-->

28 Rahasia Cara Jitu Menjadi Juara Kelas dan Juara Umum di Sekolah

28 rahasia cara jitu menjadi juara kelas dan juara umum di sekolah - Setiap siswa / siswi memiliki keinginan untuk menjadi juara kelas serta juara umum di sekolah tanpa terkecuali, menjadi juara tak jauh dari kata pandai, cerdas maupun cerdas. Akan tetapi, untuk mendapatkan gelar tersebut, perlu ada persiapkan terlebih dahulu untuk mendorong anda menjadi orang berprestasi. Apabila anda menjadi juara di kelas, anda akan memiliki banyak teman, terkenal di lingkungan sekolah, dan dapat mengikuti beberapa ajang perlombaan. Wao...hebat bukan.

Mendali juara kelas

Dengan persaingan yang begitu ketat anda harus memiliki strategi-strategi khusus untuk menjadi seorang juara yang perlu sekali anda terapkan, terus selalu berusaha untuk tujuan yang sangat berharga.

28 Rahasia Cara Jitu Menjadi Juara Kelas dan Juara Umum

1. Berdo’a

Sebagai umat yang beragama, mintalah pertolongan kepada Tuhan agar selalu diberi kesehatan, kecerdasan dan kemudahan dalam mempelajari materi di sekolah. Berdo’a adalah poin pertama untuk menjadi siswa berprestasi.

2. Meminta Do’a Kepada Bapak/Ibu

Sebelum meninggalkan rumah atau sebelum anda berangkat menuju ke sekolah, terlebih dahulu lakukan kebiasaan ini. Meminta do’a kepada orang tua sebagai penyemangat anda di sekolah supaya ilmu yang anda dapatkan di sekolah dapat dicerna dengan baik oleh otak.

3. Tingkatkan Lagi Kebiasaan Belajar Anda

Jadikan kebiasaan belajar ini menjadi kegiatan rutinitas dalam hidup anda yang wajib perlu anda lakukan, saat proses belajar berlangsung baik di sekolah maupun saat di rumah usahakan anda selalu memahami dan memperhatikan setiap poin pada materi pelajaran tersebut. Baca materi tersebut sampai anda mengerti betul isi materinya.


4. Sarapan Pagi

Biasakan setiap pagi sebelum berangkat sekolah makan terlebih dahulu supaya perut tidak merasakan sakit saat di sekolah, karena perut yang kosong dapat mengganggu kosentrasi anda. sarapan pagi juga dapat meningkatkan kinerja otak sehingga pikiran akan lebih fokus saat guru menerangkan di depan kelas.

5. Mandi Dulu Sebelum Berangkat Ke Sekolah

Agar badan dan pikiran menjadi segar anda sebaiknya mandi dulu sebelum berangkat ke sekolah, jika anda malas untuk mandi maka saat di sekolah badan akan merasa lemas, lesu dan bawaannya mengantuk ingin tidur sehingga anda kurang bersemangat untuk mengikuti pelajaran.

6. Memanfaatkan Sarana Perpustakaan

Setiap sekolah pasti memiliki fasilitas perpustakaan sehingga anda dapat memanfaatkan fasilitas tersebut dengan sebaik-baiknya. Carilah buku-buku yang materinya masih berkaitan dengan pelajaran yang sedang anda pelajari saat ini, jadi anda jangan terfokus pada satu buku saja. Karena masih banyak versi buku-buku yang materinya lebih lengkap.

7. Memanfaatkan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK)

Salah satu manfaat TIK dalam dunia pendidikan khususnya bagi siswa, yaitu untuk media pembelajaran dan mencari informasi mengenai materi pelajaran. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan komunikasi anda dapat dengan mudah mencari berbagai materi pelajar, sehingga dapat menambah ilmu dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan bapak/ibu guru dengan mudah.


8. Bertanya Apabila Tidak Tau

Di saat anda mendapatkan masalah yaitu kurang jelas atau kurang mengerti tentang pelajaran tertentu, jangan takut untuk bertanya kepada bapak/ibu guru, banyak bertanya bukan berarti anda bodoh. Akan tetapi, itu semua sebagai salah satu langkah, trik, strategi untuk anda menjadi juara di kelas atau pun juara umum di sekolah.

9. Biasakan  Mengerjakan Latihan Soal

Apabila anda dapat menyelesaikan soal-soal dengan cara anda sendiri dengan benar berarti biasa dikatakan bahwa anda selangkah lebih maju, di mana anda mengerjakan soal tersebut dengan sungguh-sungguh dan selalu mencoba terus menerus walaupun jawabannya belum ditemukan. Di situ anda sudah memiliki jiwa berusaha tanpa bantuan orang lain.

10. Menjawab Pertanyaan

Seringkali setiap guru selesai menjelaskan materi pelajaran di depan kelas, mereka langsung memberikan pertanyaan atau quis kepada siswanya. Disaat itu pula usahakan anda untuk maju dan menjawab pertanyaan tersebut dengan benar, langkah ini sangat menguntungkan bagi anda karena dapat menarik simpati bapak/ibu guru bahwa anda siswa yang aktif  dan rajin.

11. Menyimak Atau Mendengarkan

Saat bapak/ibu guru sedang menjelaskan atau menerangkan di depan kelas mengenai materi pelajaran, usahakan anda serius, fokus  dan kosentrasi. Salah satu poin yang paling penting yaitu menyimak karena materi tersebut dapat diserap dengan mudah oleh otak dibandingkan anda membaca buku sendiri.

12. Usahakan Selalu Masuk Sekolah

Apabila seorang murid yang memiliki alfa (tidak hadir tanpa ada keterangan) banyak, ini dapat membuat anda sulit untuk menjadi juara kelas, karena daftar absen siswa salah satu faktor yang digunakan guru menentukan rajin tidaknya siswa, layak tidaknya mendapat nilai bagus dan layak tidaknya naik kelas.

13. Buat Kelompok Belajar Untuk Berdiskusi

Dengan  terbentuknya kelompok belajar anda dapat sharing dengan teman-teman, saling berbagi pengetahuan, memecahkan pertanyaan atau soal yang tergolong sulit. Kegiatan ini juga dapat menjalin hubungan yang baik dengan teman-teman sekelas anda.

14. Selalu Sopan Dan  Baik Kepada Guru Dan Teman

Salah satu penilaian para guru adalah melihat sifat dan karakter pada setiap masing-masing siswa yang berguna untuk menambah nilai raport. Sifat sopan dan baik kepada teman juga dapat membuat kita disayangi oleh mereka dan anda  akan memiliki lebih banyak teman.

15. Jangan Lupa Untuk Beristirahat

Melihat jadwal siswa yang cukup padat dan ditambah lagi waktu untuk bermain, sehingga anda lupa bahwa otak juga perlu untuk beristirahat dan semua organ dalam tubuh juga perlu beristirahat. Sedangkan otak yang lelah tentu sulit untuk berkosentrasi dan pada akhirnya anda bisa jatuh sakit.

16. Waktu Yang Tepat Buat Belajar

Waktu yang paling pas untuk belajar adalah sehabis shalat subuh, mengapa demikian?. Karena setelah anda bangun pagi di saat itu pula kinerja otak dalam keadaan maksimal, sehingga setiap pelajaran dapat diserap dengan cukup baik.

17. Mencari Teman Yang Pintar, Cerdas Dan Pandai

Dengan memiliki teman yang cerdas dapat membuat anda menjadi lebih tau bagaimana pola pikir orang-orang cerdas, mengajaknya untuk belajar bersama. Cobalah anda meminta saran atau masukan supaya menjadi siswa yang cerdas dan dapat mengikuti perlombaan-perlombaan.

18. Selalu Mengerjakan Tugas Dengan Benar Dan Tepat Waktu

Dengan mengerjakan tugas-tugas yang bapak/ibu guru berikan dengan benar dan tepat waktu dapat menambah pundi-pundi nilai yang sudah dikumpulkan. Usahakan tugas yang anda kerjakan itu real atau nyata bahwa yang mengerjakan diri anda sendiri, sekaligus untuk mengetahui sejauh mana kemampuan anda selama ini.


19. Duduklah Paling Depan

Saat memilih untuk duduk di bangku paling depan, anda memiliki peluang besar yaitu saat guru sedang menjelaskan anda dapat menyimak pelajaran dengan baik dan mengapa orang pintar selalu duduknya di depan?, karena duduk di bangku paling belakang lebih identik dengan aktivitas siswa yang suka ribut serta suka ngobrol sehingga kurang fokus saat menerima pelajaran.

20. Memperbanyak Membaca

Membaca adalah salah satu cara siswa untuk menemukan titik utama atau ide gagasan pada materi pelajaran tersebut membaca juga dapat meningkatkan keterampilan anda dalam berbahasa yaitu dapat membaca ratusan kata dalam satu menit serta menambah kosa kata dalam berbicara.

21. Memperbanyak Menulis

Memang benar kegiatan menulis dapat membuat tulisan anda lebih rapi dan dapat meningkatkan imajinais serta daya rekam/ingat yang terus diasah di saat anda menyalin atau merangkum di setiap materi pelajaran tersebut.

22. Membuat Rangkuman

Supaya anda tidak merasa jenuh saat akan menghadapi ujian dan harus membaca materi yang begitu banyak sehingga dapat menyita waktu dan tenaga yang tidak sedikit, oleh sebab itu saya merekomendasikan kepada anda untuk membuat rangkuman di setiap materi pelajaran dan anda  lebih mudah untuk memahami materi tersebut serta menghemat waktu.

23. Selalu Mereferensi Jawaban Soal Yang Salah

Saat ujian tentu anda pernah mengerjakan soal tapi jawabannya salah sehingga hasil nilai yang anda inginkan tidak maksimal. Hal yang perlu anda lakukan adalah mencari jawaban yang benar dari soal tersebut, dan apabila saat ujian nanti soal tersebut muncul kembali anda sudah bisa menjawab soal tersebut tanpa ada kesulitan.

24. Menjawab Soal Yang Mudah-Mudah Saat Ujian

Setiap mata pelajaran saat ujian pasti diberikan rentang waktu untuk mengerjakan soal-soal tersebut, di saat itulah cari soal-soal yang tergolong paling mudah kemudian soal yang kesulitannya menengah barulah mengerjakan soal yang memiliki kesulitan paling tinggi, hal ini bertujuan menghemat waktu dan supaya anda tidak terfokus sama soal yang sulitnya saja.

25. Memiliki Jadwal Pembagian Waktu

Sebagai seorang siswa anda tentu harus memiliki jadwal pembagian waktu, supaya aktivitas anda dapa diatur dengan mudah seperti waktu untuk belajar dan waktu untuk bermain.

26. Selalu Bersyukur

Disaat anda mendapatkan nilai yang jelek atau kurang bagus saat  ujian harian atau ujian semester, itu sebenarnya awal dari sang juara kelas. Jangan putus asa terus berusaha dan pastikan pada diri anda bahwa anda mampu dan bisa untuk lebih baik untuk ke depannya.


27. Olahraga

Saat badan anda fit dan kesehatan yang selalu terjaga sehingga anda dapat berangkat sekolah melaksanakan kewajiban sebagai seorang siswa dan apabila badan tidak sehat dapat mengganggu proses belajar anda, ya minimal 2xdalam seminggu, sehingga kinerja organ dalam tubuh dapat bekerja secara optimal.

28. Refresing

Agar anda tidak terlalu stres karena menghadapi pelajaran di sekolah, sebaiknya saat libur sekolah sempatkan waktu untuk liburan supaya pikiran anda lebih fres. Liburan bisa ke tempat-tempat yang mengasyikkan seperti kebun binatang, pantai, kolam renang atau ke taman.

Semoga informasi 28 rahasia cara jitu menjadi juara kelas dan juara umum di sekolah dapat bermanfaat bagi anda, semoga usaha anda untuk menjadi siswa yang berprestasi diberikan kemudahan dalam memahami setiap materi pelajaran di sekolah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel