-->

8 Sifat dan Kegunaan Air Bagi Kehidupan Makhluk Hidup di Muka Bumi

Air adalah salah satu unsur penting yang berada di bumi yang sangat diperlukan dalam kelangsungan kehidupan makhluk hidup baik itu manusia, hewan dan tumbuhan. Jadi apabila di bumi tidak ada air maka kelangsungan kehidupan di bumi akan terganggu serta terjadinya kematian pada penghuni bumi. Oleh sebab itu air bisa dikatakan sebagai sumber kehidupan semua makhluk hidup.

Sifat Dan Kegunaan Air Bagi Kehidupan

Adanya keberadaan air sangat membantu manusia, hewan dan tumbuhan untuk minum, mandi, mencuci baju dan lain-lain. Selain memiliki manfaat yang begitu banyak, ada beberapa sifat-sifat air dan macam-macam air yang perlu Anda ketahui dan pelajari.

Macam-Macam Sifat Air

1. Air Dapat Melarutkan Berbagai Zat

Air memiliki kemampuan melarutkan berbagai zat. Banyak sekali bahan atau zat yang dapat larut dalam air seperti gula, garam, kopi bubuk, bubuk detergen, sirup dan sejenisnya. Dari sifat air yang dapat melarutkan berbagai zat maka manusia memanfaatkan sifat tersebut untuk membuat minuman kopi yang mencampurkan air panas, bubuk kopi dan gula, sehingga menciptakan minuman kopi yang enak untuk diminum. Selain itu juga dimanfaatkan untuk mencampurkan bumbu memasak, membuat minuman tea, dan sejenisnya.

2. Air Dapat Berubah Wujud


Ada beberapa macam perubahan wujud pada air yaitu :

  • Menguap yaitu perubahan air menjadi gas, peristiwa ini terjadi ketika Anda sedang memasak air.
  • Membeku yaitu perubahan air menjadi padat, peristiwa ini terjadi ketika Anda sedang membuat es batu.
  • Mengembun yaitu perubahan gas menjadi air, peristiwa ini terjadi ketika pagi hari.

3. Air Menempati Ruang

Air selalu berubah-ubah bentuk sesuai dengan tempat di mana ia diletakkan. Untuk lebih jelasnya Anda juga dapat mencobanya dengan mengambil air dengan ember, kemudian cobalah amati dengan baik mengenai air yang ada di dalam ember. Air akan selalu menempati ruang sehingga air yang berada di ember akan berbentuk sama seperti ember.

4. Air Mempunyai Berat

Air memiliki massa atau berat, untuk menguji kebenaran dari sifat tersebut Anda dapat melakukan sebuah percobaan. Siapkan gelas, timbangan dan air, langkah pertama yang harus dilakukan yaitu timbang terlebih dahulu gelas dan catat berapa beratnya, kemudian isilah gelas tersebut dengan air sampai penuh, setelah itu catat berapa berat gelas setelah diisi air, selanjutnya lihat perbandingan berat gelas sebelum dan sesudah diisi air. Untuk mengetahui berat air yang berada di dalam gelas, anda dapat menggunakan rumus { Berat air = Berat gelas setelah di isi air - Berat gelas }

5. Air Menekan Ke Segala Arah

Air memiliki sifat menekan ke segala arah. Hal ini pernah saya alami ketika bermain di kolam renang, jadi waktu itu saya mencoba berlari dengan kencang saat berada di dalam air. Akan tetapi yang terjadi adalah kaki saya terasa berat ketika melangkah. Kemudian Anda juga dapat mencobanya dengan memasukkan air ke dalam plastik sampai hampir penuh, selanjutnya ikat plastik tersebut dengan karet, setelah itu tusuk plastik tersebut dengan jarum maka akan keluar semburan air yang sangat kencang. Jadi ini membuktikan bahwa air menekan ke segala arah.


6. Air Meresap Melalui Cela-Cela Kecil

Pernahkah Anda memperhatikan ketika menyiram bunga, air yang dituangkan ke tanah lama maka kelamaan akan hilang dengan sendirinya, hal ini dikarenakan air memiliki sifat meresap melalui cela-cela kecil yang berada di dalam tanah. Percobaan kedua anda juga dapat melakukan dengan mempersiapkan kain pel dan air secukupnya, kemudian tuangkan air ke lantai setelah itu usapkan kain pel ke lantai yang ada airnya. Maka air tersebut akan hilang dari lantai karena telah meresap ke cela-cela kain. Sedangkan daya kapiler terjadi pada perambatan zat cair melalui cela-cela kecil, seperti terjadi pada lampu kaleng dan kompor minyak.

7. Air Mengalir Dari Tempat Yang Tinggi Ke Tempat Yang Rendah

Dari sifat ini Anda dapat membuktikan dengan memperhatikan aliran air terjun.  Air yang berada di tempat yang tinggi akan selalu mengalir ke tempat yang lebih rendah. Ada faktor yang membuat air yang mengalir dari tempat yang rendah ke tempat yang tinggi yaitu karena ada daya sedot yang membuat air mengalir ke tempat yang lebih tinggi seperti ketika menghidupkan sanyo dan minum air menggunakan pipet.

8.    Permukaan Air Yang Tenang Akan Selalu Datar

Cobalah anda lihat permukaan air yang berada di dalam bak mandi, Bagaimana keadaan permukaan airnya? Maka yang anda lihat adalah permukaan air yang datar dan tenang. Namun jika Anda sentuh air tersebut maka akan terjadi perubahan pada permukaan air tersebut yaitu menjadi gelombang dan tidak datar.

Macam-Macam Air

1. Air Embun

Air embun adalah air yang berasal dari perubahan wujud, yaitu gas atau uap menjadi air. Kejadian ini dapat Anda lihat ketika pagi hari atau setelah turun hujan.

2. Air Danau

Danau yaitu cekungan besar yang berada di permukaan bumi dan di genangi oleh air. Biasanya air yang terdapat di danau adalah air tawar seperti danau toba, danau maninjau dan sejenisnya.

3. Air Hujan

Adanya air hujan yaitu karena mengalami beberapa proses atau siklus sehingga terciptanya air hujan. Siklus tersebut yaitu air yang terkena sinar matahari akan menjadi uap, setelah itu menjadi segumpal awan di langit, kemudian awan-awan di langit menggumpal menjadi satu sehingga awan tersebut terlihat menjadi awan hitam / mendung, kemudian terjadi perubahan wujud dari gas menjadi air setelah itu terjadilah hujan.

4. Air Laut

Air laut memiliki rasa yang asin, sehingga di manfaatkan oleh masyarakat untuk membuat garam (NaCI). Untuk mengubah air laut menjadi garam maka masyarakat menggunakan bantuan sinar matahari.

5. Air Sumur

Air yang banyak di gunakan oleh manusia untuk memasak air, mencuci dan mandi. Karena air sumur lebih bersih dari pada air sungai, air danau atau air laut. Air sumur berasal dari air hujan yang meresap ke tanah.

6. Air Sungai

Air yang mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah dan akan bermuara di laut, air sungai sering digunakan oleh masyarakat untuk pertanian, mandi atau mencuci.

Manfaat dan Kegunaan Air

1. Sebagai Kebutuhan Makhluk Hidup

Kehidupan manusia sangat bergantung pada air, diantaranya untuk mandi, minum, memasak, mencuci dan sejenisnya. Jika tidak ada air di bumi ini aktivitas dan kehidupan makhluk hidup akan terganggu serta tidak ada lagi yang namanya kehidupan.

2. Sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)


Untuk memanfaatkan sumber daya alam yang ada, maka pemerintah dan masyarakat menggunakan aliran air yang kencang dan deras agar dapat menghasilkan listrik, usaha ini dilakukan supaya seluruh masyarakat dapat menerima listrik.

3. Untuk Pengairan Atau Irigasi

Agar pertaniannya tetap subur dan mendapatkan hasil panen yang memuaskan, maka masyarakat memaafkan air untuk membuat pengairan atau irigasi agar setiap sawah mereka dapat di aliri air secara terus-menerus.

4. Sebagai Sarana Transportasi


Untuk masyarakat yang berada di pinggir sungai atau daerah yang terisolir karena terputus oleh aliran sungai, laut atau danau maka banyak masyarakat yang masih menggunakan perahu atau kapal sebagai transportasi untuk bisa sampai ke tempat yang mereka inginkan.


5. Aliran Air Digunakan Untuk Olahraga

Aliran air yang kencang banyak di manfaatkan oleh manusia untuk olahraga seperti arung jeram. Olahraga arung jeram menggunakan aliran air yang sangat deras di antara batu-batu besar, agar lebih tertantang dan lebih mengasyikan bagi yang hobi dalam olahraga ini

6. Aliran Air Di Gunakan Untuk Mengangkut Kayu


Untuk mempermudah pengangkutan barang, sungai-sungai yang ada di Kalimantan di pergunakan oleh masyarakat setempat untuk membawa kayu yang sudah di tebang kemudian di hanyutkan ke sungai. Batang kayu yang mengapung akan selalu mengikuti aliran sungai sehingga mempermudah pengangkutan.

Demikian informasi mengenai sifat-sifat air, macam-macam air dan kegunaan air. Sebagai manusia yang baik Anda harus bisa lebih selektif dalam memanfaatkan, menjaga dan menggunakan air sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel