kikir adalah sifat yang tidak mau berbagi kepada orang lain baik berupa uang, barang dan tenaga. Sedangkan boros adalah sifat orang yang selalu mengeluarkan uang untuk membeli, berfoya-foya dan melakukan suatu hal yang tidak terlalu penting. Agama islam selalu mengajarkan kepada umatnya untuk tidak berlebih-lebihan dalam penggunaan uang.

Seperti yang dijelaskan dalam firman Allah dalam Surat Al Furqon ayat 67, yaitu :

وَالَّذِينَ إِذَا أَنْفَقُوا لَمْ يُسْرِفُوا وَلَمْ يَقْتُرُوا وَكَانَ بَيْنَ ذَٰلِكَ قَوَامًا

Artinya : “Dan orang-orang yang apabila membelanjakan harta mereka tidak berlebih-lebihan dan tidak pula kikir dan membelanjakan di tengah-tengah antara yang demikian” (QS AI Fuqron 67).

Dalam firman Allah di atas menerangkan bahwa kita tidak boleh berlebih-lebihan dalam mengeluarkan uang dan hindarilah sifat kikir karena sifat tersebut sangat di sukai oleh setan namun dibenci oleh Allah. Hemat juga memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan dilihat dari hal positifnya, yaitu :


Peranan Hemat Dalam Kehidupan

  1. Hemat menimbulkan rasa bersyukur kepada Allah SWT, Orang yang memiliki sifat hemat akan mudah untuk menerima dengan lapang dada yang sudah diberikan oleh Allah kepada dirinya.
  2. Hemat dapat menjauhkan diri dari kehidupan yang berlebihan, Dengan berhemat orang akan mampu melakukan kehidupan sederhana dengan tidak membeli atau menggunakan uang yang tidak terlalu penting.
  3. Hemat dapat membuat manusia berlaku baik, Orang yang menanamkan sifat hemat akan cenderung tidak memamerkan kekayaannya kepada orang lain, namun berbanding terbalik dengan orang yang memiliki sifat boros yang cenderung akan sombong kepada orang lain.
  4. Hemat dapat membawa manusia kepada kehidupan yang lebih baik, Berhemat juga memiliki manfaat yang membuat manusia bisa mengelola keuangan, hidupnya dijauhkan dari sifat sombong dan boros.
  5. Hemat dapat menjauhkan manusia dari perbuatan setan, Contoh perbuatan yang tidak disukai oleh setan yaitu melihat manusia yang bisa menjauhkan diri dari sifat boros dan gemar menabung.

Dampak Buruk Sifat Boros

Mengapa hidup boros perlu kita hindari? tidak hanya itu di dalam islam juga menegaskan bahwa sifat yang satu ini harus dijauhi, karena sifat boros dapat merugikan kehidupan manusia itu sendiri baik sekarang atau masa yang akan datang. Larangan memiliki sifat boros juga di tunjukkan di dalam firman Allah Surat Al Isra ayat 27 yang berbunyi  :

إِنَّ ٱلْمُبَذِّرِينَ كَانُوٓا۟ إِخْوَٰنَ ٱلشَّيَٰطِينِ ۖ وَكَانَ ٱلشَّيْطَٰنُ لِرَبِّهِۦ كَفُورًا

Artinya : “Sesungguhnya pemboros-pembooros itu adalah saudara-saudara setan, dan setan itu sangat ingkar kepada tuhan mu” (QS Al Isra : 27).

Di dalam surat ini menerangkan bahwa manusia yang memiliki sifat boros merupakan saudara atau teman setan yang tidak bersyukur dan melupakan nikmat allah yang telah diberikan kepadanya. Dan sesungguhnya hidup berfoya-foya merupakan perilaku yang sia-sia. Berikut beberapa contoh dampak negatif dari sifat pemboros, sebagai berikut :

1.    Akan menghadapi kesusahan dan kesulitan
Orang yang boros tentu cenderung akan membeli barang-barang mereka inginkan serta melakukan kegiatan yang tidak terlalu penting. Penggunaan uang yang berlebihan tanpa memikirkan kebutuhan dan keperluan di hari yang akan datang tanpa menyisihkan uang uangnya, sungguh hal itu akan mengakibatkan datangnya kesulitan apabila harta dan uang sudah habis untuk berfoya-foya.

2.    Memicu kecemburuan sosial
Tanpa kita sadari terkadang ada orang yang boros karena sudah menjadi kebiasaan hidup sehari-hari atau melihat kehidupan orang lain yang serba mewah dan mampu membeli barang apa saja yang ia inginkan sehingga timbuh kecemburuan dan rasa iri serta ingin menirunya. Walaupun kondisi ekonomi orang tersebut sangat berbeda.

3.    Ingkar terhadap nikmat allah
Allah sangat tidak menyukai ketika ada manusia yang hidupnya berlebihan seperti dalam hal makan dan minum maupun penggunaan uang. Sesungguhnya sifat boros akan mendatangkan kerugian untuk dirinya sendiri dan alangkah baiknya jika uang yang kita gunakan untuk berfoya-foya diberikan kepada orang yang membutuhkan seperti anak yatim, panti asuhan dan di sumbangkan untuk pembangunan masjid. Hal itu justru sangat baik untuk kehidupan kita di akhirat.

4.    Tidak memiliki jaminan untuk masa depan
Masa depan perlu kita bangun dan perlu disiapkan jauh-jauh hari, karena kita tidak akan tau seperti apa kondisi kehidupan 5 – 10 tahun yang akan alami. Apabila kita diberikan nikmat oleh allah berupa kekayaan, lalu digunakan untuk suatu hal yang percuma maka kesulitan dan kesusahan yang mungkin kita akan alami di hari berikutnya. Sesungguhnya sifat boros akan membawa kita pada kebahagiaan yang bersifat sementara.

Menabung

Menabung adalah usaha menyimpan barang berupa uang, barang dan jasa yang dilakukan untuk memenuhi kehidupan di masa mendatang. Menabung tidak hanya di rumah dan di bank tetapi kita juga dapat menyimpan tabungan kita ke orang lain yang memiliki usaha atau di sebut menanam modal / investasi. Anjuran menabung juga terdapat dalam firman Allah Surat Al Hasr ayat 18 yang berbunyi:

يٰأَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَّا قَدَّمَتْ لِغَدٍ ۚ وَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗ إِنَّ اللّٰهَ خَبِيْرٌ بِمَا تَعْمَلُوْنَ

Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa saja yang diperbuatnya untuk hari esok” (QS Surat Hasr : 18).

Adapun manfaat menabung yang perlu anda ketahui yaitu sebagai berikut :

1.    Mendorong untuk bergaya hidup hemat
Menabung merupakan faktor pendorong agar bisa hidup lebih hemat dengan menyisihkan uang atau menanam modal pada perusahan. Awal pertama kali kita menabung mungkin masih tergolong sulit namun jika sudah terbiasa maka hal menabung sudah menjadi sesuatu yang tidak sulit.

2.    Akan mendatangkan keuntungan
Poin yang kedua tentu sudah jelas apa saja keuntungan yang akan kita peroleh dengan menabung seperti tidak merasa kekurangan harta jika umur sudah memasuki usia tua, uang tabungan bisa kita gunakan pada kondisi yang terdesak, melatih hidup sederhana dan lain-lain.

3. Meringankan beban hidup di masa yang yang akan datang
Setiap manusia tidak akan pernah tau seperti apa kondisi kehidupan yang akan kita alami di masa yang akan datang, apakah kesusahan yang akan kita temui atau justru kebahagiaan?. Menabung akan meringankan beban ekonomi misalkan uang yang kita simpan dapat dipergunakan untuk membangun usaha, sebagai jaminan apabila kita jatuh sakit dan membutuhkan dana besar atau untuk biaya sekolah anak.


4. Menjadi lebih dewasa dan berfikir lebih ke depan
Menabung dapat menuntun kita menjadi berfikir lebih dewasa, karena kita tau bahwa di hari esok akan datang kebutuhan hidup yang memerlukan dana besar sehingga harus ada persiapan sebelum kondisi yang sulit akan menghampiri kita. Orang tua dapat mengajarkan kepada anak-anak agar bisa menyisihkan uang jajannya supaya bisa di tabung, hal ini justru akan membuat anak lebih berfikir dewasa.

Dari penjelasan dan manfaat tentang hemat dapat memberikan masukan kepada kita untuk bisa memulai kebiasaan berhemat. Semoga dari informasi ini dapat memberikan pengetahuan dan wawasan untuk kita, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel