-->

Apa Saja Yang Harus Dilakukan Saat awal Masuk Ke Sekolah Yang Baru

Saat pengumuman kelulusan telah keluar banyak siswa yang mulai sibuk untuk memilih sekolah mana yang akan ia daftar, sebagian banyak siswa memilih sekolah yang favorit dan sudah memiliki fasilitas yang lengkap. Para siswa yang sudah lulus SD tentu akan mencari SMP / MTS yang mereka inginkan begitu juga para siswa yang sudah lulus SMP tentunya akan mencari sekolah SMA / SMK yang sudah terakreditasi A atau B.

Awal masuk sekolah baru

Untuk mempersiapkan saat masuk sekolah baru lebih baik anda mencari dulu informasi mengenai sekolah tersebut, apa saja yang terdapat di dalam sekolah itu, misalkan dari segi peraturan, fasilitasnya dan prestasinya. Hal ini untuk memperkirakan kemajuan pendidikan Anda di dalam sekolah yang Anda pilih nanti.

5 Hal Yang Dapat Dilakukan Saat Masuk Sekolah Baru

1. Mencari Informasi Mengenai Sekolah Tersebut

Saat anda sibuk mencari sekolah yang bagus dan nyaman, lebih baik anda mencari tau informasi mengenai sekolah tersebut misalkan bertanya kepada alumni yang pernah lulus dari sekolah itu. Mulai dari proses belajarnya seperti apa, prestasinya sudah sampai nasional atau sudah internasional, fasilitas untuk belajar dan kenyamanan.


2. Lihat Dulu Peraturan Dan Kedisiplinannya

Sekolah yang berprestasi tentu memiliki peraturan dan kedisiplinan yang selalu terjaga, anda dapat melihat bagaimana karakter siswa-siswa yang bersekolah di tempat tersebut, apakah siswanya selalu disiplin atau dibiarkan seenaknya sendiri. Jika masuk ke sekolah yang peraturannya sangat ditegaskan, tentu ini sangat bermanfaat bagi diri anda. Sehingga Anda dapat disiplin waktu maupun disiplin dalam belajar.

3. Kenali Dulu Bangunan Yang Ada Di Sekolah

Ketika masuk ke sekolah yang baru maka Anda harus bisa mengetahui bangunan apa aja yang ada di dalam sekolah tersebut, misalkan letak wc di mana, mushola, laboratorium, ruang guru, perpustakaan, dan tempat kantin. Hal ini bertujuan supaya anda tidak merasa bingung saat mencari letak bangunan yang Anda maksud.

4. Memperbanyak Teman

Terkadang saat anda masuk ke sekolah yang baru tentu banyak sekali yang belum Anda kenali, oleh sebab itu jangan ragu untuk mengajak berkenalan. Anda harus bisa beradaptasi dengan yang lainnya agar dapat berkomuikasi dan saling berbagi pengalaman.

5. Kenali Setiap Guru Yang Ada Di Sekolah Anda

Setelah anda dinyatakan lulus seleksi dan di terima oleh sekolah yang baru maka kenali setiap guru yang ada di sekolah Anda, setidaknya mengetahui nama dan mengajar di bidang apa guru tersebut. Karena ketika anda bertemu Bapak / Ibu guru di sekolah atau di luar lingkungan sekolah Anda sudah mengetahui nama guru tersebut.


Demikian ulasan mengenai apa saja yang harus dilakukan saat awal masuk ke sekolah yang baru, semoga Anda dapat mudah beradaptasi di sekolah baru yang anda pilih dan cobalah untuk bergaul dengan yang lainnya, hindari sikap dingin atau pendiam karena dapat menghambat perkembangan Anda di sekolah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel