-->

TPU (tempat pemakaman umum) Kerta Jaya Desa Perintis

Tempat pemakaman umum ( TPU ) atau orang sering memanggilnya kuburan, di mana tempat ini adalah rumah peristirahatan terakhir kita semua. Apa yang terlintas di pikiran anda ketika sedang melewati pemakaman? Sebuah tempat yang sunyi dan terkesan seram. Biasanya tempat pemakaman akan banyak di kunjungi oleh para peziarah yang akan mendo’akan keluarganya yang sudah meninggal. Dan hari kamis, beberapa hari sebelum puasa, beberapa hari sebelum hari raya dan setelah selesai sholat idhul fitri adalah waktu yang paling banyak digunakan orang untuk berziarah ke makam.  Salah satunya tempat pemakaman umum ( TPU ) Kerta Jaya.

TPU Kerta Jaya

Tempat pemakaman umum kerta jaya terletak tepat di poros jalan 23 unit 1 Dusun Kerta Jaya, Rimbo Bujang, TPU kerta jaya ini sudah ada sekitar tahun 1978 an. TPU ini memiliki dua bagian yaitu satu bagian khusus beragama muslim dan bagian satunya lagi khusus beragama nasrani. Saat awal adanya pemakaman ini dulu seperti hutan yang rimbun, karena pada saat itu tempat dusun kerta jaya adalah salah satu yang menerima masyarakat transmigrasi. Karena adanya partisipasi masyarakat yang tinggal di sekitar TPU kerta jaya dengan sukarela membersihkan makam tersebut supaya dapat digunakan selayaknya sampai saat ini.

Tempat pemakaman umum ( TPU ) ini  memiliki dua keranda dan peralatan-peralatan mandi jenazah, TPU ini termasuk tempat pemakaman terluas di Desa Perintis, yang luasnya mencapai kurang lebih 1 (satu) hektar, namun tempat pemakaman ini belum sepenuhnya dipakai. Dari keseluruhan tempat baru 25% yang di gunakan. Dan pemakaman ini belum seluruhnya di pagar keliling, hanya tempat bagian depan dan bagian samping saja, di mana bagian depan makam pagarnya menggunakan tralis dan bagian samping menggunakan dinding beton yang baru di pagar kurang lebih sepanjang 50 meter.
TPU Kerta Jaya

Tempat pemakaman ini sudah di beri lampu penerang yang dipasang dekat jembatan yang tak jauh dari tempat meletakan keranda, jadi bila malam hari tiba keadaan TPU ini terlihat tidak begitu terkesan seram, sehingga masyarakat yang tinggal di sekitar TPU ini tidak merasa takut dengan keadaan TPU tersebut. Mungkin sudah merasa terbiasa dengan keadaan makam yang seperti itu, dari pemerintah setempat sudah memberi bantuan untuk makam ini berupa lampu, namun seiring berjalannya waktu lampu ini mengalami kerusakan dan sudah mengalami beberapa perbaikan.

Demikian informasi mengenai tempat pemakaman umum kerta jaya, kurang lebihnya informasi yang saya dapatkan seperti artikel di atas. Mungkin beberapa tahun ke depan ada beberapa perubahan / kemajuan yang semakin baik di TPU Kerta Jaya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel