-->

Langkah Atau Tips Untuk Mengatur Diri Menjadi Lebih Baik

Kebanyakan orang cenderung sulit untuk mengatur dirinya sendiri. Management diri yang kurang baik terkadang membuat pola hidup Anda akan merasa tak menentu atau kacau balau. Baik dalam mengatur waktu, mengatur keuangan (financial), mengatur jadwal kerja, mengatur waktu bersama keluarga / bersama sahabat. Sebagai langkah awal dalam memperbaiki atau mengatur diri, Anda harus sepenuhnya berkomitmen bawah Anda bisa menjadi diri yang lebih baik lagi, untuk awal-awalnya mungkin bisa dikatakan sulit dijalankan karena hal tersebut belum menjadi hal kebiasaan dalam hidup Anda.

Cara mengatur diri menjadi lebih baik

Lakukan mulai dari hal-hal yang berkaitan dalam mengatur diri menjadi lebih baik mulai dari kebiasaan kecil, agar anda tidak terlalu berat dalam menjalankannya. Misalkan mengatur diri mengenai financial, apabila Anda sudah mendapatkan gaji dari pekerjaanmu, usahakan ¼ nya bisa kamu tabung, karena bila ada keperluan mendadak, kamu bisa menggunakan uang yang tadi Anda tabung. Mengurangi hidup yang berfoya-foya termasuk kebijakan yang real (nyata) dan bagus untuk kedepannya.

Tips Untuk Mengatur Diri Supaya Lebih Baik

1. Melaksanakan perintah Allah dengan baik 

Hati yang tenang akan membuat hidup ini seakan tidak ada masalah sedikit pun, maka itu rajin-rajinlah Anda menjalankan kewajibanmu sebagai hamba Allah, minta pertolongan atas permasalahan yang sedang anda hadapi. Jadikanlah bahwa nama Allah itu akan selalu bersama anda, maka insya Allah segala urusan yang anda hadapi akan berjalan lebih mudah.

2. Mempunyai komitmen 

Dengan keyakinan dan niat yang tinggi, maka anda tidak akan mudah terpengaruh ke hal-hal yang yang dapat merugikan diri anda sendiri. Filter dan selektif setiap aspek kehidupan, tentukan sesuatu yang dapat menunjang kehidupan anda menjadi lebih baik lagi, baik itu dalam urusan pekerjaan, urusan pribadi maupun urusan yang lainnya.


3. Jangan menunda-nunda suatu urusan

Menunda suatu urusan akan menjadi beban pikiran, semakin Anda menundanya maka pekerjaan atau urusan tersebut akan menumpuk sehingga anda akan kerepotan sendiri.

4. Selalu berfikir positif dan optimis

Pikiran yang selalu positif dan optimis akan membuat perasaan dan hari-hari Anda lebih enjoy. Karena yang perlu anda pikirkan adalah bagaimana cara agar selalu semangat dan optimis dalam menjalankan kehidupan ini serta melupakan sesuatu yang tak seharusnya Anda pikirkan.

5. Tanamkan prinsip hidup cekatan

Apabila Anda seorang yang cekatan (ligat) dalam segala sesuatu, berarti dapat disimpulkan bahwa orang yang cekatan mampu memanfaatkan waktu dengan baik. Karena waktu yang sudah lewat tak akan mungkin dapat kembali lagi.

6. Mempunyai rencana hidup

Setiap orang di dunia ini memiliki rencana hidup yang sudah disusun sedemikian rupa untuk menjadi tujuan hidup di masa yang akan datang, namun rencana tersebut harus jelas dan nyata. Untuk mendapatkan apa yang Anda harapkan perlu usaha dan perjuangan yang tidak mudah.

7. Jadikan Nabi Muhammad SAW sebagai contoh

Rosulullah SAW salah satu Nabi yang patut kita contoh, baik perilakunya ataupun tutur katanya, Anda dapat melihat background atau perjalanan hidup Rasulullah SAW mengenai cara mengatasi masalah ataupun belajar menjadi pribadi yang lebih baik.

8. Jangan banyak halusinasi

Janganlah menjadi orang yang banyak halusinasi, Anda harus bisa melihat kemampuan dan kondisi diri anda sendiri. Apabila hal itu dibiarkan maka Anda akan sulit menerima kenyataan hidup yang sedang dijalani dan jadilah pribadi yang bersyukur dengan apa yang sudah diberikan oleh Maha Pencipta.

9. Selalu melakukan yang terbaik

Biasakan untuk melakukan suatu pekerjaan dengan tanggung jawab yang tinggi, manfaatkan amanah (kepercayaan) yang orang lain berikan kepada Anda. Hindari kata-kata mengeluh dan gelisah yang dapat memicu menurunkan semangat kerja.

10. Jangan terpancing oleh omongan orang

Banyak hal yang dapat menghancurkan hidup seseorang, salah satunya mudah terpancing dan terpengaruh omongan orang lain yang akan berdampak buruk bagi kehidupan anda. biasanya sugesti yang diberikan teman atau sahabat kepada anda itu mungkin dapat merugikan orang lain yang tidak bersalah. Jadi di sini anda harus pintar-pintar menyimak dan membedakan hal yang baik atau hal yang buruk.

Demikian informasi mengenai 10 langkah atau tips untuk mengatur diri menjadi lebih baik, Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda dan terima kasih sudah berkunjung di blog yang sederhana ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel