-->

Pendapatan Terbesar Masyarakat Rimbo Bujang Dari Awal Transmigras

Pendapatan Terbesar Masyarakat Rimbo Bujang Dari Datangnya Transmigras - Rimbo Bujang ialah salah satu wilayah yang berada di kawasan Kabupaten Tebo, Jambi Indonesia. Yang mana dahulu itu kawasan ini sangat rimbun sekali seperti hutan yang lebat. Asal usul terbentuknya daerah ini, di mana pada saat itu  Banyak satwa liar yang tinggal di kawasan Rimbo Bujang ini, seperti harimau sumatera, gajah sumatera dan ular yang berukuran besar serta masih banyak lagi. Sebelum datangnya orang-orang transmigrasi ke wilayah ini, ada seorang pemuda yang menempati wilayah Rimbo Bujang. Ia hidup sendiri, banyak yang bilang bahwa ia beretnik anak dalam, salah satu suku yang waktu itu mendiami belantara tersebut.

Kebun karet

Dan setelah munculnya orang-orang transmigrasi, banyak diantara mereka yang membuka lahan untuk mereka bertempat tinggal dan membuka lahan sebagai sumber kehidupan mereka. Setelah tahun ke tahun ada salah satu perusahaan yang membantu masyarakat Rimbo Bujang mengenai pertanian pohon karet, di mana pada saat itu hingga sekarang pendapatan perekonomian masyarakat Rimbo Bujang meningkat tajam, dan Rimbo Bujang termasuk kawasan transmigrasi yang berhasil dan menjadi salah satu contoh  wilayah yang tergolong maju di sekitar daerah  Rimbo Bujang.

Ada satu pendapatan masyarakat di sini selain kebun karet yaitu perkebunan kelapa sawit, namun tidak banyak masyarakat yang mendalami berkebun kelapa sawit karena biaya yang cukup besar dibandingkan perawatan pohon karet yang cukup mudah dan simple. Dan sampai saat ini pendapatan terbesar masyarakat Rimbo Bujang masih di pegang dari hasil pohon karet.

Tetapi kemajuan perekonomian yang melesat, banyak infrastruktur yang belum memadai seperti ada sebagian jalur yang belum diaspal, masih ada jalan yang rusak, apa lagi daerah-daerah perbatasan yang minim sekali dari jangkauan pemerintah setempat. Namun di wilayah ini termasuk kawasan yang dunia pendidikannya tergolong maju, yang sudah mengikuti lomba antar kabupaten, provinsi bahkan nasional.

Pendapatan Getah Karet

Walaupun pendapatan getah karet yang melimpah tapi di Rimbo Bujang belum mempunyai pabrik getah sendiri, di mana setiap bos-bos getah selalu mengirim atau membawa getahnya ke Kabupaten Bungo yang lebih dulu maju di timbang Kab. Tebo. Apa bila di Rimbo Bujang sudah ada pabrik getah maka petani bisa lebih muda menjual getah mereka dan jelas harga yang di dapat petani lebih tinggi, Dari pada di jual pada agen-agen yang harganya relatif lebih murah. Harga jual getah karet di wilayah ini masih dikatakan menengah di mana pada saat musim mendekati bulan ramadhan harga getah karet bisa mencapai titik terendah yaitu sekitar Rp.6000 an dan pada bulan biasanya bisa mencapai Rp.8000 – Rp.11000 an. Potensi getah karet di sini memang bisa dikatakan luar biasa karena per hari menghasilkan puluhan sampai ratusan ton cuma dari daerah Rimbo Bujang.

Dampak yang cukup besar apa bila harga getah yang semakin merosot minggu ke minggu akan membuat petani sulit untuk memenuhi kebutuhan hidup, apa lagi harga sembako yang semakin naik dari tahun ke tahun sehingga para petani pun mau tidak mau harus bisa memenuhi kebutuhan pokok dan pengeluaran biaya sehari-hari pun lebih di perincikan. Dan para pendagang di Pasar Sarinah ( salah satu pasar induk di Rimbo Bujang ) akan terlihat lebih sepi di bandingkan di saat harga getah karet naik.


Itulah informasi seputar pendapatan terbesar di wilayah Rimbo Bujang, yang mana kemajuan perekonomian paling besar di dapat dari hasil getah karet, semoga kawasan ini semakin maju dan bisa bersaing dengan daerah-daerah lain, serta bisa menjadi daerah percontohan buat daerah-daerah yang lain.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel