-->

Tips Cara Untuk Meningkatkan Kecerdasan IQ

Tips Cara Untuk Meningkatkan Kecerdasan IQ - Apa kabar sobat? Saya harap keadaan Anda baik-baik saja, sehingga dapat menjalankan berbagai kegiatan seperti biasanya. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi mengenai bagaimana tips dan trik cara untuk meningkatkan kecerdasan IQ agar mendapatkan juara di sekolah. Untuk menggapai cita-cita perlu ada do’a yang membarengi setiap usaha yang Anda lakukan.

Cara meningkatkan kecerdasan IQ

14 Cara Untuk Meningkatkan Kecerdasan IQ

1. Minta do’a kepada kedua orang tua

Mintalah do’a kepada orang tua Anda sebelum berangkat ke sekolah atau ke tempat les, karena restu dan do’a kedua orang tua adalah nomor satu kunci untuk kita menjadi orang yang sukses, bukankah ridho Allah SWT adalah ridho orang tua. Dan saat Anda berada di sekolah akan merasa lebih tenang dan insya allah akan diberi kemudahan dalam memahami pelajaran.


2. Jangan pernah lupa untuk sarapan pagi

Mengapa harus sarapan pagi? Karena hal tersebut merupakan salah satu faktor agar Anda lebih fokus belajar, apa bila kondisi perut anda kosong belum sempat ada makanan yang masuk ke dalam perut maka ditakutkan Anda akan merasa lemas sehingga malas untuk belajar dan yang lebih parahnya lagi akan terkena penyakit magh di usia din. Saat anda sarapan pagi usahakan jangan terlalu kenyang atau makanlah secukupnya karena kemungkinan besar akan cepat mengantuk sehingga pelajaran terbengkalai. Dan jangan lupa untuk selalu makan makanan yang bergizi seperti sayuran hijau, susu, vitamin, itu semua untuk mendukung kinerja otak anda.

3. Jangan membenci salah satu mata pelajaran

Poin ke 3 ini maksudnya yaitu jangan Anda membenci salah satu mata pelajaran, kita ambil contoh misalnya mata pelajaran matematika. Matematika memang salah satu mata pelajaran yang banyak tidak disukai oleh beberapa siswa, karena terlalu banyak penghafal rumus dan menghitung. Jika anda tidak suka maka ilmu dari pelajaran tersebut tidak akan pernah masuk ke dalam otak, hal ini disebabkan karena otak anda sudah merespon tidak menyukai pelajaran tersebut. Sekarang cobalah turunkan ego kalian, ikuti setiap pelajaran dengan baik maka dijamin Anda akan menemukan kenyamanan dalam belajar.

4. Jangan pernah menginjak atau menendang bahkan menduduki buku pelajaran

Mengapa demikian? Siapa sih di dunia ini yang tidak ingin di hargai, Anda pasti akan marah apabila anda tidak dihargai oleh orang lain. Memang buku bukanlah salah satu benda hidup, namun ia juga ingin dihargai karena dari buku Anda dapat menjadi orang pintar. Saya pun merasakan demikian kalau Anda menghargai ilmu maka insya Allah ilmu pun akan cepat masuk ke dalam otak Anda.

5. Manfaatkan waktu

Orang yang sukses dan juga pintar adalah orang yang mampu memanfaatkan waktu dengan baik, apa bila Anda tidak ada acara yang terlalu penting lebih baik Anda di rumah dan menggunakan waktu untuk membaca buku minimal 15-20 menit. Lakukan kebiasaan tersebut agar menjadi aktifitas rutin demi menunjang meningkatnya prestasi Anda dan langkah ini bisa dilakukan ketika berada di  transportasi seperti saat di pesawat, kereta, bus atau saat mengantri.


6. Belajarlah sebanyak mungkin

Dengan belajar yang biasanya satu minggu cuma 2 kali bahkan belajarnya pun kalau ada PR saja, maka mulai sekarang anda rubah kebiasaan tersebut dengan meningkatkan menjadi 4 - 5 kali dalam seminggu. Ini di lakukan untuk melatih saraf-saraf otak agar terbiasa dalam berfikir dan demi meningkatkan kinerja otak anda.

7. Gunakan singkatan untuk mengingat

Metode ingatan ini akan membantu anda untuk mempelajari informasi yang banyak dalam waktu yang cukup singkat, metode ini termasuk salah satu cara yang ampuh untuk meningkatkan daya ingat anda, biasanya hal ini  di lakukan untuk menghadapi ujian sekolah. Karena kita tidak akan mungkin mengingat satu buku pelajaran sekaligus, dan mengingatnya bagian-bagian yang terpenting saja.

8. Buatlah jadwal

Salah satu kunci kesuksesan adalah perlu kedisiplinan diri, atur jadwal keseharian Anda dengan baik. Di mana ada waktu buat belajar, solat, makan, olahraga, dan bermain, dengan adanya jadwal yang mengatur kegiatan keseharian Anda maka hidup akan merasa lebih teratur dan disiplin.

9. Olahraga yang cukup

Olahraga agar badan anda selalu sehat dan segar setiap hari, baik itu olahraga jogging, fitnes, atau mengikuti senam. Karena bukti ilmiah membuktikan bahwa senam aerobic dapat membentuk kembali kinerja otak agar lebih optimal. Dan olahraga bagus untuk organ jantung agar dapat memompa serta mengalirkan darah ke otak secara maksimal.

10. Istirahat yang cukup


Semua anggota tubuh kita butuh istirahat salah satunya adalah otak, bagi seseorang yang kurang tidur terkadang akan merasakan sakit kepala yang hebat dan badan pun akan merasa lemas tak berdaya. Waktu yang di butuhkan seorang untuk tidur yaitu sekitar 8 jam dalam satu hari. Untuk mengoptimalkan kembali organ-organ tubuh Anda.

11. Kurangi makanan yang mengandung gula berlebih


Makanan yang mengandung gula yang berlebih itu dapat membuat anda sulit untuk berfikir jernih, kebanyakan gula pun tidak baik bagi kesehatan anda karena dapat memicu timbulnya penyakit Diabetes. Dan apabila anda kekurangan zat gula maka badan Anda akan merasa lemas serta enggan untuk melakukan aktifitas. Jadi atur asupan zat gula dengan baik.

12. Olahraga pernapasan

Salah satu kegiatan ini untuk memberikan asupan oksigen yang lebih banyak pada peredaran darah Anda ke otak, bila hal ini sering dilakukan akan bisa meningkatkan fungsi otak dengan tepat ditambah dengan kondisi udara yang steril serta bersih seperti di pegunungan yang hijau, ini pun dapat mengurangi tingkat stres Anda.

13. Berdo’a

Janganlah kita lupa untuk selalu berdo’a meminta sesuatu kepada Tuhan yang maha kuasa agar apa yang kita inginkan dapat dikabulkan, karena segala sesuatu itu semua atas izin Tuhan yang maha kuasa. Bila perlu kerjakan shalat tahajud, karena shalat tahajud itu sangat besar manfaatnya.

14. Ikut tambahan belajar atau les

Les adalah salah satu tambahan belajar yang dilakukan untuk menambah pelajaran yang tak jauh dari pelajaran di sekolah yang membedakan adalah metode pembelajarannya. Biasanya dikegiatan les ini memiliki trik untuk mempelajari sesuatu dengan cepat.


Itulah informasi mengenai tips cara untuk meningkatkan kecerdasan IQ, untuk menjadi orang yang pintar di sekolah anda harus bisa melakukan beberapa usaha demi tercapainya tujuan tersebut dan waktu akan menjawab semua jerih payah yang sudah anda kerjakan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat, salam pendidikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel