-->

Mengenal Makna Gotong Royong Bagi Masyarakat

Mengenal Makna Gotong Royong Bagi Masyarakat - Gotong Royong merupakan salah satu kegiatan masyarakat yang di dalamnya terdapat sekelompok orang untuk menyelesaikan masalah yang terjadi  di sekitar  tempat tinggal masyarakat tersebut. Gotong royong atau kerja bakti yang dilakukan terlebih dahulu dimusyawarahkan.  Apa Kapan dan Di mana Gotong royong itu dilaksanakan, banyak hal yang sering dilakukan masyarakat yang dikerjakan secara gotong royong seperti kegiatan membuat jembatan, membangun masjid, membersihkan jalan, membuat pos ronda, dan kegiatan perayaan.

Makna gotong royong

Salah satu negara yang menjunjung tinggi nilai kebersamaan adalah Negara Indonesia, hal ini sudah menjadi suatu tradisi yang dari dulu sudah dilaksanakan, banyak masyarakat yang menilai bahwa gotong royong adalah hal yang perlu dilestarikan karena kegiatan ini banyak mengandung hal-hal berdampak positif. Seperti di daerah saya yang saat ini masih memegang teguh tradisi gotong royong yang dilakukan satu minggu sekali kali.

Dampak Positif Dari Kegiatan Gotong Royong

Berikut beberapa manfaat yang bisa kita ambil dari kegiatan gotong royong, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Terjalinnya rasa kebersamaan

Gotong royong memang tidak bisa jauh dari kata kebersamaan, karena suatu pekerjaan atau masalah di lingkungan masyarakat akan mudah selesai apabila dilakukan secara bersama-sama.

2. Timbulnya rasa tolong menolong

Siapa sih di dunia ini yang hidupnya tanpa bergantung dari bantuan orang lain? jawabannya pasti tidak ada. Seperti hanya gotong royong, semua saling tolong menolong dan saling bahu membahu. Demi terciptanya warga yang kompak dan lebih memahami satu sama lain.

Baca Juga : Langkah Atau Tips Untuk Mengatur Diri Menjadi Lebih Baik

3. Mempunyai jiwa yang mampu berkorban

Orang yang ikut melaksanakan kegiatan gotong royong pasti memiliki rasa rela berkorban yang tinggi, mereka rela berkorban tenaga, waktu dan pemikiran karena semua itu demi kepentingan bersama.

4. Sebagai saran bersosialisasi

Dengan adanya kegiatan gotong royong masyarakat akan lebih mengenal satu sama lain, dan ini sangat menguntungkan, karena untuk menjaga tali persaudaraan.

5. Kekompakan masyarakat akan selalu terjaga

Semakin banyak masyarakat yang ikut terlibat, maka di situ akan terlihat sikap persatuan dan solidaritas demi kesejahteraan masyarakat tersebut. Semakin tinggi nilai keakraban diantara mereka maka semakin rukun pula kehidupan masyarakatnya.

6. Pekerjaan menjadi lebih efektif dan efesien

Apabila suatu pekerjaan hanya dilakukan oleh satu orang, maka waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut tidak hanya sebentar. Dan apabila suatu pekerjaan dilakukan dengan bersama-sama maka waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya sangatlah sebentar. Semakin banyak yang ikut gotong royong maka beban pekerjaan yang diberikan akan lebih ringan dan cepat.

Semakin menuju ke zaman modern, kebanyakan masyarakat sekarang sudah tidak lagi ikut berpartisipasi atau enggan berangkat untuk kerja bakti. Ini sangat miris sekali dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan dan kegotong royongan. Jadilah manusia yang mengutamakan kepentingan umum dibandingkan kepentingan pribadi,  jangan merasa malu dan egois untuk pergi gotong royong. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel