-->

Dampak Terbesar Yang Ditimbulkan Dari Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Dampak Terbesar Yang Di Timbulkan Dari Teknologi Informasi Dan Komunikasi - Seperti yang sudah anda rasakan selama ini bahwa teknologi informasi dan komunikasi merupakan salah satu bentuk teknologi yang mampu berkembang dengan sangat pesat di kalangan masyarakat. Banyak sekali produk-produk teknologi yang diterbitkan oleh perusahaan-perusahaan terbesar seperti perusahaan iphone, samsung, acer, asus, nokia dan masih banyak lagi perusahaan-perusahaan yang menciptakan alat-alat teknologi. Banyak sekali kegiatan masyarakat yang sebagian besar memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi seperti aktivitas sosialisasi menggunakan media sosial, video call, mengirim email / file dan sebagai sarana jual beli barang.

Dampak dari TIK

Kemajuan teknologi sampai saat ini sudah menjelajah ke berbagai kalangan usia anak-anak, remaja, orang dewasa dan bahkan orang tua. Apabila seseorang tidak mampu mengendalikan manfaat dari teknologi informasi dan komunikasi dengan benar, maka efek samping yang ditimbulkan bisa saja berupa penipuan secara online, kasus konten-konten negatif, kasus penculikan lewat media sosial, dan sebagai sarana menyebar berita-berita bohong. Dilihat dari manfaat yang begitu global (besar), teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sudah banyak dimanfaatkan di berbagai perusahaan-perusahaan, intansi pemerintahan dan dunia pendidikan, yang sebagian besar digunakan untuk mengirim email, memasukan data-data penting dan sebagai media pembelajaran.

Dampak Positif Penggunaan Teknologi Informasi


1. Dapat mencari berbagai informasi dengan sangat mudah

Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi yang perkembangannya sangat pesat, maka siapa pun akan memperoleh informasi dengan sangat mudah, untuk mengakses terhadap informasi ini dapat dilakukan di mana pun, siapa pun dan kapan pun. Hal ini dapat meningkatkan ilmu pengetahuan dari berbagai informasi yang sudah didapatnya.

2. Untuk sarana bersosialisasi lewat media sosial


Media sosial merupakan layanan publik yang paling banyak digunakan oleh masyarakat dalam bersosialisasi dengan orang lain seperti media whatsapp, facebook, bbm, line, dan masih banyak lagi. Apa lagi sekarang telah ada yang namanya layanan video call, yaitu video interaksi dengan tatap muka.

3. Sebagai sarana berkomunikasi dengan orang lain yang cukup jauh

Sosialisasi masyarakat dalam berinteraksi dengan individu yang lain kini sudah menjangkau secara global, menggunakan teknologi informasi dan komunikasi kita dapat bersosialisasi dengan orang lain yang keberadaannya jauh dari kita.

4. Sebagai media hiburan

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi ini salah satunya sebagai saranan hiburan, banyak sekali media hiburan yang sudah di berikan atau tersedia seperti games, youtube dan juga music yang dapat membuat stres seseorang menjadi hilang.

5. Sebagai media pembelajaran dalam dunia pendidikan

Seorang siswa juga perlu mengetahui bagaimana manfaat yang diberikan melalui teknologi informasi dan komunikasi dan siswa juga bisa mencari informasi-informasi mengenai materi pelajaran, contoh-contoh soal dan menyelesaikan tugas sekolah maupun tugas kuliah. Sehingga perkembangan dunia pendidikan akan lebih luas dan lebih maju untuk ke depannya.

6. Sebagai sarana mengirim email atau file


File dan mengirim email sudah menjadi kebutuhan manusia, maupun berbentuk dokumen penting dan file musik yang dengan sangat mudah user bagikan ke user lainnya menggunakan bantuan internet atau media lainnya.

7. Sebagai sarana untuk mencari uang


Saat ini, banyak sekali masyarakat menggunakan teknologi informasi dan komunikasi sebagai ladang mencari uang, yaitu berbisnis jual beli secara online (online shop). Sehingga dari segi proses pekerjaannya lebih mudah dan tidak terlalu sibuk. Tinggal saja menunggu pesanan dari customer (pelanggan).

8. Sebagai sarana untuk mencari sebuah lokasi

Sudah tak asing lagi bagi kita bagaimana luar biasanya pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, untuk mengetahui sebuah lokasi atau tempat yang mungkin belum kita tau, sekarang cukup menggunakan internet yaitu google maps, di mana media ini akan memberikan  jalan dan tempat seperti yang kita inginkan, sehingga tidak akan tersesat ke tempat lain.

9. Untuk mempermudah layanan publik

Banyak sekali bukan layanan publik yang menggunakan bantuan teknologi informasi dan komunikasi, hal ini bertujuan untuk mempermudah aktivitas masyarakat dalam sehari-hari, seperti tranfer uang, mengecek tagihan listrik, pendaftaran pekerjaan atau sekolah secara online, sehingga tidak perlu datang ke tempat atau kantor yang bersangkutan.

10. Membantu dan mempermudah suatu pekerjaan

Dengan mengakses ke internet kita dapat mempermudah suatu pekerjaan salah satunya dalam mengirim email yang berisi dokumen penting yang sangat dirahasiakan, berbeda dengan jaman dahulu yang mana dalam mengirim dokumen masih menggunakan surat yang justru keamanannya belum tentu terjamin.

Dampak Negatif Dari Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi


1. Seseorang dapat menjadi malas dalam bekerja

Pengaruh yang diakibatkan dari teknologi informasi dan komunikasi ialah seseorang dapat berubah pola pikirnya, menjadi malas dalam bekerja dan kurang berinteraksi kepada masyarakat sekitar. Pergaulan hidup yang dirampas karena keasyikan bermain internet dan pergaulan yang vakum dari lingkungan masyarakat.

Baca Juga : Dampak Negatif Dari Perkembangan Teknologi Terhadap Kesehatan Manusia

2. Sebagai media untuk menfitnah atau mengejek satu sama lain


Terkadang di berbagai informasi terutama sosial media atau sosmed, banyak sekali yang dimanfaatkan banyak orang untuk mengumbar kebencian yaitu saling memfitnah atau saling melecehkan nama baik, sehingga  banyak sekali perkara tersebut sampai ke pengadilan hukum. Sebagaimana manusia yang baik, seharusnya saling menjaga dan menghormati satu sama lain.

3. Maraknya informasi hoax atau opini

Informasi hoax atau opini sering diartikan sebagai informasi palsu atau tidak fakta, timbulnya masalah informasi yang opini dapat mengakibatkan kesalahpaham di berbagai kalangan masyarakat. Apabila anda tidak dapat membedakan mana informasi yang bersifat opini dan mana informasi yang bersifat fakta, maka dengan sangat mudah anda akan terjebak dalam informasi tersebut.

4. Banyak informasi yang  tidak mendidik

Masuknya jalur akses informasi yang begitu mudah, banyak informasi yang di dalamnya berisi berita atau wancana yang tidak mendidik, yang dapat memicu timbulnya perasaan sugesti pada seseorang setelah melihat atau membaca informasi tersebut. Misalkan informasi mengenai cara membobol rekening bank atau cara menjadi orang yang pandai bergulat. Dan pada akhirnya seseorang dapat menerapkan serta melakukan hal tersebut dalam kehidupannya.

5. Kreatifitas seseorang yang semakin berkurang

Banyak hal yang sudah dikerjakan menggunakan bantuan berbagai produk teknologi, sehingga dapat menyelesaikan suatu hal dengan waktu yang sangat cepat dan instan. Oleh sebab itu sebagian besar dapat mengurangi kreatifitas seseorang yang mana selalu bergantung kepada teknologi.

6. Untuk memprovokasi orang-orang

Kejadian memprovokasi sebagian besar dilakukan di media sosial, memprovokasi dapat mengakibatkan timbulnya seseorang saling menghujat satu sama lain. Yang mula-mula peristiwa kecil dan sepele dapat berubah menjadi peristiwa yang besar. yang beritanya dapat dilihat di seluruh belahan dunia.

7. Etika dalam berbahasa di media sosial semakin tak terkendali

Banyak orang yang mengeluarkan keluh kesalnya terhadap orang lain di media sosial dengan menggunakan kata atau kalimat yang tak pantas diucapkan, hal ini akan memancing orang lain untuk mencoba meniru dan menerapkan apa yang telah dia lihat. Sehingga moral dalam bertutur kata sudah tidak dapat lagi diterapkan.

8. Maraknya penipuan  oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab


Ternyata banyak sekali penipuan yang terjadi di dalam kehidupan masyarakat, salah satunya penipuan di dunia teknologi informasi dan komunikasi. Penipuan yang kerap terjadi yaitu secara online yang digunakan masyarakat untuk berbisnis jualan (online shop). Di mana uang yang sudah di transfer, tetapi barang yang di inginkan tak kunjung datang ke rumah apalagi terkadang barang yang sudah  dibeli tidak sesuai dengan permintaan barang yang sudah dibayar.

9. Meningkatnya konten-konten negatif (video dewasa)

Kecanggihan yang dihasilkan teknologi informasi dan komunikasi sudah tidak diragukan lagi, semua informasi mengenai suatu hal bisa anda dapatkan dengan mudah, namun kecanggihan teknologi yang begitu besar dimanfaatkan oleh beberapa orang untuk membagi atau membuat konten-konten yang berbau negatif yang dapat merusak pola pikir seseorang.

10. Prestasi dalam belajar bisa menurun

Keasyikan dan kenyamanan dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang berlebihan akan membuat seseorang menjadi lebih malas untuk belajar. Sehingga prestasi anak di sekolah menjadi turun, hal ini perlu mendapat kebijakan dari orang tua, bahwasanya agar anak dapat membagi waktu untuk belajar. Penyebab yang paling banyak dilakukan oleh anak-anak adalah bermain game.

Dari informasi mengenai dampak terbesar yang di timbulkan dari teknologi informasi dan komunikasi dapat kita ambil kesimpulannya yaitu sebagai manusia yang cerdas cobalah untuk lebih selektif dalam menanggapi setiap perubahan di berbagai aspek kehidupan, di mana mampu membedakan baik buruk yang ditimbulkan dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel