-->

7 Hal Yang Perlu dilakukan Bila Melihat Orang Yang Sedang Bergunjing

Gibah adalah salah satu sifat tercela yang mana membicarakan kejelekan seseorang kemudian diceritakan kepada orang lain. Bergibah mungkin tidak asing lagi untuk kita dengar atau kita lihat, berita yang masih hangat bisa saja tersebar dengan pesat dari satu orang ke orang yang lain.

Dan perantara membicarakan kejelekan orang lain biasanya lewat mulut ke mulut maupun sosial media, sering kali kita temui bahwa sifat ini itu lebih dominan kepada perempuan, karena perempuan lebih suka berkumpul dengan perempuan yang lainnya. Jadi kali ini saya akan berbagi informasi mengenai bagaimana tindakan kita apabila melihat manusia sedang ghibah, mencoba untuk mengingatkan supaya orang lebih bisa menjaga privasi dan kejelekan orang lain.

Tindakan bila melihat orang bergunjing

7 Hal Yang Dilakukan Saat Melihat Orang Bergibah


1.    Memberitahukan Bahaya Gibah

Mengingatkan kepada orang lain ketika berbuat salah adalah kewajiban kita untuk mengarahkan orang tersebut ke jalan yang benar. Dengan cara memberitahukan dampak akibat yang akan terjadi jika terus melakukan perbuatan menggunjing. Banyak sekali efek samping yang ditimbulkan akibat suka menggunjing seperti dibenci orang, dijuluki tukang penyebar gosip, diancam dengan dosa yang besar, hilangnya amal kebaikan dan bisa menimbulkan fitnah. Menjelaskan kepada mereka bahwa apa yang kita lakukan di dunia akan mendapatkan balasannya kelak di akhirat, dengan demikian cobalah untuk lebih bisa menjaga sikap serta mulut agar tidak terjerumus pada jalan yang salah.

2.    Memberikan Saran

Manusia bukanlah makhluk yang sempurna dan tak jauh dari kata salah. Sebagai umat manusia kita diwajibkan untuk saling mengingatkan kepada saudara atau orang lain untuk tidak melakukan yang namanya gibah, memberikan saran atau masukan kepada mereka untuk lebih bisa menjaga rahasia orang lain dan cobalah untuk melakukan aktivitas yang lebih bermanfaat.

3.    Beristighfar

Cobalah untuk mengingatkan kepada mereka untuk selalu beristighfar. Apabila kita melakukan kesalahan serta menyadarinya, alangkah baiknya kita meminta ampunan kepada Allah dengan beristighfar dan tidak lagi mengulangi perbuatannya. Sesungguhnya menggunjing adalah perbuatan yang sangat hina di mata Allah SWT.

4.    Meminta Maaf

Tindakan yang harus dilakukan saat melihat orang sedang bergibah yaitu menyuruhnya untuk meminta maaf kepada orang yang digunjing, karena sudah menceritakan keburukannya kepada orang lain. Perlu kita dukung apabila ada orang yang menyadari kesalahannya dan ingin meminta maaf kepada pihak yang telah digibah. Ada satu hal yang perlu anda ketahui bahwa dosa gibah tidak akan hilang apa bila kita tidak meminta maaf kepada orangnya langsung.


5.    Menjahui

Menjauhi perbuatan yang tercela (menggunjing) sangat dianjurkan oleh agama, selain kita mendapatkan pahala yang begitu  besar, kita juga akan mendapatkan ketentraman jiwa, hati dan juga pikiran. Tingkatkan keimanan dan selalu mendekatkan diri kepada tuhan agar kita dapat dan mampu menghindari perbuatan menggunjing atau gibah.

6.    Membubarkan

Supaya gibah tidak berlangsung lagi sebaiknya yang perlu kita lakukan adalah dengan membubarkan, karena gibah sering kali dilakukan dengan dua orang atau lebih. Dan apabila kita masih membiarkan orang melakukan perbuatan menggunjing, berarti kita telah menjerumuskan orang tersebut menuju jalan yang tidak benar.

7.    Mengintrospeksi Diri

Introspeksi diri adalah mengoreksi diri sendiri, di mana setiap orang memiliki kesalahan dan keburukan di setiap langkah hidupnya, sehingga kita tidak patut atau tidak sopan untuk menceritakan (menggunjing) kesalahan orang lain. Karena yang berhak menilai baik buruknya manusia adalah Allah SWT.


Dari informasi mengenai 7 hal yang perlu dilakukan bila melihat orang yang sedang bergibah kita dapat mengambil kesimpulan yaitu hindarilah perbuatan yang akan merusak pahala anda dan janganlah menceritakan keburukan-keburukan orang lain karena itu sangat di benci oleh Allah SWT.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel