-->

10 Kebiasaan Hidup Boros Yang Dapat Membuat Seseorang Jatuh Miskin

10 Kebiasaan Hidup Boros Yang Dapat Membuat Seseorang Jatuh Miskin - Banyak sekali faktor-faktor yang dapat membuat perilaku atau gaya hidup seseorang yang serba mewah, hingga daftar pengeluaran biaya hidup yang terus naik, sehingga seseorang bisa jatuh miskin karena tidak dapat mengatur keuangannya (management finance). Uang anda yang terus menerus habis untuk membeli barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan dalam hidup anda, ini termasuk kebiasaan buruk yang harus anda hilangkan. Apa lagi pengeluaran keuangan lebih besar dari pada hasil pendapatan anda bekerja, hal ini membuktikan gaya hidup yang sangat boros.

Hidup boros jatuh miskin

Biasanya di masa-masa remaja, seseorang sulit untuk mengatur keuanganya, hal ini dikarenakan di masa itu seseorang akan mengekspor dirinya seperti penampilan yang serba wah mahalnya, membeli hp yang mahal, membeli tas yang mahal, jam yang mahal dan sepatu yang mahal, Pokoknya serba mahal agar tidak ketinggalan jaman seiring bertambahnya tahun. Untuk menjadi manusia yang kaya atau sukses, hal yang pertama anda lakukan adalah dengan mengubah perilaku kebiasaan buruk. Cobalah mulai sekarang biasakan untuk menabung, jangan terlalu boros dan berfoya-foya.

10 Kebiasaan Yang Dapat Membuat Seseorang Jatuh Miskin


1. Pengeluaran lebih besar dari penghasilan anda bekerja

Tidak ada orang lain yang dapat melarang anda untuk membeli barang apa pun yang anda sukai, selagi anda mampu untuk membeli barang tersebut. Akan tetapi, apabila anda terus menerus mengeluarkan uang yang jumlahnya tidak sedikit. Bagaimana kalau anda sedang menghadapi konflik dan anda tidak memiliki pegangan uang? hal ini justru akan membuat anda bingung, cobalah mulai sekarang budayakan kebiasaan menabung, dari nominal uang yang kecil ke nominal yang cukup besar, yang terpenting adalah anda sudah mampu menyisipkan uang dari hasil kerja anda walaupun itu sedikit.

2. Senang belanja barang-barang yang mahal dan terkemuka

Barang yang mahal tentu memiliki kualitas bahan yang sangat bagus dan apabila dipakai akan merasa lebih percaya diri di hadapan orang banyak. Tapi disisi lain apakah anda tidak mempertimbangkan terlebih dahulu dengan jumlah harga barang yang cukup mahal, lebih baik uang tersebut anda gunakan untuk kebutuhan beberapa  tahun ke depan. Anda akan merasa pusing untuk mencari uang yang cukup banyak, kalau anda terus menerus mengutamakan ego dan nafsu untuk membeli barang-barang yang mahal.

Baca Juga : Langkah Atau Tips Untuk Mengatur Diri Menjadi Lebih Baik

3. Mengabaikan masa yang akan datang

Kalau anda terus menerus menikmati hidup yang super wah, kapan anda akan memikirkan masa hidup yang akan datang?, bukankah semakin bertambahnya tahun harga kebutuhan pokok juga akan naik. Cobalah anda untuk lebih bijak dalam memikirkan beberapa tahun ke depan, karena tak selamanya hidup ini akan merasa bahagia yang terus menerus, pasti akan ada masa-masa pahitnya kehidupan.

4. Tidak memikirkan untuk menabung

Menabung adalah salah satu cara yang paling ampuh untuk menghambat kebiasaan hidup yang boros, mengapa demikian?, karena dengan menabung seseorang akan bisa mengatur keuangannya dengan baik. Beberapa persen untuk di tabung, beberapa persen untuk kebutuhan pokok dan beberapa persen untuk kebutuhan tak terduga.

5. Selalu membeli barang-barang yang serba baru

Mungkin sebagian dari kita ada yang selalu membeli benda atau barang elektronik yang selalu baru, tidak mau yang second. Demi memenuhi permintaannya untuk membeli barang-barang terbaru sampai-sampai dia rela meminjam uang orang lain. Kalau terus-menerus mengikuti keinginan anda, tentu saja hal ini akan merugikan diri anda sendiri.

6. Sering makan atau nongkrong di tempat yang mahal

Makan di restaurant yang mahal dan bagus tentu akan menambah buget atau pengeluaran keuangan. Memang tempat makan atau nongkrong di warteg memang jauh berbeda dibandingkan di restauran atau kafe, baik dari segi kebersihan dan segi kelezatan makanan. Tetapi membiasakan hidup sederhana sangatlah dianjurkan.

7. Membuat daftar pengeluaran

Tak sedikit dari kita mungkin bingung, ke mana habisnya uang yang digunakan selama ini. Dengan membuat daftar pengeluaran anda dapat memperincikan pengeluaran keuangan setiap bulan, mulai dari kebutuhan pribadi, kebutuhan pokok dan kebutuhan tak terduga. Jika hal ini bisa anda terapkan maka rencana kebutuhan hidup bisa lebih teratur dan dapat di handel dengan baik.

8. Lupa kalau hidup tak selamanya di atas

Orang kalau sudah bahagia dengan hidup mewah dan  berkecukupan, sehingga dia lupa kalau roda kehidupan pasti akan berputar, yang mula-mula di atas bisa jadi besok di bawah, dan yang mula-mula di bawah bisa jadi besok di atas. Jadi untuk menghadapi keadaan tersebut anda harus mempersiapkan diri dengan baik.

9. Selalu enggan berbagi atau bersedekah

Bukankah Allah selalu mengajarkan kepada umatnya untuk selalu berbagi atau bersedekah kepada orang yang kurang mampu, karena dengan bersedekah Allah akan memberikan kenikmatan yang berlipat ganda dan Menjadi manusia yang bermanfaat buat orang lain sangatlah dianjurkan  dan dia termasuk orang-orang yang di cintai Allah SWT.

10. Selalu malas-malas dalam bekerja

Manusia yang sukses itu, tak jauh dari kata pekerja keras, kreatif, tidak malas-malas dan selalu memiliki komitmen untuk maju. Sedangkan kalau anda bermalas-malas dalam bekerja, bagaimana anda akan mendapat masukan keuangan setiap bulan dan bagaimana anda akan memenuhi kebutuhan hidup. Oleh sebab itu tanamkan dalam diri anda bahwa segala sesuatu apa yang kita harapkan pasti butuh perjuangan yang ekstra.


Dengan adanya informasi mengenai 10 kebiasaan hidup boros yang dapat membuat seseorang jatuh miskin, mulailah ubah kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat membuat seseorang menjadi jatuh miskin, apabila anda mampu menghindari kebiasaan tersebut, kesuksesan dalam finansial akan mudah anda dapatkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel