-->

Beberapa Cara Untuk Menjaga Hubungan Silaturahmi di Dalam Keluarga

Beberapa Cara Untuk Menjaga Hubungan Silahturahmi  di Dalam Keluarga - Sebuah keluarga terdiri dari seorang ayah, ibu dan anak. Banyak kenangan yang sudah dialami di dalam keluarga, seperti berkumpul bersama, tertawa bersama, liburan bersama dan masih banyak aktivitas-aktivitas yang dilakukan bersama keluarga. Tetapi terkadang ada beberapa masalah yang timbul di dalam keluarga, baik konflik antara ayah dengan ibu, ayah dengan anak, ibu dengan anak dan ada juga antaran saudara kandung atau saudara yang lainnya.

Menjaga silahturahmi dalam keluarga

Perselisihan timbul karena adanya perbedaan pendapat dan kesalahpahaman antara masing-masing individu. Dengan demikian janganlah anda apabila bertemu dengan saudara di rumah atau di tempat lain untuk enggan tegur sapa menyapa, hal ini tidak boleh dibiarkan terus menerus, karena di dalam agama tidak perbolehkan saling diam tanpa sapaan atau teguran dengan saudara lebih dari tiga hari. Karena dapat merenggangkan tali persaudaraan yang sudah di jalin selama ini.

Untuk menyelesaikan hal itu, sebaiknya dilakukan musyawarah kekeluargaan demi menemukan suatu kesepakatan atau keputusan yang dapat mereda permasalahan yang sedang dialami dalam keluarga. Saling memaafkan satu sama lain adalah cara yang tepat untuk menciptakan kerukunan dan keharmonisan bagi keluarga besar anda. Menjadi manusia yang pemaaf bukanlah hal yang merugikan karena ada beberapa hikmah dan kemuliaan bagi orang yang pemaaf.

Cara Untuk Menjaga Hubungan Silahturahmi di Dalam Keluarga

Saling Bantu Membantu

Di saat ada saudara Anda sedang kesusahan, kita wajib membantu sebagai bukti kalau anda itu perduli kepadanya. Misalkan, ada saudara yang masuk rumah sakit dan terpaksa harus dirawat, maka Anda harus menjenguknya, memberikan do’a supaya cepat sembuh dan memberikan santunan seikhlasnya untuk meringankan beban yang sedang dialaminya.

Baca Juga : 20 Hak dan Kewajiban Seorang Anak di Rumah dan Keluarga

Saling Beri Memberi

Poin ini sangat berpengaruh dalam proses menjaga silahturahmi, mengapa demikian? Karena berbagi dengan saudara sangat dianjurkan oleh agama, berbagi bukan hanya berupa uang saja, tetapi juga bisa berupa makanan. Walaupun tidak terlalu banyak setidaknya Anda sudah berusaha menjadi saudara yang baik.

Membuat Acara Kumpul Bersama Keluarga Besar

Di saat kita sudah menikah, banyak yang tidak tinggal lagi serumah dengan orang tuanya. Maka buatlah acara rutin paling sedikit satu bulan sekali pertemuan, hal ini berguna untuk melepas rindu. Suatu kebahagiaan yang tak ternilai harganya saat bisa berkumpul bareng bersama keluarga besar.

Membuat Group Chatting Di Social Media

Dari tahun ke tahun perkembangan teknologi di dunia semakin maju, salah satunya di bidang komunikasi, banyak masyarakat yang memanfaatkan untuk bersosialisasi menggunakan beberapa aplikasi-aplikasi chatting, seperti whatsapp, line, bbm, facebook dan masih banyak lagi, yang bisa digunakan di seluruh negara. Dengan menggunakan bantuan aplikasi chatting ini, Anda dapat membuat group chat sehingga hubungan kekeluargaan tetap terjaga dengan baik.

Saling Kunjung Mengunjungi

Berkunjung ke rumah saudara sangatlah dianjurkan, apalagi berkunjung ke rumah orang tua atau ke rumah kakek dan nenek, tindakan ini sebagai simbol perhatian anda kepada mereka. Oleh sebab itu luangkan waktu minimal satu minggu sekali atau satu bulan sekali untuk berkumpul dengan saudara-saudara yang lainnya.

Selalu Bersikap Baik Dan Sopan

Menjaga lisan dan perilaku sangat penting untuk menjaga keakraban satu sama lain, jangan mengeluarkan kata-kata yang dapat membuat perasaan saudara Anda tersinggung bahkan bisa membuat mereka marah. Apalagi sedang berbicara kepada orang yang lebih tua dari Anda, maka gunakan nada-nada suara yang rendah dan halus tutur katanya.


Dari artikel di atas anda sudah mengetahui cara untuk menjaga hubungan silahturahmi di dalam keluarga, pada dasarnya bila hubungan di dalam keluarga baik maka sudah di pastikan kebahagiaan akan mudah dirasakan oleh semua anggota keluarga tersebut. Menurunkan ego dan saling memaafkan akan menciptakan kerukunan dan keharmonisan bagi keluarga besar anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel