-->

Bahan dan Kegunaannya Dalam Kehidupan Sehari-Hari Beserta Dengan Contohnya

Bahan dan Kegunaannya Dalam Kehidupan Sehari-Hari (Materi Pelajaran IPA SD Kelas 6) - Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, manusia selalu membutuhkan benda atau alat tertentu untuk mempermudah pekerjaannya dalam mempersingkat waktu agar lebih cepat. Setiap alat dan benda memiliki fungsi yang berbeda-beda seperti sepeda motor sebagai alat transportasi yang digunakan manusia untuk lebih cepat sampai ke tempat tujuan, ember digunakan manusia untuk menampung atau mengangkut air, pisau digunakan oleh manusia untuk memotong sayuran dan lain-lain.

Ketika akan membuat benda tentu harus ada bahan-bahan yang digunakan dan proses pembuatannya jelas berbeda-beda dengan benda yang lainnya. Jadi dalam pembuatan benda tentu harus dipertimbangkan sesuai dengan bahan yang akan dibutuhkan serta kegunaan dari benda tersebut.

Faktor Yang Menentukan Dalam Memilih Benda dan Bahan

Dalam membuat benda yang sesuai dengan kegunaannya, maka perusahaan selalu mempertimbangkan bahan seperti apa yang cocok untuk membuat benda tersebut. Sehingga akan menciptakan benda yang memiliki ketahanan dan berkualitas bagus.

Sifat-Sifat Benda

Setiap benda memiliki sifat yang berbeda-beda, hal ini tergantung dari bahan yang digunakan untuk membuat benda tersebut. Benda yang sering kita jumpai yaitu berasal dari plastik, logam dan karet. Untuk lebih jelasnya mari kita pelajari sifat-sifat benda tersebut.

Baca Juga : Adaptasi Makhluk Hidup dan Cara Melindungi Diri Dari Musuhnya

a) Plastik
Bahan dan Kegunaan Dalam Kehidupan

Perlu Anda tahu bahwa ada beberapa macam jenis plastik? Di antaranya plastik kaku, plastik bening dan plastik yang lembek. Plastik memiliki sifat ringan, mudah di bentuk dan kendap air (tidak tembus air). Dari setiap jenis plastik memiliki manfaat yang berbeda-beda seperti plastik kaku yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk alas meja sehingga tidak mudah sobek. Plastik bening digunakan untuk membuat es batu, untuk kantung gula dan kantung wadah kerupuk, sedangkan plastik lembek digunakan untuk kantung tepung, kantung gula dan lain-lain.

Plastik akan mudah meleleh dan melembek jika dibakar atau dipanaskan, kemudian benda yang terbuat dari bahan plastik akan sulit untuk membusuk karena tidak dapat diurai oleh bakteri. Oleh karena itu dilakukannya daur ulang sehingga sampah plastik dapat diolah kembali menjadi benda-benda yang baru.

b) Logam
Bahan dan Kegunaan Dalam Kehidupan

Logam merupakan benda yang dapat menghantarkan panas (konduktor) dan menghantarkan listrik. Logam memiliki sifat yang kuat dan tahan lama sehingga banyak digunakan untuk membuat kabel, wajan, kerangka kendaraan, pesawat terbang, rel kereta api dan lain-lain. Beberapa benda yang termasuk logam yaitu tembaga, seng, besi dan aluminium. Logam termasuk benda yang tidak dapat diurai oleh bakteri melainkan dapat terkikis karena adanya perkaratan.

c) Karet
Bahan dan Kegunaan Dalam Kehidupan

Karet merupakan bahan yang berasal dari getah pohon karet yang di ambil dengan menoreh kulit batangnya. Karet memiliki beberapa sifat yaitu lunak, tidak mudah patah dan lentur sehingga sering digunakan untuk membuat bola voli, bola basket, kursi, ban kendaraan dan benda yang membutuhkan sifat lentur. Kelebihan dari karet yaitu tahan dari gesekan dan goncangan, selain itu karet juga memiliki kekurangan diantaranya mudah meleleh ketika di panaskan dan tidak dapat diuraikan sehingga untuk mengurangi pencemaran lingkungan maka perlu tindakan untuk mendaur ulang kembali.

Manfaat Bahan Dalam Kehidupan Sehari-Hari

a) Manfaat Plastik
Bahan dan Kegunaan Dalam Kehidupan

Berdasarkan sifatnya yang kendap air, relatif ringan dan mudah di bentuk maka banyak di gunakan untuk membuat benda seperti paralon, selang, mainan, kursi, ember dan lain-lain. Sifat plastik yang kendap air banyak di manfaatkan untuk kemasan makanan sehingga makanan yang terdapat di dalam kemasan tidak mudah basi atau berjamur.


b) Manfaat Logam
Bahan dan Kegunaan Dalam Kehidupan

Karena dapat menghantarkan panas maka logam di manfaatkan untuk membuat alat dapur seperti wajan, panci dan lain-lain. Sedangkan logam dapat menghantar listrik maka di manfaatkan untuk membuat kabel, kemudian logam banyak digunakan untuk membuat mesin kendaraan atau alat berat. Aluminium banyak digunakan perusahaan untuk membuat kemasan makanan kalengan karena tahan karat sehingga kualitas makanan tetap higenis dan tahan lebih lama.

c) Manfaat Bahan Karet
Bahan dan Kegunaan Dalam Kehidupan

Karena memiliki sifat yang fleksibel (mudah di bentuk dan luwes) maka banyak di manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Bahan karet digunakan untuk membuat benda seperti bola voli, bola tenis, ban kendaraan dan lain-lain. Karena adanya kemajuan teknologi yang semakin canggih, maka beberapa perusahaan membuat karet sintetik.

Nah, itulah pembahasan mengenai bahan dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari (materi pelajaran IPA SD kelas 6), Semoga bermanfaat dan menambah wawasan serta illmu pengetahuan, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel