-->

7 Cara Untuk Lulus Tes Masuk Sekolah SMP SMA SMK Dengan Mudah

7 cara untuk lulus tes masuk sekolah SMP SMA SMK dengan mudah – setelah dinyatakan lulus dari SD dan SMP, tentu anda akan mencari sekolah baru untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Namun untuk bisa masuk ke sekolah yang baru anda harus menyiapkan beberapa persiapan terutama untuk bisa lulus tes masuk ke sekolah yang baru.

persyaratan lulus tes masuk sekolah

Dalam menyeleksi siswa yang baru biasanya sekolah memiliki beberapa kriteria yang harus di penuhi bagi siswa baru agar bisa di terima di sekolah tersebut, seperti nilai raport, nilai ijasah, nilai tes ujian tertulis, tes wawancara, tes minat bakat, tes membaca Al-Qur’an dan piagam lomba.

Oleh karena itu, ketika anda mengikuti tiap-tiap tes tersebut. Usahakan lakukan dengan benar dan penuh rasa tanggung jawab, hal ini bertujuan supaya sekolah tersebut tau bahwa anda memang calon siswa yang berkualitas dan memiliki keinginan yang tinggi untuk masuk ke sekolah tersebut. Namun jangan lupa untuk mendapatkan nilai yang tinggi saat tes ujian tertulis, supaya anda memiliki kesempatan untuk bisa lulus tes seleksi penerimaan siswa baru. ada 2 macam jalur tes untuk bisa masuk ke sekolah yang baru, yaitu sebagai berikut :

a) Jalur Prestasi

Jalur prestasi adalah jalur seleksi penerimaan siswa baru dengan beberapa persyaratan seperti siswa memiliki peringkat lima besar di sekolahnya, nilai rata-rata raport yang telah ditentukan oleh sekolah tersebut, nilai ijasah, piagam lomba dan tes wawancara. Keunggulan dari jalur prestasi adalah memiliki pesaing yang lebih sedikit sehingga peluang untuk di terima lebih besar dan biasanya tidak menggunakan tes ujian tertulis.

b) Jalur Umum

Jalur umum adalah jalur seleksi penerimaan siswa baru dengan beberapa persyaratan yang harus di penuhi seperti nilai raport, nilai ijasah, tes ujian tertulis dan lain-lain. Pada jalur umum anda memiliki daya pesaing yang lebih tinggi karena jumlah siswa yang pendaftar cukup banyak sehingga anda memiliki peluang yang sulit untuk di terima di sekolah tersebut.

Cara Untuk Lulus Tes Masuk Sekolah

Untuk bisa lolos tes masuk sekolah yang baru, cobalah terapkan beberapa cara di bawah ini, diantaranya sebagai berikut :

1. Nilai Raport
persyaratan lulus tes masuk sekolah

Nilai raport adalah sebuah buku yang berisi nilai keterangan mengenai kepandaian dan prestasi belajar yang menggunakan nilai rentang 0 sampai dengan 100. Nilai rapot memiliki faktor yang paling besar untuk bisa di terima di sekolah yang baru, jadi bagi anda yang memiliki nilai raport dengan nilai rata-rata per semester lebih dari 8 maka ada akan dengan mudah bisa di terima di sekolah yang baru.


2. Nilai Ijasah
persyaratan lulus tes masuk sekolah

Ijasah bisa di dapat setelah anda mengikuti ujian nasional, bagi anda yang sekolah di SD maka untuk mendapatkan ijasah anda harus bersekolah selama 6 tahun sedangkan untuk SMP dan SMA / SMK anda bisa mendapatkan ijasah setelah sekolah selama 3 tahun. Untuk bisa mendapatkan nilai ijasah yang tinggi, maka anda perlu belajar yang rajin ketika mendekati ujian nasional. Nilai ijasah akan menjadi pertimbangan untuk bisa lulus seleksi penerimaan siswa baru.

3. Tes Ujian Tertulis
persyaratan lulus tes masuk sekolah

Tes ujian tertulis adalah ujian yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana prestasi belajar anda. Jadi ketika anda sedang melaksanakan tes ujian tertulis, usahakan menjawab dengan benar dan memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin serta kerjakan terlebih dahulu tipe soal yang tergolong mudah kemudian barulah anda mengerjakan tipe soal yang lebih sulit. Nilai tes ujian tertulis akan menjadi modal tambahan agar bisa di terima di sekolah yang baru.

4. Tes Wawancara
persyaratan lulus tes masuk sekolah

Biasanya dalam tes wawancara Bapak / Ibu guru akan memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa baru untuk mengenal bagaimana karakter dari siswa tersebut. Dan pertanyaan yang sering di tanya yaitu seperti siapa nama anda?, apa hoby anda?, apa alasan anda masuk ke sekolah ini?, apa saja prestasi yang sudah di raih selama sekolah? dan berbagai pertanyaan lainnya. Usahakan ketika anda sedang tes wawancara, perhatikan terlebih dahulu penampilan anda apakah sudah rapi atau belum dan tetap tenang.

5. Tes Minat Bakat

Tes minat bakat biasanya akan anda temui ketika masuk ke sekolah menengah kejuruan (SMK), seperti pengalaman yang pernah saya alami. Jadi waktu itu ketika tes minat bakat saya di beri berbagai pertanyaan sesuai dengan jurusan yang saya pilih, misalkan jurusan otomotif maka anda akan diberi pertanyaan mengenai pengenalan alat-alat otomotif seperti jenis kunci, alat ukur dan menyebutkan beberapa komponen pada kendaraan.

Jadi ketika anda sedang melaksanakan tes minat bakat usahakan anda sudah mengenal beberapa kunci dan peralatan yang sering digunakan dalam dunia otomotif, hal ini bertujuan agar Bapak / Ibu guru tau seberapa jauh keinginan anda untuk bisa masuk ke jurusan tersebut, dan tetap tenang serta berpenampilan rapi.

6. Tes Membaca Al-Qur’an
persyaratan lulus tes masuk sekolah

Sebagai umat muslim, anda harus bisa membaca Al-Qur’an. Tes ini bertujuan agar seberapa jauh pemahaman anda tentang agama, apa bila anda mampu mengikuti tes ini dengan baik maka anda memiliki peluang yang cukup besar agar bisa lulus seleksi penerimaan siswa baru. Dari pengalaman yang saya alami Bapak / Ibu guru akan memberikan tes seperti membaca surah-surah pendek tanpa membaca Al-Qur’an jadi harus di hafal dan membaca beberapa ayat dengan memperhatikan panjang pendek dari bacaan ayat tersebut dengan tepat dan benar.

7. Piagam Prestasi

Dengan adanya piagam prestasi maka anda memiliki kesempatan yang tinggi untuk di terima di sekolah yang baru, maka berbahagia jika anda memiliki satu bahkan lebih piagam prestasi. Untuk mendapatkan piagam prestasi, anda harus banyak-banyak mengikuti lomba seperti lcc, kesenian, olahraga dan lain-lain. 


Demikian 7 cara untuk lulus tes masuk sekolah SMP SMA SMK dengan mudah, bagi anda yang sedang berusaha untuk bisa di terima di sekolah favourite, semoga diberi kelancaran dan kemudahan dalam menghadapi setiap tes. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel