-->

8 Hal Yang Terdapat di Dalam Diri Manusia Yang Sulit Dikendalikan

Banyak sekali hal-hal yang terdapat di dalam kehidupan manusia yang sulit untuk dikendalikan, terkadang keadaan yang membuat seseorang harus melakukan hal-hal tersebut. Akan tetapi, lebih baik kita memikirkan terlebih dahulu segala sesuatu yang akan kita kerjakan, yang terpenting tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain. Apakah anda sudah mengetauhi hal apa saja yang sulit dikendalikan pada diri manusia? untuk lebih jelasnya simak uraian berikut ini.

Hal yang sulit dikendalikan

Berikut 8 Hal Yang Sulit Dikendalikan Oleh Manusia


1. Kurang Bersyukur

Terkadang manusia memiliki rasa kurang bersyukur dengan apa yang sudah ada pada dirinya. Mereka merasa kurang ganteng / cantik, kurang kaya dan selalu merasa kurang berkecukupan. Merasa iri dengan orang lain yang hidupnya lebih bahagia, sehingga tak mampu lagi untuk menerima beban hidup yang dialami. Banyak sekali permasalahan yang akan timbul dari akibat orang yang kurang bersyukur seperti manusia yang ingin lebih kaya lagi, sehingga memanfaatkan cara-cara yang kurang baik untuk mendapatkan uang yang lebih banyak. Melakukan korupsi, perampokan, dan penipuan termasuk bentuk ciri-ciri orang yang kurang bersyukur dan merasa kurang berkecukupan.


2. Hawa Nafsu

Hawa Nafsu ialah salah satu yang sangat sulit sekali untuk dikendalikan oleh manusia, nafsu terbagi menjadi dua bagian yaitu yang bersifat positif dan bersifat negatif. Nafsu yang bersifat negatif lebih cenderung menuju hal-hal yang kurang benar, tapi nafsu negatif dapat dikalahkan apabila anda mampu untuk mendekatkan diri kepada Tuhan, sehingga iman yang terdapat di dalam hati dapat melelahkan atau melemahkan nafsu negatif yang akan membawa anda ke hal-hal buruk.

3. Emosional

Kesabaran memang tidak ada batasnya, kesabaran seseorang diuji ketika sedang marah. Ketika manusia tidak mampu lagi menahan amarahnya, maka dia akan melakukan hal-hal yang sangat merugikan dirinya sendiri maupun orang lain  seperti merusak barang-barang dan tindakan kerusuhan lainnya. Hal ini juga akan membuat sahabat, kerabat bahkan keluarga untuk menjauhi anda.


4. Berbohong

Berbohong untuk kebaikan memang diperbolehkan, tapi banyak sekali kebohongan-kebohongan yang dilakukan manusia hanya untuk menutupi kesalahannya sendiri. jika anda sering melakukan kebohongan maka banyak sekali orang yang akan tidak percaya lagi dengan diri anda, lebih baik jujur dan apa adanya sehingga ketenangan dan ketentraman hidup akan anda dapatkan.

5. Menggunjing

Arti dari kata menggunjing adalah membicarakan kejelekan seseorang kepada orang lain, banyak sekali kejadian seperti ini yang saya temui di lingkungan masyarakat. Kebiasaan ini sulit sekali di hilangkan dari watak manusia, dan apabila yang dibicarakan tidak sesuai dengan apa yang terjadi maka takutnya akan menimbulkan fitnah.

6. Malas

Sifat malas memang sangat merugikan bagi kehidupan manusia, sifat ini dapat membuat pekerjaan manusia menjadi tertunda-tunda dan membuang banyak waktu. Orang yang memiliki sifat malas biasanya melakukan hal-hal yang tidak berguna seperti menonton Tv, nongkrong, atau jalan-jalan. Karena sifat ini sangat tidak menguntungkan, lebih baik buang jauh-jauh kata malas dari kehidupan anda sebelum datang kata penyesalan di kemudian hari.

7. Tamak Atau Rakus

Selalu merasa kurang puas dan selalu ingin memiliki semuanya adalah cerminan dari sifat tamak atau rakus, yang mana sifat ini masih ada di dalam diri manusia. Merasa ingin memiliki semuanya tanpa mau berbagi dengan orang lain, sifat tamak yang bersifat negatif juga dapat membawa manusia untuk melakukan tindakan kejahatan.

8. Sulit Untuk Memaafkan

Ketika kita di kecewakan oleh orang lain karena mungkin dia berbohong atau melakukan kesalahan yang tidak bisa di toleransi lagi sehingga sulit untuk kita memaafkan orang tersebut. Namun kita harus tau bahwa setiap manusia pernah melakukan kesalahan, bahkan kita juga pernah melakukan kesalahan. Oleh sebab itu alangkah baiknya kalau kita memaafkannya, Tuhan saja Maha Pemaaf bagi hambanya yang mau bertobat.


Demikian 8 hal yang terdapat di dalam diri manusia yang sulit dikendalikan, yang dapat kita ambil kesimpulannya yaitu sesungguhnya musuh terbesar dalam diri kita sendiri adalah hawa nafsu. Mengapa demikian? karena hawa nafsu dapat mengendalikan dan mengubah manusia menuju ke hal-hal yang tidak baik. Namun apa bila seseorang memiliki keimanan yang kuat niscaya ia akan mampu mengendalikan hawa nafsunya menuju ke hal yang positif.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel