-->

Cara Menulis Dengan Rapi dan Indah Yang Paling Tepat Serta Mudah di Pelajari

Ketika awal masuk sekolah banyak sekali hal-hal baru yang perlu anda ketahui dan pelajari seperti bagaimana cara menghitung bilangan, cara belajar membaca dan cara menulis dengan rapi dan benar. Untuk menulis dengan bagus, rapi dan cepat anda juga harus tau bagaimana cara memegang pulpen yang benar? karena hal tersebut sangat berpengaruh pada kenyamanan tangan saat menulis. Ketika seorang siswa diberikan tugas meringkas atau mencatat, sebagian dari mereka menulis dengan cepat dan tergesa-gesa sehingga mereka tidak memperhatikan tulisannya bagus atau tidak. Cara memperbaiki tulisan tangan yang jelek memperlukan waktu yang tidak lama hanya saja anda perlu melatih kebiasaan menulis dengan rapi dan tidak terburu-buru.

cara menulis dengan rapi dan indah

Siswa yang sudah pandai menulis dengan bagus, rapi dan cepat akan terlihat indah di mana pun ia menulis baik di buku tulis, kertas hvs atau menulis indah di ijazah. Untuk merubah tulisan jelek menjadi bagus, ada beberapa tips dan trik yang perlu anda lakukan seperti informasi kali ini yang akan saya bagikan kepada anda.

8 Cara Menulis Dengan Rapi, Bagus dan Indah

1. Biasakan Untuk Selalu Menulis

Seorang siswa terkadang enggan untuk menulis ketika Bapak / Ibu guru memberikan tugas untuk mencatat, padahal dengan membiasakan diri untuk selalu menulis akan tercipta tulisan yang rapi dan juga indah. Selain di sekolah anda juga dapat merubah tulisan jelek menjadi bagus dengan menulis satu paragraf setiap harinya selama di rumah, usahakan dalam melatih menulis anda memiliki buku yang khusus supaya dapat melihat sendiri grafik kemajuan yang setiap hari anda lakukan.


2. Memiliki Buku Panduan

Maksud dari tips yang kedua adalah anda harus memiliki buku panduan yang berisi huruf-huruf yang yang menurut anda itu memiliki karakter yang indah untuk di contoh. Kalau saya boleh sarankan sebaiknya anda coba untuk memperhatikan huruf-huruf yang terdapat pada kertas undangan, karena di dalam kertas undangan banyak sekali bentuk bentuk dan jenis huruf yang unik dan indah yang bisa anda jadikan bahan percobaan.

3. Gunakan Teknik Pelan-Pelan

Salah satu faktor tulisan menjadi jelek yaitu karena saat menulis anda terlalu cepat dan juga terburu-buru, sebaiknya mulai dari sekarang hilangkan kebiasaan tersebut jika anda mau memperbaiki tulisan tangan yang jelek. Tetap fokus dan menulis secara pelan-pelan dengan memperhatikan gaya huruf dan kerapian tulisan yang akan anda tulis, dari pengalaman saya ketika belajar menulis dengan rapi, dulu saya selalu memperhatikan tulisan Bapak / Ibu guru yang ada di sekolah. Kemudian saya mencoba menerapkan dengan meniru bentuk tulisannya dan hasilnya cukup tidak mengecewakan hanya saja saya membutuhkan waktu untuk bisa menyesuaikan tulisannya dengan benar.

4. Gunakan Alat Tulis Yang Bagus

Menggunakan alat tulis yang bagus dan juga tepat akan menghasilkan sebuah karya tulisan yang memiliki keindahan, gunakan pena atau pensil yang menurut anda itu bagus untuk menghasilkan tulisan yang rapi dan juga indah. Kenyamanan dalam menggunakan alat tulis juga perlu anda perhatikan karena ada beberapa alat tulis yang memiliki bentuk ukuran yang tidak besar dan juga tidak kecil. Pastikan ketika anda hendak menulis jangan terlalu menekan, karena ditakutkan akan membuat kertas menjadi bolong dan hasilnya pun kurang maksimal.

5. Posisi Saat Menulis

Posisi menulis memang sangat di utamakan mulai dari jarak pandangan mata, posisi buku dan juga posisi badan. Keindahan dan juga kerapian akan dihasilkan apabila anda mampu menerapkan cara yang satu ini, posisi pandangan mata yang terlalu dekat dengan buku akan berakibat terkena penyakit mata, posisi buku yang tidak tepat juga akan mempengaruhi keadaan posisi badan dan banyak sekali kejadian posisi badan yang tidak tepat akan berakibat berubahnya posisi tulang belakang.

6. Memilih Buku Yang Tepat

Memilih buku untuk melatih menulis juga perlu diperhatikan agar hasil tulisan lebih bagus, saya merekomendasikan untuk anda menggunakan buku atau kertas bergaris. Hal ini dianjurkan agar dapat menjadi panduan anda dalam menjaga ketinggian dan bentuk huruf, jangan lupa pula untuk memperhatikan spasi atau jarak antar kata dan juga penulisan yang tepat seperti nama orang yang selalu menggunakan huruf kapital / huruf besar.

7. Cara Memegang Alat Tulis

Pada tips usahakan tangan anda dalam memegang alat tulis jangan terlalu kencang karena dapat membuat otot tangan cepat lelah, sehingga kinerja tangan anda dalam melatih menulis menjadi tidak maksimal. Dengan memberikan posisi tangan yang rileks dan tidak terlalu kaku dapat membuat tangan anda mudah / luwes untuk bergerak dan hasil tulisannya pun lebih maksimal.

8. Meminta Pendapat Orang Lain

Salah satu langkah terakhir ialah meminta pendapat dari orang lain mengenai hasil tulisan anda, apakah menurut mereka tulisan anda sudah benar, rapi dan indah atau malah sebaliknya. Apa pun pendapat orang lain mengenai tulisan anda maka jadikanlah sebagai tolak ukur keberhasilan anda dan motivasi untuk ke depannya, cara ini bisa anda lakukan satu kali dalam seminggu.


Demikian informasi yang dapat saya share pada kesempatan kali ini yaitu mengenai 8 cara menulis dengan rapi, bagus dan indah. Segala sesuatu yang anda kerjakan tetap selalu semangat dan selalu konsisten serta semoga usaha anda dalam melatih menulis akan menghasilkan karya tulisan sesuai yang anda harapkan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel