-->

Cara Terbaik Untuk Orang Tua Saat Memberi Arahan Pada Anak Ketika Belajar

Pada dasarnya kemauan anak susah di tebak, oleh karena itu sebagai orang tua anda harus bisa mengetahui / mencari kemauan anak yang seperti apa. Saat belajar mungkin banyak sekali yang dilakukan oleh anak di luar dari kegiatan belajar, misalkan sibuk dengan mainannya sendiri sehingga memancing kesabaran orang tua. Itu hal yang wajar karena usia yang masih anak-anak belum bisa sepenuhnya mencerna segala sesuatu yang baik dan di masa itu anak-anak masih senang untuk bermain.

Memberi arahan saat belajar

Saya dapat memberikan informasi ini karena saya sendiri memiliki beberapa keponakan yang orang tuanya mengeluh dengan anaknya yang susah sekali untuk fokus ketika belajar. Dari situ saya mencoba untuk memperhatikan perilaku anak yang sering dilakukan sehingga susah sekali untuk belajar dengan baik, oleh sebab itu saya mengambil kesimpulan untuk membagi informasi tentang bagaimana usaha orang tua agar anaknya bisa fokus saat belajar, berikut ulasannya.

6 Cara Terbaik Orang Tua Saat Memberi Arahan Pada Anak

1.Carilah Ruangan Belajar Yang Tepat

Ada beberapa ciri-ciri ruangan yang mendukung dalam kegiatan belajar seperti suasananya harus tenang, nyaman, dan penerangan cahaya yang stabil. Tempat belajar yang kondisinya mendukung dalam proses belajar sangat menjadi salah satu faktor yang memicu anak lebih serius dan semangat dalam belajar, saya sendiri merasakan bahwasannya ketika kita belajar dengan suasana yang tenang dan nyaman maka kita akan lebih mudah untuk memahami setiap materi pelajaran yang sedang kita pelajari.


2.Jauhkan Benda Yang Dapat Mencuri Perhatian Anak

Cara yang kedua ini bertujuan supaya ketika anak sedang belajar ia tidak sibuk sendiri sehingga anak akan terpusat pada satu tujuan yaitu memperhatikan buku dan mendengarkan arahan dari orang tua. Benda yang dapat mencuri perhatian anak saat belajar yaitu adanya benda-benda bermain miliknya yang ada di sekitarnya, menyetel televisi, handphone, play station dan lain-lain. Usahakan sebelum belajar orang tua sudah menyembunyikan semua benda yang membuat anak tidak fokus belajar, anda hanya perlu mempersiapkan peralatan-peralatan yang dibutuhkan untuk belajar.

3.Melihat Kondisi Anak

Saat usia seseorang memasuki masa anak-anak maka yang sering dilakukan adalah bermain dan selalu bermain, setelah setengah hari menjalankan aktivitas di sekolah ditambah lagi aktivitas-aktivitas lainnya setelah pulang sekolah. Maka tak banyak dari mereka merasa kelelahan serta mengantuk saat orang tuanya mengajak belajar, untuk mengatasi aktivitas anak kita membuat jadwal waktu mulai dari waktu untuk bermain, istirahat dan belajar.

4.Menetapkan Waktu Yang Tepat Untuk Belajar

Orang tua memang harus pandai dalam menentukan waktu-waktu yang tepat dan baik untuk anak anda belajar, penempatan waktu untuk belajar di rumah yaitu pukul 07.00 sampai 20.30 malam. Jangan memaksakan untuk belajar lebih dari jam 21.00 malam, karena di waktu tersebut anak sudah merasakan mengantuk sehingga materi pelajaran yang sedang di pelajari tidak dapat sepenuhnya di serap oleh otak.


5.Memberikan Kata-Kata Pujian Ketika Belajar

Pendidikan yang dilakukan orang tua terhadap anaknya memiliki dampak yang cukup signifikan terhadap perkembangan anak, maka dengan memberikan perhatian semangat berupa kata-kata pujian untuk terus belajar. Dengan demikian dalam diri anak akan timbul semangat yang besar untuk bisa menjadi yang terbaik di sekolahnya.

6.Memberikan Kata-Kata Motivasi Pada Anak


Motivasi yaitu berupa dorongan semangat yang diberikan untuk seseorang supaya lebih percaya diri dalam menjalankan suatu hal. Memberikan motivasi berupa ucapan seperti contoh “ besok anak ibu harus jadi orang pintar, supaya bisa ikut lomba, mempunyai banyak teman dan mendapatkan penghargaan “. Atau anda juga bisa menggunakan kata-kata motivasi lainnya namun masih dalam konteks yang bersifat membangun.

Baca Juga : Tips Cara Untuk Meningkatkan Kecerdasan IQ

Untuk membuat anak menjadi manusia yang cerdas dan juara tidaklah semudah membalikan telapak tangan, karena untuk mencapai  semua itu anak membutuhkan waktu dan bimbingan dari orang tua serta bapak / ibu guru. Kesabaran dalam mendidik seorang anak memang perlu kita tingkatkan, demikian pembahasan tentang cara terbaik untuk orang tua saat memberi arahan pada anak saat belajar, semoga dapat bermanfaat, Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel