-->

11 Hikmah dan Kemulian Bagi Orang Yang Pemaaf

Apakah anda termasuk orang yang pemaaf? Sebagian dari kita mungkin sulit untuk memaafkan orang yang pernah menyakiti hati atau perasaan kita. Mereka beranggapan bahwa sebagai manusia biasa sangat sulit untuk memaafkan orang yang sudah menyakiti dirinya. Akan tetapi, apakah Anda akan berlarut-larut menyimpan rasa sakit hati dan amarah kepada orang yang pernah menyakitinya.

Hikmah orang yang pemaaf

Padahal banyak sekali hikmah dan kemuliaan yang didapatkan bagi orang yang menanamkan sifat pemaaf, anda juga harus bisa mengikhlaskan, sabar dan selalu bertawakal kepada Allah SWT, anggap saja semua itu ujian hidup yang Allah berikan kepada kita untuk menguji seberapa besar keimanan anda.

11 Hikmah dan Kemuliaan Bagi Orang Pemaaf

Menjadi manusia yang lebih baik memang perkara yang sulit, apa lagi memaafkan kesalahan orang lain yang telah menyakiti hati dan fisik anda, tapi menjadi manusia yang pemaaf merupakan suatu hal yang baik seperti yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. berikut kemuliaan bagi orang pemaaf, diantaranya :

1.    Menanamkan Sikap Sabar

Tingkat kesabaran seseorang dapat dilihat saat sedang menghadapi masalah, musibah, dan emosi. Kesabaran pada setiap manusia memang tidak dapat kita ukur namun dapat kita rasakan, terkadang manusia yang keimanannya lebih tinggi atau baik memiliki tingkat kesabaran yang berbeda dengan manusia pada umumnya, karena mereka tau bahwa yang dapat menguatkan hatinya adalah yakin dengan Allah dan mereka tahu bahwa Allah selalu bersama orang-orang yang sabar.

Disaat anda memiliki masalah dengan orang lain dan Alhamdulillah orang tersebut ingin meminta maaf kepada anda mengenai kesalahan-kesalahan yang pernah diperbuat dan kini ia datang kepada anda untuk meminta maaf, maka langkah terbaik yang perlu anda lakukan pada saat itu adalah memaafkannya. Memberikan maaf kepada orang yang meminta maaf akan menjadi salah satu hikmah dalam diri anda yaitu belajar menjadi manusia  yang lebih bersabar.

2.    Menjaga Tali Persaudaraan


Kesalahpahaman dan emosional dapat mengakibatkan rusaknya hubungan silahturahmi yang sudah dijalin selama ini, sifat egois dan mau menang sendiri tidak akan pernah menyelesaikan pertingkaian dari dua pihak yang bersangkutan. Oleh sebab itu, marilah kita rendahkan hati untuk bisa saling memaafkan satu sama lain dengan hati yang tulus dan benar-benar ingin memperbaiki semuanya. Dengan demikian akan menciptakan suatu hubungan saudara yang lebih baik lagi dan lebih bisa menjaga sikap saat berhadapan dengan orang lain.

Baca Juga : Beberapa Cara Untuk Menjaga Hubungan Silaturahmi di Dalam Keluarga


3.    Dapat Menghapus Dosa-Dosa

Salah satu hikmah dan kemuliaan bagi orang pemaaf adalah dapat menghapus dosa-dosa, mengapa demikian? karena Allah SWT sangat menyukai orang-orang yang memiliki sifat pemaaf sehingga barang siapa yang bisa menanamkan sifat pemaaf dalam dirinya maka pahala dan hidup bahagia yang akan di dapat oleh orang tersebut

4.    Pintu Surga Dibuka Semakin Lebar

Seperti yang sudah dijanjikan oleh Tuhan yang Maha Esa bahwa orang-orang yang baik dan selalu beriman kepada Allah SWT akan mendapat balasannya yang setimpal di akhirat yaitu surga, namun berbanding terbalik dengan orang-orang yang lalai dan enggan beribadah kepada Allah maka neraka yang akan menjadi tempat di akhirat nanti.

Apa bila anda memaafkan orang lain dengan tulus berarti anda sudah mengamalkan salah satu sifat Allah SWT yaitu Maha Pemaaf. Semakin anda terus menanamkan sifat pemaaf dan selalu beribadah kepada Allah, maka pintu-pintu surga akan terbuka lebar bagi orang-orang yang mau mengamalkan hal-hal kebaikan yang sudah di jelaskan di dalam Al-Qur'an salah satunya yaitu kemuliaan bagi orang yang pemaaf.

5.    Orang Pemaaf Kedudukannya Lebih Mulia

Mengapa orang pemaaf kedudukannya lebih mulia dari pada orang yang meminta maaf? Karena orang yang meminta maaf lebih mengacu kepada orang yang berbuat salah sehingga kedudukan orang yang memberi maaf jelas lebih mulia dibandingkan dengan orang yang meminta maaf. Oleh sebab itu apakah anda masih tidak mau untuk memaafkan orang lain?

6.    Kedamaian Batin

Bagaimana sih rasanya jika dalam kehidupan manusia tidak ada masalah?, tentu alur hidupnya akan merasakan kebahagiaan, tentram, tenang dan damai. Namun sebaliknya, jika hidup penuh dengan dosa serta kesalahan maka kegelisahan yang akan menghantui kehidupan anda. Oleh karena itu meminta maaf atau memberikan maaf sangat besar pengaruhnya terhadap kehidupan anda.

7.    Menghilangkan Rasa Dengki

Timbul adanya dengki dalam kehidupan manusia terjadi ketika terlibat pertingkaian, permusuhan atau konflik yang membuat sakit hati karena merasa dizalimi, sehingga akan muncul rasa dendam untuk membalas sakit hatinya. Bagaimana dengan orang yang memiliki sifat pemaaf?, ia akan berfikir bahwa apa yang sudah terjadi  tak perlu diungkit-ungkit lagi dan untuk melupakannya, ia akan mengambil sikap untuk memaafkan orang tersebut walaupun orang yang telah menyakitinya tidak mau meminta maaf kepadanya.

8.    Dapat Menyelesaikan Masalah

Berunding dan bermusyawarah adalah solusi terbaik dalam menyelesaikan dan memecahkan suatu permasalahan. Dengan harapan supaya menemukan kesepakatan dari kedua pihak yang bermasalah. Oleh karena itu, dengan adanya saling memaafkan serta mengistropeksi diri niscaya masalah tersebut dapat di selesaikan dengan baik-baik tanpa adanya sikap anarkis.

9.    Meningkatnya Persatuan Antar Manusia

Perselisihan timbul karena perbedaan pendapat dari masing-masing pihak, perbedaan pendapat yang begitu banyak akan menimbulkan tindakan benturan antar golongan. Namun apabila mereka saling menahan diri, saling memaafkan dan lebih bersikap dewasa, maka persahabatan dan persatuan dapat berjalan dengan baik.

10.    Menghapus Sifat Tinggi Hati

Tinggi hati adalah sebutan bagi orang yang memiliki sifat sombong, angkuh dan gengsi untuk meminta maaf. Sudah dijelaskan dalam Al-Quran yaitu “ tidak akan masuk surga apabila di hatinya masih ada sifat sombong ”. Dengan adanya sifat pemaaf di dalam diri manusia maka akan menurunkan rasa  sombong sehingga mau meminta maupun memberi maaf untuk orang lain.


11.    Memiliki Banyak Sahabat

Hikmah bagi orang pemaaf adalah memiliki banyak sahabat, orang-orang akan datang dengan sendirinya kepada anda hanya untuk menjadi sahabat, hal ini sudah menjadi kodrat di mana orang baik akan selalu dicari, dibutuhkan dan selalu dikenang. Berbanding terbalik dengan orang yang memiliki sifat pemarah dan sombong, sehingga banyak orang yang akan menjauhinya dan enggan untuk berkenalan maupun menjadi sahabatnya.

Itulah tadi 11 hikmah dan kemuliaan bagi orang yang memiliki sifat pemaaf, semoga kita semua dapat menjadi manusia yang bisa mengamalkan perbuatan-perbuatan baik seperti memberikan maaf kepada orang lain dan semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu memberikan kita semua perlindungan di dunia maupun di akhirat, Amin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel