-->

Keuntungan Yang Ditimbulkan Dari Menabung Saat Usia Muda

Keuntungan Yang Ditimbulkan Dari Menabung Saat Usia Muda - Usia muda adalah salah satu proses menuju kedewasaan yang dilalui oleh semua orang. Di masa-masa ini remaja tergolong labil, mudah menerima perubahan, mudah dipengaruhi, egonya meningkat dan menginginkan ini dan itu. Jadi sebagai remaja yang cerdas, dia mampun menyaring (filter) dan menyeleksi baik buruk suatu pergaulan yang semakin lama tidak memperhatikan norma-norma dan etika. Jangan sekali-kali sampai terlibat masalah obat terlarang, karena dalam permasalahan ini remaja termasuk angka tertinggi penggunanya.

Menabung di usia muda

Masa-masa remaja terbagi menjadi tiga bagian yaitu  remaja awal, remaja pertengahan dan remaja akhir. Jadi batas remaja itu sekitar berkisar dari umur 12 – 21 tahun. Di usia remaja ini kamu harus bisa mengambil kebijakan-kebijakan untuk masa depan diri kamu sendiri. Misalkan dalam mengenai finansial atau keuangan, menabung adalah salah satu yang efektif agar kamu tidak hidup berfoya-foya dan suatu saat kamu pasti akan membutuhkan uang yang cukup besar, seperti membayar kos-kosan, membayar uang kuliah. Kamu harus konsisten dalam menabung, memang menabung itu perlu latihan atau kebiasaan dalam menyisihkan uang.

Banyak sekali keuntungan yang akan kamu dapatkan apabila kamu mampu menabung, baik itu menyisihkan uang gaji atau uang jajan, jangan merasa minder menabung cuma Rp.2000 /hari atau kurang, bahkan lebih dari itu,  bukankah “ sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit ” yang terpenting kamu bisa konsisten untuk hidup menabung. Tapi kamu harus ingat, hidup hemat bukan berarti harus serba irit, misalkan demi menyisihkan uang kamu rela setiap hari makan mie instan. Yang ada berat badan anda makin hari makin berkurang.

8 Keuntungan Dari Menabung Saat Usia Muda


1. Sebagai uang untuk berjaga-jaga

Banyak orang yang menabung baru satu minggu atau satu bulan sudah diambil. Padahal, kalau anda  bersabar dalam menabung minimal satu tahun barulah anda ambil, uang yang di dapat pasti lebih banyak. Apabila ada keperluan mendadak yang sama sekali kamu tidak perkirakan, maka uang tabungan tadi dapat kamu gunakan. Tanpa harus meminjam uang kepada saudara atau tetangga.

2. Kunci untuk hidup yang baik

Setiap orang memiliki segudang keinginan yang sampai saat ini belum terwujud, alasanya karena finansialnya belum ada. Nah, dengan menabung kita dapat membeli barang-barang yang belum sempat anda beli seperti membeli rumah, mobil, tanah dan perlengkapan pribadi anda. Tapi harus dikondisikan jumlah dan lamanya kamu menabung.

3. Sebagai sarana  melatih diri

Menabung memang memerlukan latihan, oleh sebab itu menabung timbul karena adanya kebiasaan. Jadi kamu harus bisa berkomitmen dalam menabung demi masa depanmu. Serta juga melatih kita untuk tidak membeli barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan.

4. Mencegah berhutang

Hutang timbul karena tidak adanya uang untuk keperluan sehari-hari, sehingga mau tidak mau kamu harus meminjam uang untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Justru ini termasuk salah satu konflik yang dapat membuat kepala anda merasa pusing tujuh keliling, apa lagi jika ada orang yang setiap hari menagih hutang kepada anda. Menabung salah satu solusi untuk mencegah timbulnya hutang.

5. Sebagai ladang investasi

Bukankah syarat dalam berinvestasi adalah dengan menabung, tidaklah anda dapat berinvestasi apabila tidak menabung dari awal. Jadi semakin banyak anda menabung maka investasinya yang di dapat pun akan meningkat pula.

6. Untuk keperluan di masa tua

Di masa tua nanti tentu anda akan mengurangi beberapa kegiatan yang tergolong berat atau akan mengarah untuk berhenti bekerja karena keadaan fisik yang sudah tak kuat lagi. Tanpa finansial yang cukup maka di usia tua nanti anda akan merasa kurang nyaman dan tidak tenang. Apalagi di usia yang cukup tua badan akan merasa sakit-sakitan. Sehingga anda harus menyiapkan dana untuk biaya berobat, oleh sebab itu uang tabungan yang selama ini anda kumpulkan kurang lebihnya dapat membantu anda.

7. Uang pendidikan anak bisa terjamin

Semakin bertambahnya tahun uang pendidikan pun semakin bertambah, belum untuk membayar uang bangunan, uang kas kelas, uang iuran dan sejenisnya. Oleh karena itu mulai dari sekarang ajarkan kepada anak-anak tentang perlunya menabung sejak dini.

8. Untuk liburan

Siapa di antara anda yang suka traveling atau jalan-jalan? semua orang pasti sangat senang bisa liburan di usia tua atau muda. Dari hasil tabungan anda dapat memanfaatkan uang tersebut untuk liburan atau jalan-jalan, jadi dampak yang ditimbulkannya dari menabung sangatlah besar.

Demikian informasi yang dapat saya bagikan mengenai keuntungan yang ditimbulkan dari menabung saat usia muda, mulai dari sekarang tanamkan pada diri kita masing-masing bahwa menabung memiliki manfaat yang luar biasa. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel