-->

Peristiwa Benda Padat di Dalam Air Beserta Pengertian dan Penyebabnya

Pernahkah Anda memperhatikan keadaan benda padat ketika berada di dalam air? Setiap benda padat dan zat cair memiliki massa atau berat. Ada beberapa peristiwa yang dialami benda padat saat di masukan ke air seperti peristiwa benda mengapung, melayang dan tenggelam. Beberapa penyebab yang membuat benda padat bisa mengapung, melayang dan tenggelam saat di masukan ke dalam air. Untuk lebih jelasnya simak ulasan informasi berikut ini.

pengertian pada benda terapung, melayang dan tenggelam

Peristiwa Benda Padat di Dalam Air

1. Benda Terapung

Suatu benda bisa di katakan terapung apabila berat jenis benda lebih kecil dari pada berat jenis air. Untuk mengetahui kebenaran bahwa benda bisa terapung, maka anda dapat mencobanya dengan mempersiapkan satu ember air dan potongan plastik. Kemudian ambil beberapa potong plastik yang sudah di potong kecil-kecil, setelah itu masukan potongan plastik ke dalam air, amatilah potongan plastik yang sudah di masukan ke dalam air. Potongan plastik di katakan terapung karena berat jenis potongan plastik lebih kecil dari pada berat jenis air.

Benda-benda yang dapat terapung seperti plastik, kertas, gabus dan lain-lain. Saat benda di masukan ke dalam air, benda itu akan mendapatkan dua buah gaya tekanan, yaitu :

a. Gaya ke atas, gaya tekan yang besarnya sama dengan berat air yang terdesak.
b. Gaya berat dari benda itu sendiri.

2. Benda Melayang

Suatu benda bisa dikatakan melayang apabila berat jenis benda sama dengan berat jenis air. Lakukan penelitian untuk menguji kebenaran mengenai benda melayang, siapkan terlebih dahulu satu gelas berukuran besar, telur, garam dan air. Langkah pertama yaitu masukan air ke dalam gelas, kemudian masukan satu sendok garam ke dalam gelas, aduk sampai garam itu larut. Apakah yang terjadi? Jika belum terjadi perubahan tambahkan garam sampai benar-benar telur bisa melayang. Dalam peristiwa melayang gaya tekan ke atas oleh air sama besar dengan gaya berat benda. 


Perbedaan benda melayang dan benda terapung ialah pada peristiwa melayang semua benda tercelup di dalam zat cair, sedangkan pada peristiwa terapung benda hanya sebagian saja yang masuk ke dalam air dan sisanya tersembul di permukaan air.

3. Benda Tenggelam

Suatu benda bisa dikatakan tenggelam apabila berat jenis benda lebih berat dari pada berat jenis air. Untuk menunjukkan benda tenggelam, lakukan percobaan berikut ini dengan menyiapkan satu ember yang sudah berisi air dan paku. Masukan paku ke dalam air, kemudian amati peristiwa yang terjadi. Paku bisa tenggelam karena berat benda lebih besar dari gaya tekan atas oleh air. Benda-benda yang dapat tenggelam di dalam air seperti paku, batu, kelereng dan lain-lain.

Penyebab Benda Dapat Terapung, Melayang Dan Tenggelam

1. Berat Benda

Berat benda sangat berpengaruh dalam menentukan benda bisa dikatakan terapung atau tenggelam. Berat benda yang semakin ringan akan mudah sekali terapung di dalam air dan berat benda yang semakin besar maka akan mudah tenggelam ketika di masukan ke dalam air.

2. Ukuran Alas Benda

Ukuran alas benda yang masuk ke dalam air akan mendapat gaya tekan yang di berikan oleh air, semakin luas alas benda yang masuk ke dalam air akan membuat benda tersebut sulit untuk tenggelam. Walaupun ukuran alas benda memiliki pengaruh yang sangat kecil dalam penentuan benda bisa dikatakan terapung atau tenggelam

3. Adanya Campuran Zat

Penyebab benda yang mula-mula tenggelam kemudian berubah menjadi melayang karena adanya tambahan campuran zat lain. Seperti yang terjadi pada telur yang di masukan ke dalam gelas yang berisi air maka yang terjadi telur tersebut tenggelam sampai ke dasar air. Namun setelah ditambahkan garam  ke dalam air, telur itu berubah menjadi melayang dan berada di tengah-tengah gelas.


Nah, demikian informasi mengenai penjelasan dan penyebab pada peristiwa benda terapung, melayang dan tenggelam. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel