-->

Beberapa Tips atau Cara Menghadapi Orang Tempramental dan Mudah Marah

Beberapa Tips dan Cara Menghadapi Orang Yang Mudah Marah atau Emosian- Setiap manusia normal biasanya memiliki sifat emosional yang sudah diberikan oleh  Maha Pencipta di saat kita dilahirkan ke dunia. Sifat emosional ini terkadang keluar pada saat orang tersebut merasa tidak dapat menerima sesuatu yang dianggap tidak adil, manusia yang mempunyai sifat emosional cenderung kasar.

Cara menghadapi orang tempramental

Dan apabila emosionalnya sudah memuncak maka bisa saja kata-kata yang tidak pantas diucapkan akan keluar dari mulutnya, bahkan tindakan fisik sekali pun, banyak sekali kejadian-kejadian seperti ini yang sering kita jumpai di luar atau di dalam lingkungan tempat tinggal kita. Sifat pemarah atau egois tidak memandang baik itu anak-anak, remaja, dewasa ataupun orang tua yang sudah lanjut usia.

Jika hal ini dibiarkan secara terus menerus maka orang tersebut akan dirugikan oleh dirinya sendiri seperti dijauhi orang yang di sekitarnya dan dicap sebagai orang pemarah. Ketika orang sedang meluapkan kemarahanya, sulit untuk orang tersebut untuk melihat kondisi di sekitarnya dan tidak memperhatikan kepentingan orang lain. Jika sedang menghadapi orang yang emosional sebaiknya anda perlu berhati-hati, karena bisa saja Anda menjadi korban dari orang tersebut. Emosi yang sudah tidak dapat ditahan lagi akan membuat orang tersebut hilang kesadaraan, bahkan menuju tindakan fisik.

Cara Menghadapi Orang Yang Emosian

Cobalah lakukan cara di bawah ini untuk membantu mengatasi orang yang sedang emosi, diantaranya sebagai berikut :

1. Lihat dulu apa penyebab

Setiap orang yang sedang marah tentu ada alasan dibalik tindakannya itu, bujuk dia dengan hati yang tenang agar orang tersebut mau menceritakan keluh kesal yang sedang dialami. Kemudian barulah anda memberikan sugesti-sugesti yang dapat membuat orang tersebut menjadi lebih tenang dan dapat menyelesaikan masalah secara baik-baik kepada pihak yang bersangkutan.

Baca Juga : Langkah Atau Tips Untuk Mengatur Diri Menjadi Lebih Baik

2. Membawa ke tempat yang lebih tenang


Saat sedang emosionalnya semakin tak dapat di kontrol lagi, bawalah dia ke tempat yang lebih tenang, menjauhi dari TKP (tempat kejadian perkara). Berilah dia pengertian dan penjelasan supaya dapat mereda emosinya.


3. Memberikan waktu untuk dia berbicara

Berilah kesempatan untuk memahami situasi yang dialami orang tersebut, luangkan waktu untuk dia meluapkan isi hatinya. Di saat Ia sedang berbicara, diharapkan anda  jangan langsung menanggapinya, tunggu sampai dia selesai berbicara, barulah di situ kesempatan Anda buat memberi penjelasan kepadanya.



4. Bermusyawarah dengan pihak bersangkutan

Dengan bermusyawarah maka akan menemukan titik terang atau hasil keputusan yang dapat memecahkan permasalahan. Janganlah menyelesaikan suatu perkara dengan keributan yang ditimbulkan karena emosi, gunakan kepala dingin untuk menyelesaikannya.

5. Hadapi dengan sikap tenang

Untuk menghadapi orang yang mudah marah atau emosional perlu memberikan sikap tenang saat dihadapannya. Jangan tampilkan mimik wajah atau gerakan fisik yang dapat membuat Ia emosi kembali.

6. Diam dan Sabar

Cukup diam dan sabar saat anda menghadapi orang yang emosi dan egois, mengapa harus demikian? Karena kalau anda tidak memiliki sikap sabar, bisa saja Anda akan terpancing emosinya dan pada akhirnya akan menjadi kacau. Sabar memang tidak ada batasannya, tetapi apabila Anda mampu mengendalikan hal itu, maka Anda akan menemukan ketenangan hati yang luar biasa.

7. Gunakan bahasa yang halus untuk menenangkan

Saat anda berbicara dengan orang tersebut, sebaiknya Anda menggunakan kata-kata yang halus, supaya orang tersebut hati dan pikirannya lebih dingin dan tenang. Jangan keluarkan kata-kata yang menyingung atau memihak salah satu dari mereka, tapi anda berusaha menjadi penenang atas peristiwa tersebut.

8. Menjelaskan dampak buruk dari sifat emosi

Langkah ini setidaknya dapat membantu orang yang mudah emosinal, cobalah Anda untuk menjelaskan kepadanya bahwa sifat pemarah itu sangatlah tidak baik bagi kesehatan seperti timbulnya darah tinggi, stres, serangan jantung dan penuaan yang lebih cepat. Sehingga orang tersebut akan berfikir ulang sebelum marah.

9. Memberi saran dan masukan

Di saat Anda memiliki peluang buat berbicara, maka saat itulah waktu yang tepat untuk memberikan saran atau solusi atas permasalahan yang sedang dihadapinya. Di mana saran tersebut mampu mencairkan suasana dan sekaligus sebagai bentuk perhatian Anda kepada orang tersebut.

10. Menjauh apabila keadaan semakin kacau

Apabila orang tersebut tidak dapat mengendalikan emosinya sehingga semakin memberontak, maka tindakan yang harus Anda lakukan adalah meninggalkan atau menjauhi orang tersebut. Walaupun Anda sudah mencoba memberikan pengertian dan saran, tetapi hal itu tidak dapat merubah keadaan yang ada.

Itulah tadi informasi seputar 10 tips dan cara menghadapi orang yang temperamental dan mudah marah, dapat kita simpulkan bahwa ketika kita sedang marah cobalah untuk mengucapkan kalimat istiqfar  agar hati menjadi lebih damai dan tenang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel