-->

Sistem Pernapasan Pada Hewan dan Tumbuhan Lengkap Dengan Penjelasan Beserta Fungsinya

Sistem Pernapasan Pada Hewan Dan Tumbuhan (Materi Pelajaran Kelas 5 SD) – Pengertian dari pernapasan adalah proses masuknya udara (oksigen) melalui hidung kemudian menuju paru-paru dan dikeluarkan kembali dalam bentuk uap air dan karbondioksida. Alat pernapasan pada hewan dan tumbuhan jelas berbeda, karena pernapasan pada hewan tergantung dari habitat hewan tersebut seperti ikan bernapas dengan insang, burung bernapas dengan paru-paru dan tumbuhan bernapas dengan lentisel serta stomata.

Sistem Pernapasan Pada Hewan

1.Alat Pernapasan Pada Hewan Amfibi
Sistem Pernapasan Pada Hewan

Pengertian dari amfibi adalah hewan yang memiliki kemampuan hidup di dua alam yaitu dapat hidup di air dan dapat juga hidup di darat. Salah satu contoh hewan yang dapat hidup di dua alam ialah katak, ketika masih kecil katak hidup di air dan bernapas menggunakan insang. Anak katak yang masih kecil di sebut berudu atau di kenal dengan istilah kecebong. Jadi ketika katak tumbuh besar, katak tidak lagi bernapas menggunakan insang melainkan menggunakan paru-paru (insang menyusut dan tidak lagi berfungsi). Di dalam paru-paru ada gelembung udara yang mengandung banyak pembuluh kapiler dan peristiwa pertukaran gas juga terjadi di dalam gelembung udara. Selain itu katak dewasa juga dapat bernapas menggunakan kulitnya yang basa dan kulit katak yang basah dapat dengan mudah mengikat oksigen.

2.Alat Pernapasan Pada Hewan Serangga
Sistem Pernapasan Pada Hewan

Apakah anda tau alat pernapasan pada hewan serangga? Alat pernapasan pada hewan serangga menggunakan trakea, yaitu pembuluh-pembuluh halus yang bercabang di seluruh tubuh hewan tersebut. Rayap, lalat dan belalang termasuk contoh hewan yang bernapas menggunakan trakea. Letak trakea bermuara di suatu tempat yang bernama stigma. Pengertian dari stigma ialah lubang yang bertempat di bagian tubuh kanan dan kiri, yang berfungsi sebagai keluar masuknya udara. Oksigen yang terdapat pada tubuh serangga diedarkan oleh trakea dan yang mempengaruhi keluar masuknya udara ialah adanya gerakan otot tubuh pada serangga yang secara teratur.


3.Alat Pernapasan Pada Burung
Sistem Pernapasan Pada Hewan

Burung merupakan hewan yang bernapas menggunakan paru-paru. Alat bantu pernapasan pada burung yaitu pundi-pundi udara, yang berfungsi sebagai penyimpan cadangan udara. Sistem pernapasan pada burung ialah udara masuk ke rongga hidung lalu ke tenggorokan kemudian masuk ke pundi-pundi udara dan setelah itu sampai ke paru-paru. Burung mengambil oksigen ketika hinggap dan diam kemudian oksigen tersebut akan tersimpan dalam pundi-pundi udara. Ketika burung terbang, ia tidak memasukkan udara, sehingga burung akan menggunakan oksigen yang terdapat di dalam pundi-pundi udara. Apabila jarak terbang terlalu jauh dan cadangan udara telah habis maka burung akan mengambil oksigen ketika terbang melayang namun tidak menggerakkan sayap atau waktu burung hinggap (diam). Sisa pernapasan akan dikeluarkan lewat hidung.

4.Alat Pernapasan Pada Hewan Cacing
Sistem Pernapasan Pada Hewan

Cacing adalah hewan yang hidup di tanah dan memiliki manfaat besar dalam menyuburkan tanaman. Pernapasan pada cacing yaitu menggunakan kulitnya yang basah, sehingga oksigen menjadi lebih mudah di serap oleh cacing. Untuk melepaskan karbondioksida cacing pun menggunakan kulit yang basah, pada dasarnya cacing memang tidak memiliki alat pernapasan yang khusus.

5.Alat Pernapasan Pada Ikan
Sistem Pernapasan Pada Hewan

Ikan merupakan salah satu hewan yang hidup di air dan bernapas menggunakan insang. Ikan memiliki dua bagian insang yang berada di bagian kiri dan kanan, pada area insang terdapat tutup insang yang berfungsi untuk melindungi insang dari benda-benda dan benturan. Saat mulut ikan membuka, air akan masuk ke mulut melewati cela-cela insang dan penutup insang akan menutup. Sel darah merah akan mengikat oksigen yang terdapat pada air dan karbondioksida dilepaskan melalui insang. Ikan akan sulit mendapatkan oksigen jika air yang di tempati terlalu keruh sehingga ikan tidak dapat bernapas dengan cukup baik. Untuk memperkaya atau memperbanyak kadar oksigen dalam air maka di perlukan kincir air atau memompa udara ke dalam air. Ada beberapa ikan yang memiliki kemampuan untuk bertahan hidup di tempat yang jumlah airnya terlalu sedikit atau berada di lumpur. ikan tersebut menggunakan bantuan labirin. Apa yang dimaksud dengan labirin? Labirin adalah perluasan rongga insang yang memiliki lipatan tidak teratur dan berfungsi menyimpan oksigen. Contoh hewan yang memiliki labirin seperti lele, gabus dan lain-lain. Selain itu ikan memiliki cadangan penyimpan oksigen dan mengatur gerak renang yang dinamakan dengan gelembung renang, yang berada di bagian punggung.

6.Alat pernapasan pada hewan mamalia
Sistem Pernapasan Pada Hewan

Hewan mamalia merupakan hewan menyusui. Hewan mamalia ada yang terdapat di laut dan ada juga yang berada di darat. Contoh hewan mamalia yang hidup di laut seperti kambing, kucing, kerbau dan lain-lain. Sedangkan hewan mamalia yang hidup di laut seperti lumba-lumba, paus dan lain-lain. Sistem pernapasan hewan mamalia yang ada di darat mirip dengan pernapasan pada manusia dimulai dari hidung, pangkal tenggorok (laring), batang tenggorok dan terakhir sampai ke paru-paru. Untuk hewan mamalia yang hidup di air bernapas menggunakan paru-paru, namun terdapat katup yang berada pada hidungnya yang akan menutup ketika hendak berada di dalam air dan akan membuka apabila muncul ke permukaan air. Saat berada di permukaan air hewan mamalia akan menyemburkan air ke atas dan pada saat itu juga hewan mamalia mengambil oksigen.


7.Alat Pernapasan Pada Hewan Bersel Satu
Sistem Pernapasan Pada Hewan
Hewan bersel satu merupakan hewan yang tidak memiliki alat pernapasan sehingga oksigen dan karbondioksida akan masuk serta keluar melalui seluruh permukaan tubuhnya, contoh hewan bersel satu seperti paramaecium dan amoeba. Hewan amoeba berkembang biak dengan cara membelah diri dan ukuran tubuhnya pun sangat kecil sehingga untuk bisa melihat hewan ini maka anda harus menggunakan bantuan mikroskop.

Sistem Pernapasan Pada Tumbuhan

Sistem Pernapasan Pada Hewan

Taukah anda bahwa sebenarnya tumbuhan juga bernapas layaknya manusia dan hewan? Tumbuhan bernapas melalui daun, batang dan akar. Untuk tumbuhan yang memiliki klorofil (zat hijau daun), udara akan keluar masuk menggunakan bantuan mulut daun yang dinamakan stomata. Di bagian batang, udara keluar masuk melalui pori-pori kulit batang yang dinamakan lentisel. Sedangkan pada bagian akar, udara keluar masuk menggunakan bulu-bulu akar. Ada beberapa tumbuhan yang memiliki alat pernapasan khusus seperti pada tumbuhan beringin, pohon anggrek, kangkung dan pohon bakau. Pada pohon beringin akar napasnya menggunakan akar gantung, pohon anggrek akar napasnya menggunakan akar tunjang, pada tanaman kangkung memiliki  batang yang berongga sebagai penyimpanan cadangan udara dan pada pohon bakau akar napas menggunakan akar tunjang.

Pernapasan pada tumbuhan yang membutuhkan oksigen dari udara dinamakan dengan pernapasan aerob, sedangkan pernapasan pada tumbuhan tingkat rendah menggunakan enzim atau fermen sehingga tidak memerlukan oksigen dinamakan pernapasan anaerob. Salah satu contoh tumbuhan yang tergolong tingkat rendah yaitu jamur, tumbuhan ini tidak memiliki klorofil (zat hijau daun).

Nah, dari artikel di atas apakah anda sekarang sudah memahami tentang sistem pernapasan pada hewan dan tumbuhan? semoga informasi ini dapat menambah ilmu pengetahuan kita. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel