-->

Dampak Negatif Dari Perkembangan Teknologi Terhadap Kesehatan Manusia

Seperti yang sudah anda ketahui dan anda rasakan bahwa kemajuan teknologi sudah meraba ke segala bidang seperti dalam bidang politik, pendidikan, komunikasi dan kesehatan. Perkembangan teknologi yang begitu pesat memiliki manfaat yang luar biasa bagi setiap kegiatan manusia, sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga.

Bahaya teknologi kesehatan manusia

Akan tetapi, selain memiliki manfaat yang positif teknologi juga memiliki dampak yang negatif, salah satunya dampak bagi kesehatan manusia. Banyak sekali penyakit-penyakit yang ditimbulkan karena kita terlalu sering menggunakan benda yang mengandung teknologi.

Di dalam bidang kesehatan memang teknologi juga berperan penting, seperti untuk radiologi, menscan organ, USG dan masih banyak lagi. Penggunaan teknologi yang terus menerus akan mendatangkan suatu penyakit baru yang langsung maupun tidak langsung, mungkin dalam jangkau yang pendek kita belum merasakannya, penyakit tersebut akan terlihat dalam waktu beberapa tahun ke depan. Oleh sebab itu anda harus lebih berhati-hati dalam menggunakan teknologi, jangan sampai di masa tua nanti anda menyesalinya.

Dampak Negatif Teknologi Bagi Kesehatan Manusia

Berikut beberapa gangguan dan penyakit akibat dari pengaruh teknologi bagi kesehatan manusia, diantaranya yaitu:

1. Penglihatan Akan Semakin Berkurang

Sinar cahaya yang dipantulkan dari monitor atau handphone menuju ke indra penglihatan yang secara terus menerus akan membuat mata menjadi lelah. Apalagi posisi badan yang tidak sesuai dengan arah pandang ke monitor seperti posisi tidur, kebiasaan ini sangat beresiko sekali untuk mata anda, karena posisi mata dengan monitor yang kurang tepat. Agar mata tidak kering saat di depan monitor, sering-sering berkedip dan sesekali anda pindahkan arah pandangan mata ke luar ruangan, bila perlu usapkan kelopak mata secara lembut dan memakan buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin A.

Baca Juga : 7 Pengaruh Positif dan Negatif Kemajuan Teknologi Bagi Perkembangan Anak

2. Terganggunya Sistem Pendengaran

Paparan radiasi pada telepon genggam dapat berakibat buruk bagi sistem pendengaran, saat anda menerima telepon tentu handphone akan selalu berdekatan dengan telinga, di saat itu pula paparan radiasi akan masuk ke telinga anda dan akan mengganggu saraf telinga. Cobalah saat menerima telepon anda dapat menggunakan kabel handset, sehingga handphone jauh dari telinga.

3. Merusak Jaringan Otak

Gelombang radiasi yang terdapat pada smartphone juga dapat merusak jaringan atau saraf pada otak, hal ini dapat terjadi pada saat anda menerima telepon. Di saat anda berkomunikasi, smartphone akan bekerja lebih keras untuk mencari sinyal, sehingga gelombang radiasi yang ditimbulkan akan lebih besar. rusaknya salah satu jaringan dalam otak tentu akan menghambat aktivitas dan kemungkinan besar  juga dapat menurunkan daya ingat.

4. Gangguan Pada Organ Penting

Pernahkah anda mengantongi handphone di dalam saku celana? Pasti pernah, letak handphone yang berdekatan dengan organ penting juga dapat menurunkan dan mengurangi kualitas dari organ tersebut, gelombang elektromagnetik yang dihasilkan oleh handphone memang tidak dapat kita rasakan secara langsung.  Akan tetapi dalam jangkau waktu yang lama efek negatifnya akan dapat kita rasakan.

5. Gangguan Pada Organ Bagian Dada

Poin yang satu ini lebih mengacu pada kaum perempuan, banyak sekali terkadang wanita meletakan handphonenya di saku baju bagian depan tepat di daerah dada. Dilihat dari segi kenyamanan meletakan dan mengambil HP di saku depan baju lebih mudah mengambilnya dibandingkan meletakan hp di saku celana yang terkadang lebih sempit dan susah. Dari segi negatifnya dapat menimbulkan penyakit kangker atau pun tumor, hal ini perlu anda jauhi karena kesehatan itu mahal harganya.

6. Gangguan Pada Saraf

Saraf adalah organ vital yang harus dilindungi, printer yang memiliki tingkat kebisingan yang tinggi dapat mengganggu saraf pada manusia, di mana hal ini dapat menimbulkan gejala-gejala rasa nyeri maupun kelelahan.

7. Gangguan Pada Tulang Punggung

Posisi duduk yang statis dalam jangkau waktu yang lama saat memakai monitor dapat membuat tulang punggung menjadi  lelah dan akan merasakan nyeri. Terutama bagi seorang pekerja atau karyawan yang perlu mengatur posisi monitor dengan tepat dan nyaman. Hal ini dapat menjadi lebih buruk apabila anda kurang olahraga, kurang istirahat dan stres. Selain tulang punggung posisi tangan saat memegang mouse juga dapat mempengaruhi otot tangan. Gejalanya seperti otot tangan terasa kaku atau gemetar.


Demikian informasi 7 dampak negatif dari perkembangan teknologi terhadap kesehatan manusia, dapat kita ambil kesimpulannya yaitu selain memiliki manfaat yang luar biasa teknologi informasi dan komunikasi juga memiliki dampak negatif bagi kesehatan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel