-->

Ini Dia Sistem Pernapasan Pada Manusia Lengkap Dengan Penjelasan dan Fungsinya

Perlu Anda tau bahwa sebenarnya struktur bagian tubuh pada makhluk hidup berbeda-beda. Sehingga memiliki kegunaan dan fungsi yang sendiri-sendiri, seperti alat pernapasan. Manusia memiliki paru-paru yang digunakan untuk pernapasan, sedangkan alat pernapasan pada hewan dan tumbuhan jelas berbeda-beda.

Apa saja organ pernapasan pada manusia? Ada beberapa organ pada pernapasan manusia dan setiap organ memiliki fungsi dan tugas masing-masing. Terus bagaimana dengan cara proses kerja pernapasan pada manusia? Untuk lebih jelasnya simak uraian berikut ini.

Sistem pernapasan pada manusia

Organ Yang Berperan Dalam Pernapasan Manusia

Adapun beberapa organ yang berperan penting dalam proses pernapasan yang memang perlu anda ketahui. Dari beberapa organ pernapasan di bawah ini akan kita bahas tentang pengertian dan fungsinya secara lebih mmendalam lagi.

1.Hidung
Sistem pernapasan pada manusia

Hidung merupakan alat indra penciuman, namun organ yang satu ini juga memiliki kegunaan lain yaitu sebagai alat pernapasan pada manusia. Apa fungsi hidung dalam sistem pernapasan manusia? jadi di dalam hidung ada selaput lendir dan bulu-bulu hidung yang berfungsi untuk menyaring udara dari kotoran maupun dari kuman-kuman.

Oleh sebab itu jangan mencabut atau memotong bulu hidung sampai habis, karena kotoran dan kuman-kuman akan mudah masuk ke paru-paru. Dan jika hal ini terus dibiarkan makan akan membahayakan organ pernapasan yang lainnya. Selain itu hidung juga berfungsi untuk mengatur suhu udara yang di sesuaikan dengan suhu pada tubuh dan juga mengatur kelembaban udara sebelum sampai ke paru-paru.

2.Pangkal Tenggorok (Laring)
Sistem pernapasan pada manusia

Apa fungsi laring atau tenggorok pada sistem pernapasan manusia? Ada dua katup yang terdapat di dalam pangkal tenggorok dan kedua katup tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Katup anak tekak ialah katup penutup rongga hidung ketika sedang menelan makanan, sedangkan katup yang kedua ialah katup penutup batang tenggorok ketika makanan sedang lewat.

Baca Juga : Ciri-Ciri Khusus Pada Makhluk Hidup

Kemudian pada pangkal tenggorok terdapat jakun dan di dalam jakun ada pita selaput suara, jadi apabila anda sedang berbicara maka selaput ini akan menghasilkan suara. Jakun tersusun dari katup pangkal tenggorok, tulang rawan perisai serta tulang rawan yang berbentuk cincin.

3.Batang Tenggorok
Sistem pernapasan pada manusia

Batang tenggorok tersusun dari gelang-gelang tulang rawan dan di dalamnya terdapat selaput lendir dan berambut getar. Fungsi dari rambut getar yaitu mencegah bibit penyakit, mengeluarkan kotoran dan menahan kotoran yang masuk bersama udara. Pada batang tenggorok memiliki dua cabang diantaranya satu cabang mengarah ke paru-paru sebelah kanan dan satu cabang lagi mengarah ke paru-paru sebelah kiri.

Cabang dari batang tenggorokan di sebut bronkus dan setelah di paru-paru bronkus bercabang lagi yang dinamakan bronkiolus. Pada setiap ujung bronkiolus terdapat alveolus. Apa yang di maksud dengan alveolus? Alveolus merupakan gelembung-gelembung halus yang di dalamnya terdapat udara.

4.Paru-Paru
Sistem pernapasan pada manusia

Alat pernapasan pada manusia yaitu paru-paru, yang letaknya berada di dalam rongga dada yang dibatasi dengan diafragma. Apa yang di maksud dengan diafragma? Diafragma adalah sekat yang membatasi antara rongga dada dengan rongga perut. Paru-paru pada manusia memiliki dua bagian yaitu di sisi kanan dan di sisi kiri, yang dilindungi oleh tulang rusuk dan tulang dada.

Perlu anda tau bahwa sebenarnya paru-paru sebelah kanan ternyata lebih besar dari sebelah kiri, hal ini dikarenakan paru-paru sebelah kanan memiliki tiga gelambir diantaranya gelambir bawah,gelambir tengah dan gelambir atas. Untuk paru-paru sebelah kiri hanya memiliki dua gelambir diantaranya gelambir bawah dan gelambir atas. Selaput tipis dan licin yang membungkus paru-paru dinamakan pleura, sehingga paru-paru bisa bergerak bebas tanpa terjadinya kerusakan pada paru-paru.

Bagaimana proses kerja pernapasan pada manusia?

Udara dihirup melalui rongga hidung > pangkal tenggorok > batang tenggorok > paru-paru > bronkus > bronkiolus > alveolus. Di dalam alveolus terdapat pertukaran oksigen dengan karbondioksida dan uap air, setelah itu uap air dan karbondioksida dilepaskan melalui tenggorokan dan hidung. Proses ini berlangsung terus menerus.

Baca Juga : Adaptasi Makhluk Hidup dan Cara Melindungi Diri Dari Musuhnya

Pernapasan menggunakan otot antar tulang rusuk disebut pernapasan dada, jadi ketika pernapasan dada sedang terjadi maka tulang-tulang rusuk akan terangkat dan bagian rongga dada akan membesar. Hal ini disebabkan oleh udara yang masuk ke paru-paru. Sedangkan pernapasan menggunakan otot sekat rongga dada (diafragma) dinamakan pernapasan perut, jadi ketika pernapasan perut sedang berlangsung maka diafragma yang semulanya cekung menjadi mendatar.

Demikian sistem pernapasan pada manusia dan beberapa organ yang ikut berperan dalam pernapasan manusia, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel